Sukses

8 Cara Membersihkan Karang Gigi di Rumah, Aman dan Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan karang gigi bisa dilakukan sendiri di rumah. Prosesnya juga tidak terlalu sulit namun hasil yang didapatkan bisa cukup efektif. Tapi memang, cara membersihkan karang gigi di rumah tersebut hasilnya tidak bisa terlihat secepat jika Anda melakukan scaling.

Karang gigi merupakan plak yang mengeras di permukaan gigi. Umumnya karang gigi bisa ditemukan di atas garis gusi. Ketika disentuh dengan menggunakan lidah, karang gigi tersebut akan terasa kasar. Cara membersihkan karang gigi di rumah sebenarnya akan efektif hasilnya jika kondisi dari plak masih tipis. Akan tetapi, jika kondisi karang sudah terlalu tebal dan mengeras akan diperlukan cara membersihkan karang gigi dengan bantuan dokter gigi.

Di dalam dunia medis, prosedur pembersihan karang gigi bernama scaling. Metode ini menggunakan bantuan dari alat yang disebut ultrasonic scaler. Alat khusus tersebut akan bekerja merontokkan karang yang berada di sela-sela gigi dan bagian garis gusi. Scaling gigi ideal jika dilakukan setiap enam bulan sekali.

Salah satu dampak negatif dari scaling tersebut adalah adanya perdarahan, gusi bengkak dan nyeri. Hal tersebut bisa terjadi karena gusi dan gigi yang berkarang masih menyesuaikan diri dengan cara membersihkan karang gigi tersebut. Akan tetapi, efek samping tersebut bisa mereda setelah dilakukan perawatan beberapa kali.

Tapi, jika Anda cukup ragu untuk melakukan scaling dalam membersihkan karang gigi, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum apa saja cara membersihkan karang gigi yang aman dan mudah untuk dilakukan sendiri di rumah, Selasa (11/8/2020).

2 dari 5 halaman

Sikat Gigi Dua Kali Sehari dengan Cara yang Benar

1. Sikat gigi dua kali sehari

Cara membersihkan karang gigi yang pertama dengan menyikat gigi dengan teratur. Cara ini akan efektif terutama bagi jenis karang gigi yang masih berwarna putih alias belum parah. Bahkan para ahli menganjurkan untuk menyikat gigi sebanyak dua kali sehari, pagi setelah sarapan serta malam sebelum tidur.

Pastikan Anda juga menyikat gigi dengan benar. Maksudnya, Anda disarankan untuk menyikat selama 30 detik pada masing-masiing bagian gigi yaitu samping kanan, samping kiri, depan, dalam. Hal ini agar seluruh bagian gigi bisa bersih dengan menyeluruh.

2. Sikat gigi dengan benar

Meski langkah pertama bisa menjadi cara membersihkan karang gigi yang efektif, namun perlu ditunjang dengan cara menyikat gigi yang benar. Cara menyikat gigi yang benar dilakukan dengan gerakan memutar dari atas ke bawah. Lalu, pastikan setiap bagian gigi tersikat sempurna, sehingga plak dan sisa makanan yang menempel akan hilang.

Selain itu, pastikan juga Anda tidak menyikat gigi terlalu keras. Maksudnya, Anda tidak perlu mengerahkan tenaga terlalu besar dan melakukan gerakan menekan ketika menggosok gigi. Sebab, dikhawatirkan jika kebiasaan ini justru berisiko mengikis permukaan luar gigi (enamel) yang pada akhirnya memicu gigi sensitif.

3 dari 5 halaman

Bersihkan dengan Benang dan Baking Soda

3. Bersihkan dengan benang

Meski sudah menyikat gigi dengan benar, tapi belum tentu sela-sela gigi dapat bersih dengan sempurna. Itulah mengapa penggunaan benang menjadi penting dalam membersihkan sela gigi. Sebab, kebanyakan plak justru lebih sering ditemukan di bagian sela-sela gigi atau gusi.

Jenis benang yang digunakan untuk membersihkan sela gigi juga tidak bisa sembarangan. Selalu gunakan benang gigi (dental floss) yang banyak dijual di pasaran. Rutin membersihkan gigi dengan benang akan berguna dalam mengurangi risiko penyakit gusi dan bau mulut.

Tapi ingat, lakukan gerakan menggesek benang di sela-sela gigi secara perlahan. Hindari menggesek benang ke sela gigi dan gusi terlalu keras. Sebab hal tersebut justru akan membuat gusi terluka dan akhirnya jadi berdarah.

4. Bersihkan dengan baking soda

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya yaitu bisa dengan menggunakan bantuan dari baking soda. Penggunaan baking soda untuk membersihkan karang gigi ternyata dapat dikatakan  sangat ampuh dan aman.

Mengapa begitu? Sebab baking soda ternyata sangat baik untuk mengatasi karang gigi tanpa merusak enamel pada gigi. Selain itu, menggunakan baking soda juga berguna untuk mencegah gigi kehilangan kalsium serta email. Bahkan, baking soda juga mampu mencegah gigi rusak karena kandungan antimikroba di dalamnya.

4 dari 5 halaman

Bersihkan dengan Obat Kumur dan Alat Gosok Gigi yang Tepat

5. Bersihkan dengan obat kumur

Penggunaan obat kumur dapat membantu dalam merontokkan plak, kotoran, dan sisa makanan yang menempel di gigi. Namun usahakan menghindari jenis obat kumur yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan mulut menjadi kering. Anda juga perlu memastikan jika produk obat kumur yang digunakan terdaftar Badan POM.

6. Bersihkan dengan alat gosok gigi yang tepat

Usahakan Anda menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu halus dan lembut. Sesuaikan kepala sikat gigi dengan dengan lebar mulut, jangan sampai kebesaran atau kekecilan.

Sedangkan dari sisi sikat gigi, pilih pasta gigi yang mengandung fluoride. Senyawa tersebut akan sangat menunjang pembersihan karang gigi Anda dan mencegah gigi dari kerusakan.

5 dari 5 halaman

Perbanyak Air Putih dan Stop Merokok

7. Perbanyak air putih

Konsumsi air putih yang cukup akan membantu meningkatkan produksi air liur di dalam mulut. Kandungan air liur yang cukup akan berfungsi untuk menjaga kelembapan mulut dan menghancurkan plak serta sisa makanan pada permukaan gigi.

Hal tersebut tidak terlepas dari kandungan enzim yang terkandung di air liur. Enzim pada air liur sangat berguna dalam melawan bakteri penyebab infeksi di mulut.

8. Stop merokok

Cara membersihkan karang gigi yang terakhir adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok. Sebab, zat kimia pada rokok akan mempermudah pembentukan plak dan karang gigi. Itulah mengapa mulai sekarang hindari kebiasaan merokok agar karang gigi tidak terbentuk.