Sukses

10 Sayur dan Buah Penambah Darah, Mudah Ditemukan

Liputan6.com, Jakarta Kekurangan darah bisa menyebabkan sejumlah masalah seperti anemia dan kelelahan. Kekurangan darah biasanya disebabkan karena tubuh kekurangan sel darah merah. Sel darah ini diperlukan untuk membawa oksigen yang cukup ke jaringan tubuh.

Gejala kurang darah dapat berupa sakit kepala, nyeri dada, dan kulit pucat. Salah satu cara untuk mengatasi kurang darah adalah memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan. Jenis makanan yang paling mudah ditemukan dan sehat adalah sayur dan buah.

Zat besi, vitamin B-12, dan folat sangat penting bagi sel darah merah untuk matang dalam tubuh. Konsumsi sayur dan buah yang mengandung nutrisi ini dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah.

Pola makan yang tepat dapat membantu mencegah kekurangan darah berulang. Bagi Anda yang berisiko tinggi mengalami kurang darah, penting untuk memerhatikan pola makan. Berikut sayur dan buah penambah darah yang mudah ditemukan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (11/8/2020).

2 dari 6 halaman

Sayur dan Buah Penambah Darah

Bayam

Bayam mengandung zat besi dan folat dalam jumlah tinggi. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat.

Selain itu, vitamin C dalam bayam juga membantu mendukung penyerapan zat besi yang efektif. Bayam juga merupakan bayam adalah sumber antioksidan yang baik. Antioksidan dalam bayam di antaranya adalah lutein, beta karoten, asam coumaric, violaxanthin, dan asam ferulat yang baik.

Brokoli

Serupa dengan bayam, brokoli mengandung zat besi, folat, dan vitamin C yang tinggi. Konsumsi brokoli bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan untuk menggasilkan sel darah yang sehat.

Brokoli juga mengandung banyak antioksidan kuat yang dapat mendukung sel dan jaringan sehat di seluruh tubuh. Brokoli mengandung berbagai senyawa bioaktif yang telah terbukti mengurangi peradangan di jaringan tubuh.

3 dari 6 halaman

Sayur dan Buah Penambah Darah

Buncis

Buncis sangat kaya akan vitamin C yang mendukung penyerapan zat besi secara maksimal. Buncis kaya akan folat yang membantu memproduksi sel darah merah.

Tak hanya itu, konsumsi buncis juga bisa memenuhi kebutuhan zat besi. Buncis juga merupakan sumber mineral yang baik, terutama mangan. Mineral esensial ini mendukung metabolisme dan memiliki kemampuan antioksidan.

Kale

Kale merupakan sayuran padat nutrisi. Kale jauh lebih kaya akan vitamin C daripada kebanyakan sayuran lainnya. Sayuran berdaun gelap ini mengandung vitamin C sekitar 4,5 kali lebih banyak bayam. Kale, seperti sayuran berdaun hijau lainnya, memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

4 dari 6 halaman

Sayur dan Buah Penambah Darah

Tomat

Tomat merupakan sumber vitamin C, kalium, folat, dan vitamin K yang tinggi. Selain vitamin C dan folatnya yang bisa meningkatkan sel darah, tomat juga punya banyak manfaat. Tomat bisa meningkatkan fungsi penglihatan, menyehatkan jantung, hingga mencegah kanker.

Buah bit

Dikemas dengan nutrisi penting, bit adalah sumber serat, folat (vitamin B9), mangan, kalium, zat besi, dan vitamin C. Buah bit menjadi paket lengkap untuk penambah darah.

Bit membantu memperbaiki dan mengaktifkan kembali sel darah merah dalam tubuh. Ini dapat meningkatkan suplai oksigen ke seluruh bagian tubuh. Salah satu cara terbaik mengonsumsi bit untuk anemia adalah meminumnya dalam bentuk jus.

5 dari 6 halaman

Sayur dan Buah Penambah Darah

Jeruk

Aneka jenis jeruk mulai dari jeruk manis hingga lemon menjadi buah andalan untuk penambah darah. Hampir semua buah jeruk tinggi vitamin C.

Konsumsi buah jeruk tak hanya meningkatkan produksi sel darah merah, tapi juga bisa meningkatkan produksi sel darah putih. Buah jeruk sangat bergizi, menawarkan sejumlah vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang membantu tubuh tetap sehat.

Pepaya

Pepaya merupakan sumber folat dan vitamin C yang tinggi. Konsumsi pepaya bisa membantu meningkatkan sel darah merah dan mencegah anemia. Pepaya juga mengandung antioksidan sehat yang disebut karotenoid. Vitamin C pada pepaya sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6 dari 6 halaman

Sayur dan Buah Penambah Darah

Jambu biji

Jus jambu biji merah efektif meningkatkan kadar hemoglobin. Jambu biji mengandung vitamin C yang tinggi.

Buah ini juga mengandung folat dan zat besi dalam jumlah cukup. Konsumsi jambu biji bisa meningkatkan produksi sel darah merah yang sehat. Vitamin C juga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Ini dapat mengurangi risiko penyakit serius, seperti radang sendi, kanker, dan beberapa bentuk penyakit jantung.

Alpukat

Alpukat adalah sumber banyak nutrisi dan mineral penting. Buah ini kaya vitamin K, B5, B6, B3, E dan C. Alpukat juga padat kalium, folat, magnesium, mangan, tembaga, besi, seng dan fosfor.

Alpukat merupakan sumber folat yang tinggi. Alpukat juga mengandung zat besi. Makan setidaknya 3 alpukat per minggu selama minimal 2 minggu, untuk mengatasi ketidakseimbangan zat besi.

Alpukat, yang mengandung Omega 3 dan Vitamin E tingkat tinggi diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan dan telah terbukti membantu dalam perlindungan kanker, kesehatan jantung, pencegahan stroke.