Sukses

20 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Cegah Kering dan Kusam

Memerahkan bibir bisa dilakukan dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta Cara memerahkan bibir secara alami bisa dilakukan dengan cara sederhana. Seperti kulit, bibir yang pecah-pecah dan gelap bisa memengaruhi penampilan. Bibir yang merah merona sebaliknya akan meningkatkan kepercayaan diri.

Cara memerahkan bibir secara alami adalah dengan menjaga bibir tetap terhidrasi dan sehat. Cara memerahkan bibir secara alami meliputi perawatan, perlindungan, dan penutrisian pada bibir. Kamu bisa memanfaatkan bahan sederhana dalam cara memerahkan bibir secara alami. 

Dengan menerapkan cara memerahkan bibir secara alami ini, bibirmu akan nampak lembap, bersih, dan sehat. Cara memerahkan bibir secara alami perlu dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Berikut 20 cara memerahkan bibir secara alami, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(11/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami

Lemon atau jeruk nipis

Lemon dan jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Buah-buahan sitrus ini bisa membuat bibir tampak lebih cerah dan mengelupas kulit mati. Kamu bisa mengoleskan beberapa tetes air lemon atau jeruk nipis. Kamu juga bisa menggosokkan buah ini ke bibir. Pastikan bibir tidak pecah-pecah atau sangat kering sebelum menggunakannya.

Stroberi

Cara memerahkan bibir secara alami selanjutnya adalah menggunakan stroberi. Stroberi mengandung banyak vitamin C dan seluruh antioksidan yang bisa mencerahkan dan mencegah penuaan kulit. Menggunakan stroberi ampuh untuk pengelupasan kulit dan mencerahkan bibir yang kusam.

Hancurkan satu buah stroberi dan campurkan dengan satu sendok teh madu serta minyak zaitun. Bersihkan bibir dan aplikasikan campuran stroberi dengan jari. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air.

Delima

Delima mengandung senyawa 'punicalagins' yang menghambat produksi melanin dan mencegah bibir menggelap. Buah delima merupakan bahan alami yang sangat efektif untuk menghilangkan kusam pada bibir. Cara membuatnya untuk mencerahkan bibir yaitu dengan menghancurkan buah delima dan mengoleskannya pada bibir. Diamkan selama 15 menit dan bilas dnegan air bersih.

3 dari 8 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami

Alpukat

Alpukat bisa digunakan sebagai scrub untuk memerahkan bibir. Alpukat kaya akan antioksidan dan vitamin yang bisa menutrisi kulit. Cara memerahkan bibir secara alami dengan alpukat: Haluskan daging alpukat secukupnya, lalu oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Buah bit

Buah bit dikenal sebagai pewarna merah alami dengan beragam manfaat. Kamu bisa menggunakan buah bit sebagai lip balm alami. Lip balm buah bit juga bisa bertindak sebagai exfoliator alami dan akan membantu mencerahkan bibir. Kamu cukup menghaluskan sepotong buah bit dan mengoleskannya ke bibir.

Timun

Mentimun sebagian besar terdiri dari air yang membantu menjaga bibir tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, timun adalah sumber vitamin C yang memainkan peran kunci dalam produksi kolagen sehingga membantu membersihkan bibir dari kulit mati yang kering. Caranya, gosokkan mentimun pada bibir secara rutin.

4 dari 8 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami

Madu

Kandungan glukosa dan fruktosa yang terdapat dalam madu akan merangsang epidermis untuk membuat kolagen baru. Ini membuat bibir akan terlihat lebih merah secara alami. Untuk mendapatkan khasiatnya, campur madu dengan gula, kemudian gosokkan pada bibir secara perlahan hingga kulit mati terangkat.

Kunyit

Kunyit mengandung khasiat penyembuhan yang bisa mengatasi bibir kering dan kusam. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menumbuk 2 ruas kunyit sampai halus lalu oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

Cokelat

Cokelat hitam kaya akan antioksidan. Ini bisa meningkatkan hidrasi dan ketebalan jaringan kulit di bibir. Cokelat sangat bagus untuk menutrisi dan memperbaiki bibir yang kering dan kusam.

5 dari 8 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami

Daun mint

Daun mint dikenal memberikan sensasi dingin dan segar pada bibir. Daun mint mengandung vitamin dan mineral yang dapat memerahkan bibir secara alami. Cara mengaplikasikan daun mint pada bibir yaitu dengan menghaluskan dua lembar daun mint dan oleskan pada bibir. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air.

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki khasiat yang menenangkan dan memulihkan bibir yang kering dan kusam. Ini bisa membantu bibir lebih merah merona. Vitamin E di dalamnya membantu memulihkan kelembapan. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya ke bibir untuk mendapatkan tampilan bibir yang merona alami.

Air mawar

Air mawar bisa membantu menghidrasi kulit bibir. Kandungan antioksidannya juga mencegah bibir berubah menjadi gelap. Cara memerahkan bibir secara alami menggunakan air mawar yaitu dengan mengoleskannya setiap hari secara rutin.

6 dari 8 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami

Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan vitamin K yang tinggi yang bisa mencerahkan bibir secara alami. Cara memerahkan bibir secara alamimenggunakan minyak zaitun cukup mudah, yaitu mengoleskan minyak zaitun setiap hari ke bibir.

Minyak kelapa

Selain zaitun, minyak kelapa juga bisa membantu mencerahakan bibir dan membuatnya tampak merah merona. Minyak kelapa juga memiliki efek antimikroba untuk melindungi kulit bibir yang pecah-pecah dari masuknya kuman penyebab infeksi. Cara menggunakannya pun sederhana, cukup mengoleskannya ke bibir secara rutin.

7 dari 8 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami

Tetap terhidrasi

Dehidrasi akan menyebabkan kulit kering dan bibir pecah-pecah. Ini bisa menyebabkan bibir kering dan gelap. Minum air yang cukup dan melembapkan bibir secara rutin bisa menjaga bibir tetap merah merona setiap hari.

Eksfoliasi bibir

Sebelum tidur di malam hari, oleskan lip balm. Setelah bangun tidur, gunakan waslap lembap atau sikat gigi untuk mengusap kulit mati atau kering dengan lembut. Cara ini bisa mencegah bibir hitam dan meningkatkan sirkulasi.

Lindungi bibir dari sinar UV

Bibir juga bisa rusak oleh sinar UV dari paparan sinar matahari. Pastikan menggunakan lip balm dengan bahan SPF. Menggunakan SPF 15 setiap hari, bahkan pada hari berawan atau dingin, membantu memperlambat tanda-tanda penuaan.

8 dari 8 halaman

Cara memerahkan bibir secara alami

Bersihkan bibir sebelum tidur

Tidur dengan makeup tidak baik untuk kulit. Tak terkecuali untuk bibir. Sebelum tidur, pasitkan untuk mebersihkan sisa lipstik di bibir. Selain itu, meski tidak ada lipstik atau produk yang terlihat di bibir di penghujung hari, usap lembut dengan tisu penghapus riasan sebelum tidur.

Hindari menjilat bibir

Kebiasaan menjilat bibir akan membuat bibir makin kering dan gelap. Kebiasaan ini sekilas memang membuat bibir tampak basah, namun setelah kering air liur justru akan membuat bibir terasa lebih mudah kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini