Sukses

12 Etika Nonton Film di Bioskop yang Perlu Dipahami

Liputan6.com, Jakarta Etika nonton film di bioskop mungkin masih menjadi hal yang cukup asing bagi banyak orang. Padahal, etika nonton film di bioskop perlu dipahami dan dipatuhi dengan baik agar tidak menimbulkan masalah, terutama dengan sesama penonton.

Anda sendiri mungkin pernah mengalami pelanggaran etika nonton film di bioskop yang dilakukan orang lain. Tentu hal tersebut bisa merusak kenyamanan ketika menonton film. Banyak kasus pelanggaran etika nonton film di bioskop bahkan hal tersebut hingga menimbulkan pertengkaran. 

Jika sudah begini, tidak hanya satu atau dua orang saja yang terkena imbasnya, namun hampir seluruh penonton di dalam bioskop menjadi terganggu dengan para pelanggar etika nonton film di bioskop tersebut.

Tapi tidak hanya orang lain saja, Anda pun juga berkewajiban menjalankan berbagai etika nonton film di bioskop. Sebab, berbagai etika nonton film di bioskop adalah kewajiban bersama yang harus dijalankan dengan baik dan benar.

Di bawah ini Liputan6.com telah melansir dari Reader's Digest, mengenai berbagai etika nonton film di bioskop yang wajib dipahami, Selasa (11/8/2020).

2 dari 5 halaman

Etika Nonton Film di Bioskop yang Pertama

1. Datang tepat waktu

Etika nonton film di bioskop yang pertama merupakan hal paling simpel, namun sering diabaikan oleh banyak orang, yaitu datang tepat waktu. Hal ini merupakan etika sopan santun umum yang tidak hanya ada di bioskop, namun juga kehidupan sehari-hari.

Namun, kebanyakan bioskop untungnya memutar iklan sebelum film dimulai agar mereka yang terlambat tidak mengganggu kenyamanan penonton lain ketika film sudah dimulai. Oleh sebab itu, datanglah setidaknya 20 menit sebelum film benar-benar dimulai.

2. Berbagi sandaran lengan

Selanjutnya, ada baiknya Anda berbagi sandaran lengan dengan orang yang duduk di sebelah Anda. Menurut pakar etika Diane Gottsman, Anda perlu melihat dan memahami bahasa tubuh orang di sebelah Anda. Gottsman mengatakan, apabila orang tersebut tidak menggunakan sandaran lengan, maka Anda bisa menaruh lengan untuk beberapa menit, begitu pula dengan sebaliknya.

3. Pertimbangkan waktu mengantri

Hampir semua bioskop menampilkan sejumlah film yang dimulai pada waktu yang berbeda. Sehingga, semua orang memiliki waktu nontonnya masing-masing. Maka, ada baiknya Anda mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk mengantre tiket atau membeli camilan.

3 dari 5 halaman

Etika Nonton Film di Bioskop Selanjutnya

4. Bersihkan kacamata 3D

Apabila Anda menonton film dengan fitur tiga dimensi, biasanya penonton akan diberikan kacamata khusus. Tapi, hal tersebut tidak benar-benar bersih karena digunakan bergantian dengan banyak orang. Maka dari itu, Anda disarankan membawa cairan pembersih seperti disinfektan untuk membersihkan kacamata tersebut.

5. Pesan kursi sesuai kebutuhan

Saat ini sudah banyak bioskop yang menawarkan pembelian secara online. Hal tersebut memang memudahkan siapa saja untuk membeli tiket tanpa mengantre lama. Tapi, pastikan orang yang akan Anda ajak menonton juga hadir. Jangan "mengamankan" kursi untuk orang-orang yang belum tentu mau Anda ajak menonton atau tidak bisa datang.

6. Pilih kursi yang tidak menghalangi pandangan

Etika nonton film di bioskop ini mungkin khusus dipahami bagi Anda yang merasa memiliki tinggi di atas rata-rata orang Indonesia. Anda memang dituntut untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar, terutama dalam hal memilih tempat duduk. Usahakan Anda memilih tempat duduk yang tidak menghalangi orang lain, seperti yang ada di barisan paling belakang.

 

4 dari 5 halaman

Etika Nonton Film di Bioskop yang Tidak Kalah Penting

7. Perhatikan penggunaan ponsel

Larangan penggunaan ponsel selama menonton sebenarnya sudah tertulis jelas sesaat sebelum film dimulai. Bahkan rasanya semua orang tahu, bahaw tidaklah sopan untuk menelpon atau menggunakan ponsel ketika sedang menonton film. Hal ini sangat jelas mengganggu orang lain, terutama yang ada di sekitar Anda. Itulah mengapa, jika Anda benar-benar harus melakukannya, segera pergi ke kamar mandi. Tapi, jangan lupa untuk mematikan nada dering ponsel Anda atau gunakan mode pesawat.

8. Laporkan orang yang mengganggu

Rasanya hal ini hampir semua orang pernah mengalaminya. Orang seringkali mengobrol dengan temannya atau mengirim pesan ketika menonton film. Sebenarnya hal ini bisa Anda abaikan saja. Tapi, jika orang tersebut sudah kelewat mengganggu dan membuat berisik, laporkan segera ke manajemen bioskop.

9. Jangan terlalu sering ke kamar mandi

Memang menuju ke kamar mandi merupakan hak semua orang. Itulah mengapa Anda diperbolehkan untuk menuju kamar mandi ketika film dimulai. Tapi, pastikan Anda tidak bolak-balik kamar mandi, sebab hal tersebut akan sangat mengganggu penonton di samping Anda. Jika memang Anda sedang kurang sehat dan perlu untuk bolak balik ke kamar mandi, lebih baik pilih kursi yang berada di dekat pintu keluar bioskop agar tidak mengganggu orang lain yang sedang menonton.

5 dari 5 halaman

Etika Nonton Film di Bioskop yang Terakhir

10. Pahami ketika membawa bayi

Hal ini sangat sering terjadi, dimana para orang tua membawa bayi ke dalam bioskop, terutama saat bayi tersebut menangis. Jadi, akan lebih bijak rasanya jika para orangtua meminta pengasuh untuk menjaga anaknya ketika akan menonton film, supaya tidak mengganggu penonton lain. Namun, jika tidak memiliki pengasuh, ada baiknya tunggu anak Anda cukup besar untuk masuk ke dalam teater.

11. Mengobrol tentang film di ruang tunggu

Setelah film sudah selesai, mungkin Anda seringkali masih teringat tentang asiknya film tersebut. Akan tetapi, Anda perlu ingat bahwa tidak semua orang sudah menonton film yang baru saja ditonton. Supaya terhindar dari bocornya alur cerita dari film, maka hindari mengobrol tentang film tersebut saat meninggalkan bioskop atau saat di ruang tunggu bioskop.

12. Buang sampah ketika meninggalkan bioskop

Etika nonton film di bioskop ini masih menjadi hal yang rasanya sulit dilakukan oleh banyak orang. Satu hal yang perlu diingat, ruang teater bioskop bukanlah tempat sampah besar yang menampilkan film. Meskipun ada petugas kebersihan, akan lebih baik jika Anda membawa sampah keluar teater lalu membuangnya di tong sampah yang tersedia. Sebab, para petugas kebersihan juga memiliki waktu terbatas untuk membersihkan teater sebelum digunakan oleh penonton di jam berikutnya.