Sukses

10 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan, Sembuhkan Rematik

Liputan6.com, Jakarta Daun singkong memang tak cukup populer dibanding ubi singkong. Padahal, kandungan protein daun singkong disebut-sebut setara dengan protein telur. Selain protein, ada asam amino esensial, vitamin A, vitamin C, dan serat yang mendominasi. Tak heran, jika kemudian ada begitu banyak manfaat daun singkong untuk kesehatan.

Meski ada segudang manfaat daun singkong untuk kesehatan, mengonsumsinya juga harus hati-hati. Daun singkong memiliki asam hidrosianat (HCN) atau sianida sebagai zat racun alaminya. Dalam pengolahan konsentrasi rendah, daun singkong bisa sebabkan lemas, pusing, dan sakit kepala.

Agar bisa mengonsumsinya dengan tenang dan merasakan manfaat daun singkong untuk kesehatan, olah daun singkong dengan konsentrasi tinggi. Racun sianida dalam daun singkong akan mudah menguap karenanya. Selain itu, sebelum mengolah pastikan pilih daun singkong yang masih muda, ya!

Berikut Liputan6.com ulas manfaat daun singkong untuk kesehatan dari berbagai sumber, Rabu (12/8/2020).

2 dari 7 halaman

Metabolisme dan Anemia

Metabolisme

Manfaat daun singkong untuk kesehatan bisa atasi masalah metabolisme. Terutama untuk meningkatkan metabolisme tubuh pengonsumsinya. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin, protein, dan mineral yang dimiliki daun singkong.

Jika mau mengonsumsinya secara rutin, maka sistem metabolisme bisa terjaga dengan baik. Metabolisme yang terjaga akan membuat tubuh selalu sehat dan bugar. Termasuk bisa terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Anemia

Anemia bisa diobati dengan manfaat daun singkong untuk kesehatan. Penyakit ini disebabkan karena kekurangan sel darah merah. Hingga bisa membuat seseorang mudah lelah, pusing, dan nyeri dada. Jika mengalaminya, coba konsumsi daun singkong secata rutin. Terdapat kandungan zat besi dalam daun singkong yang efektif mengatasi penyakit anemia.

3 dari 7 halaman

Jaga Organ Tubuh dan Kehamilan

Jaga Organ Tubuh

Mengalami gangguan pada fungsi organ tubuh manusia bisa timbulkan bahaya. Agar bisa mengembalikan fungsi seperti semula, mulai konsumsi daun singkong. Manfaat daun singkong untuk kesehatan sangat bisa diandalkan.

Terdapat kandungan zat besi di dalam daun singkong. Kandungan ini bisa berperan penting menjaga fungsi organ tubuh manusia. Hingga oksigen bisa diedarkan dengan sempurna ke seluruh tubuh manusia.

Kehamilan

Ibu hamil juga sangat disarankan untuk mengonsumsi daun singkong. Terdapat manfaat daun singkong untuk kesehatan yang bisa menjaga masa kehamilannya. Kandungan zat besi dalam daun singkong ampuh cegah anemia bagi ibu hamil. Selain itu, kandungan asam folat pada daun singkong berfungsi efektif mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Sehingga daun singkong cocok dikonsumsi pada masa kehamilan.

4 dari 7 halaman

Stroke dan Pencernaan

Stroke

Stroke bisa diatasi dengan manfaat daun singkong untuk kesehatan. Manfaat ini dipengaruhi oleh kandungan isoflavon yang dimilikinya. Isoflavon adalah salah satu jenis flavonoid. Zat ini merupakan zat di dalam tubuh yang mampu mengobati tubuh dari stroke. Sebab kadar kolesterol jahat atau LDL bisa diturunkan karena kandungan ini.

Pencernaan

Masalah pencernaan sudah pasti bisa diatasi dengan manfaat daun singkong untuk kesehatan. Sayur singkong kaya akan kandungan serat alami. Mengonsumsinya bisa membuat sistem pencernaan seperti usus besar selalu terjaga.

Bagi yang sedang menjalani program diet, daun singkong bisa diandalkan. Hal ini disebabkan karena kalori daun singkong sangat rendah. Namun proteinnya cukup tinggi dan cocok dikonsumsi sehari-hari.

5 dari 7 halaman

Bikin Awet Muda dan Atasi Jerawat

Awet Muda

Manfaat daun singkong untuk kesehatan kulit bisa bikin awet muda. Manfaat ini dipengaruhi oleh kandungan antioksidan yang ampuh cegah penuaan dini. Selain antioksidan, ada pula lisin, arginin, dan asam amino.

Kandungan ini sangat baik dan efektif meregenerasi sel tubuh yang sudah rusak. Konsumsi sesuai porsi dan rutin untuk hasil maksimalnya. Olah dengan konsentrasi yang pas agar manfaatnya benar-benar bisa dirasakan.

Atasi Jerawat

Memiliki masalah jerawat yang membandel dan selalu datang berulang memang menyebalkan. Salah satu solusinya bisa mengandalkan manfaat daun singkong untuk kesehatan. Selain bisa atasi penuaan, daun singkong juga ampuh atasi jerawat.

Haluskan daun singkong dan campur dengan perasan jeruk nipis. Kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat atau area tubuh yang lain. Tak hanya jerawat, masalah kulit berminyak dan komedo bisa diatasi dengan daun singkong. Cukup buat masker saja dan terapkan pada wajah secara rutin.

 

6 dari 7 halaman

Kuatkan Kekebalan Tubuh dan Rematik

Kuatkan Kekebalan Tubuh

Memiliki masalah dengan kekebalan tubuh memang bikin sering sakit-sakitan. Flu, pilek, batuk, sampai demam yang berulang. Agar bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, andalkan manfaat daun singkong untuk kesehatan.

Cara efektif meningkatkan kekebalan tubuh ialah mengonsumsinya. Terdapat  asam folat dan vitamin C pada daun singkong yang bisa diandalkan mengatasinya.

Kandungan ini akan berperan menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh pengonsumsinya. Bahkan radikal bebas juga bisa diatasi karena kandungan antioksidan yang dimiliki daun singkong.

Rematik

Masalah rematik atau peradangan sendi bisa diatasi dengan manfaat daun singkong untuk kesehatan. Kondisi ini memang bisa sebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri. Namun, daun singkong bisa mencegah hal ini terjadi.

Gejala rematik, yakni nyeri sendi, kaku, dan bengkak. Jika tak segera diatasi, akan timbul masalah pada kulit, paru-paru, dan jantung. Mengonsumsi daun singkong sangat bisa diandalkan.

Daun singkong memiliki efek anti inflamasi yang bisa atasi peradangan. Bahkan jika mau mengonsumsinya secara rutin, masalah rematik dan radang sendi bisa segera diatasi. Jadi, jangan sungkan untuk mulai mengonsumsi.

7 dari 7 halaman

Bahaya Konsumsi Daun Singkong

Bahaya konsumsi daun singkong ini bisa terjadi karena pengolahannya tidak benar. Terutama jika daun singkong diolah dengan konsentrasi yang rendah. Padahal jika diolah dengan konsentrasi yang tinggi, racun daun singkong yang sebabkan bahaya bisa menguap dengan sendirinya.

Mengakibatkan keracunan

Daun singkong memiliki kandungan linamarin dan lotaustralin. Kedua senyawa ini berpotensi menjadi racun sianida yang jika mengendap dan mengiritasi di jaringan tubuh dapat mengakibatkan keracunan yang biasanya ditandai dengan muntah muntah.

Sakit Perut

Terlalu banyak mengonsumsi daun singkong bisa membuat asam lambung, dinding lambung mengalami tekanan dan luka. Dampak ini dikarenakan senyawa pada daun singkong bersifat sianida. Kemudian senyawa ini akan mengacaukan sistem dan kinerja jaringan perut sehingga akan menyebabkan sakit perut, mual mual, dan disertai muntah.

Sesak Napas

Selain sakit perut, senyawa sianida dalam daun singkong juga berisiko menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pada saluran pernafasan yang dapat menyebabkan sesak napas, dada nyeri dan terasa seperti sedang terhimpit benda berat.

Kolesterol Meningkat

Bagi seseorang yang memiliki kadar kolesterol dalam darahnya tergolong tinggi, sebaiknya menghindari mengonsumsi daun singkong karena dapat meningkatkan kadar kolesterol. Kondisi ini nantinya dikhawatirkan dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat menghambat kinerja organ tubuh vital antara lain jantung.

Asam Urat

Daun singkong sangat tidak cocok bagi seseorang yang memiliki kadar asam urat tinggi. Apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan, karena daun singkong mengandung zat purin yang dapat menyebabkan meningkatnya asam urat di persendian yang menimbulkan rasa nyeri dan peradangan.

Darah Tinggi

Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi sebenarnya masih diperbolehkan mengkonsumsi daun singkong tetapi dalam takaran yang sedikit. Tapi, disarankan tidak mengolahnya dengan santan karena lemak pada santan dapat memengaruhi tekanan darah dan mengganggu aliran darah.