Sukses

10 Manfaat Royal Jelly untuk Tubuh, Tak Kalah Sehat dari Madu

Liputan6.com, Jakarta Manfaat royal jelly banyak digunakan dalam berbagai pengobatan herbal. Selain madu, lebah menghasilkan produk bermanfaat lainnya yaitu royal jelly. Royal jelly adalah zat berwarna putih krem yang diproduksi oleh lebah madu untuk memberi makan lebah ratu dan larvanya.

Royal jelly terdiri dari air, karbohidrat, protein dan lemak. Royal jelly diklaim tinggi akan nutrisi penting, khususnya vitamin. Royal jelly sangat bergizi dan mungkin memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan anti-inflamasi. Royal jelly banyak digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan dan membantu melawan efek penuaan.

Royal jelly biasanya dikonsumsi secara langsung dalam bentuk minuman atau diaplikasikan pada kulit. Produk-produk royal jelly juga banyak ditemukan dalam makanan dan minuman herbal. Royal jelly punya kandungan yang tak kalah berkhasiat dari madu.

Berikut manfaat royal jelly untuk tubuh seperti dirangkum Liputan6.com dari Healthline, Selasa (11/8/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat Royal Jelly untuk Tubuh

Kaya vitamin

Kandungan nutrisi royal jelly memiliki potensi manfaat tersendiri. Royal jelly terdiri dari air, karbohidrat, protein dan lemak. Komposisi kimiawi lengkap royal jelly tidak diketahui, tetapi efek positifnya pada kesehatan diperkirakan berasal dari protein dan asam lemaknya yang unik.

Royal jelly mengandung sembilan glikoprotein yang secara kolektif dikenal sebagai protein royal jelly utama (MRJPs) dan dua asam lemak, asam trans-10-Hydroxy-2-decenoic dan asam 10-Hydroxydecanoic. Royal jelly juga mengandung beberapa vitamin B dan trace mineral.

Kaya antioksidan

Kandungan asam amino spesifik, asam lemak, dan senyawa fenolik yang ditemukan dalam royal jelly tampaknya memiliki efek antioksidan yang kuat. Royal jelly secara luas diklaim dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Sifat antioksidannya juga berpotensi mencegah proses penuaan.

3 dari 6 halaman

Manfaat Royal Jelly untuk Tubuh

Turunkan kolesterol

Penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa royal jelly dapat berdampak positif pada kadar kolesterol. Protein spesifik dalam royal jelly dapat membantu menurunkan kolesterol. Pada penelitian manusia dan hewan, royal jelly dinilai mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Turunkan tekanan darah

Beberapa penelitian tabung juga menunjukkan protein spesifik dalam royal jelly mengendurkan sel-sel otot polos di pembuluh darah dan arteri. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami hubungan royal jelly dengan tekanan darah.

4 dari 6 halaman

Manfaat Royal Jelly untuk Tubuh

Tingkatkan kekebalan

Royal jelly dapat meningkatkan respons kekebalan alami tubuh terhadap bakteri dan virus asing. Asam lemak dalam royal jelly diketahui dapat meningkatkan aktivitas antibakteri. Ini dapat mengurangi risiko infeksi dan mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Sehatkan otak

Royal jelly dapat meningkatkan fungsi otak. Manfaat ini telah dibuktikan dalam penelitian pada hewan. Sebagian besar studi ini menghubungkan efek perlindungan pada otak dan jaringan saraf dengan kapasitas antioksidan royal jelly.

Satu studi mengungkapkan bahwa tikus yang diinduksi stres dan diobati dengan royal jelly memiliki tingkat hormon stres yang lebih rendah dan sistem saraf pusat yang lebih kuat daripada kelompok kontrol. Sebuah studi terpisah menghasilkan peningkatan memori dan pengurangan gejala depresi pada tikus pascamenopause yang diberi royal jelly.

5 dari 6 halaman

Manfaat Royal Jelly untuk Tubuh

Sembuhkan luka

Royal jelly dapat mendukung penyembuhan luka dan kondisi peradangan kulit lainnya. Ini berkat efek antibakteri yang dapat menjaga luka tetap bersih dan bebas dari infeksi.

Hasil studi laboratorium di jurnal Nutrition Research and Practice menunjukkan bahwa royal jelly dapat meningkatkan pergerakan fibroblas ke luka secara signifikan. Fibroblas adalah sejenis sel yang mengkoordinasikan proses penyembuhan luka.

Kontrol gula darah

Ada beberapa bukti bahwa royal jelly bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi royal jelly dapat menyebabkan penurunan kadar glukosa darah. Kadar glukosa yang lebih rendah dalam darah bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Royal jelly juga dapat meningkatkan kontrol gula darah dan sensitivitas insulin dengan mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

6 dari 6 halaman

Manfaat Royal Jelly untuk Tubuh

Bantu atasi gejala menopause

Royal jelly dapat meredakan gejala menopause pada wanita. Menopause menyebabkan penurunan hormon yang bersirkulasi yang berhubungan dengan efek samping fisik dan mental, seperti nyeri, gangguan memori, depresi dan kecemasan. Studi lain pada 42 wanita pascamenopause menemukan bahwa mengonsumsi 800 mg royal jelly selama 12 minggu efektif dalam mengurangi sakit punggung dan kecemasan.

Bantu atasi PMS

Royal jelly juga bermanfaat bagi wanita yang mengalami sindrom pramenstruasi atau PMS. Dalam sebuah studi tahun 2014, para peneliti memberi 110 peserta kapsul royal jelly sekali setiap hari selama dua siklus menstruasi. Peserta yang mengonsumsi kapsul royal jelly mengalami gejala sindrom pramenstruasi yang tidak terlalu parah selama 2 bulan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hasil dan menentukan dengan lebih baik mekanisme kerja royal jelly yang tepat.