Sukses

Fungsi Ikon Microsoft Beserta Gambarnya pada Microsoft Word

Liputan6.com, Jakarta Fungsi ikon Microsoft beserta gambarnya perlu dikenali untuk kemudahan dalam penggunaannya. Apalagi, sekarang ini penggunaan Microsoft Office, terutama Microsofot Word, Microsoft Excel, hingga Microsoft PowerPoint sangatlah penting.

Banyak sekali pekerjaan yang menggunakan software dari Micorosoft tersebut. Kamu bisa tentu sudah familier menggunakan Microsoft Word untuk tulis menulis, Microsoft Excel untuk mengolah angka, serta Microsoft PowerPoint untuk presentasi. 

Fungsi ikon Microsoft beserta gambarnya berguna untuk memudahkan dalam penggunaannya. Kamu bisa melihat berbagai ikon saat membuka salah satu software tersebut. Pada tampilan awal, kamu akan ditunjukkan berbagai menu dengan macam-macam fungsinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/8/2020) tentang fungsi ikon Microsoft beserta gambarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 9 halaman

Tampilan Utama Microsoft Word

Fungsi ikon Microsoft berserta gambarnya, terutama pada Microsoft Word tentunya sudah familier di mata banyak orang. Dari anak sekolah hingga para pekerja sudah sangat sering menggunakan software satu ini.

Saat baru membuka Microsoft Word, kamu akan disuguhkan tampilan seperti pada gambar. Berbagi macam ikon dan menu pada tampilan tersebut memiliki fungsinya masing-masing untuk kemudahan pekerjaan kamu.

Berikut fungsi ikon Microsoft beserta gambarnya pada Microsoft Word:

Quick Acces Toolbar, merupakan kumpulan ikon yang terletak di bagian pojok kiri atas. Fungsi ikon-ikon tersebut adalah untuk memudahkan pengguna untuk mengakses perintah yang sering digunakan seperti save, undo, redo, dan lain-lain.

Title Bar, merupakan bagian tengah atas dari lembar kerja Microsoft Word yang menampilkan judul dari file yang sedang dikerjakan.

Windows Menu, merupakan menu yang berisi 3 buah perintah yaitu minimize untuk membaca word ke latar belakang. Maximize/restore down untuk mengubah ukuran tampilan MS Word dan Close untuk menutup lembar kerja Microsoft Word.

Tab Menu, merupakan kumpulan menu yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda untuk menyesuaikan pengaturan pada dokumen.

Ribbon Tool, merupakan “isi” dari Tab Menu, kumpulan ikon yang mewakili berbagai fungsi dan perintah spesifik tertentu

Scroll Bar, merupakan bagian yang terdapat di bagian kiri dan bawah Microsoft Word dan berfungsi untuk menggeser lembar kerja secara horizontal dan vertical.

Zoom Menu, merupakan bagian berada di bagian kiri bawah dan berperan untuk memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja MS Word.

Page Status, terletak di bagian bawah lembar kerja Microsoft Word dan biasanya berfungsi untuk menampilkan jumlah halaman, kata dan bahasa yang sedang digunakan.

3 dari 9 halaman

Fungsi Ikon Microsoft Beserta Gambarnya pada Microsoft Word

Setelah mengenali berbagai menu pada tampilan utama tersebut, selanjutnya kamu bisa mengenali beberapa fungsi ikon Microsoft beserta gambarnya, terutama pada Tab Menu yang sangat fundamental pada pengerjaan dokumen.

Fungsi ikon Microsoft beserta gambarnya pada Microsoft Word

Berikut fungsi ikon Microsoft beserta gambarnya pada program Word:

Home

Pada Tab Menu Home, kamu akan menemukan beberapa halaman menu yang memuat berbagai Ribbon Tool. Masing-masing tool memiliki fungsi yang berbeda satu dan yang lainnya. Pada Tab Menu Home, ada 5 pembagian, yaitu Clipboard yang berfungsi untuk menyalin atau memindahkan elemen dalam sebuah dokumen. Clipboard terdiri dari Paste, Copy, Cut, Format Painter.

Selanjutnya ada Font, yang berfungsi untuk mengubah dan menyesuaikan tampilan font baik berupa huruf, angka atau karakter spesial. Lalu, ada Paragraph yang berfungsi untuk mengatur sekaligus menyesuaikan format paragraf sebuah dokumen. Style, berfungsi untuk mengatur format teks yang diinginkan. Serta, Editing yang berfungsi untuk melakukan editing pada dokumen yang dikerjakan.

4 dari 9 halaman

Fungsi Ikon Microsoft Beserta Gambarnya pada Microsoft Word

Insert

Pada Tab Menu Insert, kamu juga akan menemukan beberapa halaman menu yang memuat berbagai Ribbon Tool. Masing-masing tool memiliki fungsi yang berbeda satu dan yang lainnya. Pada Tab Menu Insert, ada 10 pembagian, yaitu Pages, Tables, Illustrations, Apps, Media, Links, Comments, Header & Footer, Text, dan Symbols.

Tab menu ini secara keseluruhan memiliki fungsi untuk memasukan objek ke dalam dokumen.

5 dari 9 halaman

Fungsi Ikon Microsoft Beserta Gambarnya pada Microsoft Word

Page Layout

Pada Tab Menu Page Layout, kamu juga akan menemukan beberapa halaman menu yang memuat berbagai Ribbon Tool. Masing-masing tool memiliki fungsi yang berbeda satu dan yang lainnya. Pada Tab Menu Page Layout, ada 3 pembagian, yaitu Page Setup, Paragraph, dan Arrange.

Tab menu ini secara keseluruhan memiliki fungsi untuk mengatur dan menyesuaikan segala hal yang berhubungan dengan halaman lembar kerja MS Word.

6 dari 9 halaman

Fungsi Ikon Microsoft Beserta Gambarnya pada Microsoft Word

References

Pada Tab Menu References, kamu juga akan menemukan beberapa halaman menu yang memuat berbagai Ribbon Tool. Masing-masing tool memiliki fungsi yang berbeda satu dan yang lainnya. Pada Tab Menu References, ada 6 pembagian, yaitu Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions, Index, dan Table of Authorities.

Tab menu ini secara keseluruhan memiliki fungsi untuk mengatur footnote, table of content, insert captions hingga index dan lainnya sesuai dengan namanya.

7 dari 9 halaman

Fungsi Ikon Microsoft Beserta Gambarnya pada Microsoft Word

Mailings

Pada Tab Menu Mailings, kamu juga akan menemukan beberapa halaman menu yang memuat berbagai Ribbon Tool. Masing-masing tool memiliki fungsi yang berbeda satu dan yang lainnya. Pada Tab Menu Mailings, ada 5 pembagian, yaitu Create, Start Mail Merge, Write & Insert Fields, Preview Results, dan Finish.  

Tab menu ini secara keseluruhan memiliki fungsi untuk mengerjakan surat yang secara otomatis langsung dalam jumlah banyak, memungkinkan kamu menulis satu surat berisi sama tapi penerimanya berbeda-beda, dan juga bisa mengatur tampilan amplop dan label yang mempermudah pekerjaan.

8 dari 9 halaman

Fungsi Ikon Microsoft Beserta Gambarnya pada Microsoft Word

Review

Pada Tab Menu Review, kamu juga akan menemukan beberapa halaman menu yang memuat berbagai Ribbon Tool. Masing-masing tool memiliki fungsi yang berbeda satu dan yang lainnya. Pada Tab Menu Review, ada 7 pembagian, yaitu Proofing, Language, Comments, Tracking, Changes, Compare, dan Protect.

Tab menu ini secara keseluruhan memiliki fungsi untuk melakukan review dari lembar kerja yang sudah terisi.

9 dari 9 halaman

Fungsi Ikon Microsoft Beserta Gambarnya pada Microsoft Word

View

Pada Tab Menu View, kamu juga akan menemukan beberapa halaman menu yang memuat berbagai Ribbon Tool. Masing-masing tool memiliki fungsi yang berbeda satu dan yang lainnya. Pada Tab Menu View, ada 5 pembagian, yaitu Views, Show, Zoom, Windo, dan Macros.

Tab menu ini secara keseluruhan memiliki fungsi sebagai pengaturan tampilan lembar kerja.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS