Sukses

4 Cara Membuat Email Baru di HP yang Mudah, Bisa Gmail dan Yahoo Mail

Membuat email kini makin praktis.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat email baru di HP sangat mudah dan cepat. Email merupakan layanan penting yang dibutuhkan di era digital saat ini. Dengan email, kegiatan surat menyurat bisa berlangsung dengan lancar dan lebih praktis.

Selain surat menyurat, email juga diperlukan untuk pembuatan akun, masuk ke aplikasi, dan kebutuhan digital lainnya. Maka dari itu penting mengetahui cara membuat email baru. Kini Anda tak perlu repot melakukan cara membuat email baru di komputer atau laptop. 

Berkembangnya teknologi membuat segalanya jadi makin mudah dijangkau. Sekarang, cara membuat email baru di HP bisa dilakukan dengan praktis dan cepat. Cara membuat email baru di HP bisa menggunakan Gmail atau Yahoo Mail.

Gmail dan Yahoo Mail merupakan layanan email yang paling banyak digunakan. Cara membuat email baru di HP untuk Gmail dan Yahoo Mail juga hanya memerlukan waktu singkat. Berikut cara membuat email baru di HP untuk Gmail dan Yahoo Mail, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(12/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara membuat email Gmail baru di HP dengan aplikasi

Cara membuat email Gmail baru di HP jauh lebih praktis. Jika Anda pengguna Android, aplikasi Gmail pasti sudah terpasang otomatis di HP. Anda cukup membukanya dan membuat email baru dengan aplikasi tersebut:

1. Cari menu setting atau pengaturan di HP.

2. Cari menu account atau akun.

3. Pilih add account atau tambah akun.

4. Cari ikon google.

5. Akan muncul pilihan sign in dan create a new account.

6. Pilih create a new account.

7. Isi nama depan dan nama belakang.

8. Klik next.

9. Lalu isi tanggal lahir dan jenis kelamin.

10. Klik next.

11. Pilih nama sebagai username.

12. Klik next.

13. Jika ternyata terdapat tulisan "That username is taken. Try another" Itu tAndanya orang lain telah memakai username yang Anda pilih.

14. Anda bisa mengakalinya dengan menambah angka.

15. Klik next.

16. Selanjutnya adalah memilih password. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa. Samakan isian kolom atas dengan bawah.

17. Klik next.

18. Langkah selanjutnya adalah tidak wajib diisi. Jika Anda ingin mengisinya kemudian klik next. Jika tidak, Anda klik skip.

19. Akan muncul kotak Privacy and Terms.

20. Klik I Agree.

21. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password.

22. Klik Next.

13. Kemudian muncul pilihan pembayaran. Anda bisa melewatinya dengan pilih No Thanks, lalu klik Next.Aplikasi akan memproses. Setelah itu Anda akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa Anda telah memiliki akun Gmail baru.

14. Dengan daftar Gmail, Anda akan dengan semakin mudah mengakses layanan lain seperti YouTube, Google, dan Play Store. Oleh karena itu buatlah akun email di Gmail dengan cara di atas.

3 dari 5 halaman

Cara membuat email Gmail baru di HP tanpa aplikasi

1. Buka browser lalu masuk ke https://accounts.google.com/signup. Saat membuat Akun Google, Google akan memintamu mengisi informasi seperti nama depan, nama belakang, username, dan password.

2. Pada isian setelah nama, Anda akan diminta untuk menuliskan username, Anda dapat memilih sendiri apa usernamemu.

3. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Ada beberapa kemungkinan hal ini terjadi, antaranya:

-Username yang Anda buat sudah digunakan orang lain

-Username yang Anda buat sangat mirip dengan nama pengguna yang sudah ada (misalkan, jika contoh@Gmail.com sudah ada, Anda tidak dapat menggunakan cont0h@Gmail.com)

-Username sama seperti nama pengguna yang pernah dipakai seseorang, yang kemudian telah dihapus

-Tidak disediakan oleh Google untuk mencegah spam atau penyalahgunaan

Jika menemui hal semacam ini Anda bisa mengakalinya dengan menambah angka atau mencoba username yang lain.

6. Klik next dan Isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar. Lalu Anda diminta untuk mengisi tanggal lahir dan jenis kelamin. Selain itu data yang diminta seperti nomor HP dan akun recovery bersifat opsional.

7. Klik Next Step, akan muncul agreement, atau kotak persyaratan, klik pada I Agree.

8. Anda telah berhasil daftar Gmail sekarang. Akun Gmail sudah siap digunakan.

4 dari 5 halaman

Cara membuat email Yahoo baru di HP dengan aplikasi

Bagi Anda yang ingin membuat email Yahoo di HP, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi yang dikeluarkan Yahoo. Anda bisa mengunduh Yahoo Mail di Play Store atau AppStore. Berikut cara membuat email Yahoo baru di HP dengan aplikasi:

1. Unduh aplikasi Yahoo Mail di Play Store atau AppStore. Buka aplikasi pilih Sign Up.

2. Masukkan data seperti tanggal lahir, jenis kelamin, nomor HP, kata sandi, dan alamat email yang ingin dibuat.

3. Pilih continue. Setelah itu Anda akan diminta untuk memverifikasi nomor HP. Pastikan nomor HP yang dimasukkan benar. Lalu plih “Text me a verification code”.

4. Setelah itu, Anda akan mendapatkan SMS berisi kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi tersebut ke kolom yang tersedia.

5. Pilih verify. Setelah itu Anda akan mendapat notifikasi bahwa akun Yahoo sudah berhasil dibuat. Klik continue untuk menikmati akses dari email Yahoo.

5 dari 5 halaman

Cara membuat email Yahoo baru di HP tanpa aplikasi

Selain dari aplikasi Yahoo Mail, Anda juga bisa membuat email Yahoo dari browser. Anda tak perlu menginstal aplikasi lagi pada cara membuat email Yahoo ini. Cara membuat email Yahoo baru hampir sama dengan menggunakan aplikasi. Berikut caranya:

1. Buka browser lalu masuk ke “login.yahoo.com/account/create“.

2. Isi data yang diminta, sama seperti cara mengisi data pada cara membuat email Yahoo di aplikasi.

3. Klik lanjutkan/continue. Verifikasi nomor telepon lalu pilih “Text me a verification code”.

4. Setelah itu Anda akan mendapatkan kode verifikasi lewat SMS. Masukkan kode pada kolom yang tersedia.

5. Pilih verify. Setelah itu Anda akan mendapat ucapan selamat karena telah berhasil membuat akun. Klik continue untuk langsung menggunakan email.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.