Sukses

Cara Membuat Website Toko Online, Mudah dan Cepat

Cara membuat website toko online ini asah kreativitas dan manajemen pemasaran.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan bisnis di dunia digital kini semakin maju. Membuat toko pun bisa dilakukan secara online. Bahkan, cara membuat website toko online sangat memudahkan pemula dan siapa saja yang menginginkannya.

Cara membuat website toko online ini bisa dijadikan pilihan baru untuk pengusaha. Terutama bagi pengusaha yang tak ingin menggunakan toko online yang sudah ada. Memang terlihat cukup sulit, tetapi sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. 

Kreativitas dan kemampuan manajemen bisa diasah dengan membuat website toko online sendiri. Cara membuat website toko online juga akan mengajarkan pentingnya tak bergantung dengan orang lain. Website toko online ini bisa dibuat sendiri tanpa mengontrak di platform lain.

Berikut Liputan6.com ulas cara membuat website toko online dari berbagai sumber, Rabu (12/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Buat Nama Website Toko Online

Membuat nama toko online ini akan memudahkan proses cara membuat website toko online. Pastikan nama yang diberikan bisa memberikan kesan mendalam kepada calon customer. Selain kesan mendalam, pastikan juga maknanya sudah sesuai dengan yang diharapkan.

Membuat nama toko online juga harus disesuaikan dengan nama domain yang tersedia. Biasanya domain yang didapat secara gratis memang tak terlalu bagus dan khas. Namun domain yang didapat dengan membelinya bisa disesuaikan dengan keinginan sesungguhnya.

Tips membuat nama toko online:

- Merek dan Produk Utama

- Kata Kerja dan Produk Utama

- Merek dan Nama Industri

- Kata Kerja dan Merek

- Kata Kerja, Produk Utama, dan Kota

3 dari 5 halaman

Menentukan Hosting Website Toko Online

Menentukan hosting termasuk bagian dari proses cara membuat website toko online. Menentukan hosting juga akan memudahkan penggunaan ketika toko online berhasil dibuat. Jadi, memang tidak asal-asalan.

Performa dari website toko online sangat ditentukan oleh hosting toko online yang dipilih saat proses pembuatan. Hosting yang bagus akan membuat toko onlinemu mudah diakses dan tidak mudah down.

Apalagi ketika pelanggan mulai membludak dan banyak, hosting harus kuat akan website toko online tidak lemot. Mulai pikirkan dan tentukan pilihannya sesuai spesifikasi yang dibutuhkan.

Pilihan hosting server website toko online:

1 Core CPU dan 1GB RAM

Hosting ini diperuntukkan bagi yang trafiknya low sampai medium.

2 Core CPU dan 2 GB RAM

Hosting ini diperuntukkan bagi yang trafiknya medium sampai high.

Disk Space 2 GB

Website toko online minimal memiliki diskspace 2 GB. Tujuannya agar gambar dan produk visual lain masih tetap tersimpan dengan baik. Toko online akan sangat membutuhkan tempat penyimpanan lebih banyak.

SSD Storage

SSD storage sangat berguna untuk meningkatkan performa website toko online. Toko online dengan hosting yang SSD tentu lebih bagus daripada HDD.

Unlimited Inodes

Inodes adalah tempat penyimpanan. Website toko online yang bagus dan berkualitas pasti memiliki banyak bahan visual. Terutama gambar dan video.

Untuk itu, website toko online sangat disarankan menggunakan penyimpanan unlimited atau tak terbatas. Biasanya harga yang ditawarkan oleh provider hosting sekitar Rp 100 ribu.

Selain itu, sebenarnya ada juga provider yang menawarkan dengan harga Rp 75 ribuan. Tinggal pintar-pintar saja mencari provider yang tepat. Periksa detail spesifikasinya, agar cara membuat website toko online lebih lancar.

4 dari 5 halaman

Menentukan CMS Website Toko Online

CMS atau Content Management System wajib ditentukan dalam proses cara membuat website toko online. CMS merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur website toko online. Termasuk untuk menambah, memanipulasi, dan mengurangi konten dalam website toko online.

CMS toko online ada banyak sekali jenisnya. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Ada yang mudah digunakan dan ada juga yang menuntut kesabaran. Berikut CMS yang bisa dijadikan pilihan cara membuat website toko online:

WordPress

WordPress merupakan CMS website terbaik karena kerap digunakan banyak orang. Sifat dari CMS ini masih open source dan membuat siapa saja bisa berkontribusi.

Drupal

Drupal hampir sama dengan WordPress yang sudah sangat populer. Pengembangnya juga ada banyak sekali karena sifatnya masih open source.

Joomla

Joomla merupakan CMS website yang bersifat open source dan membuat siapa saja bisa berkontribusi.

Prestashop

Prestashop adalah CMS yang sangat direkomendasikan untuk berjualan online atau terkait e-commerce. CMS website ini bersifat builder.

Magento

Hampir sama seperti Prestashop, Magento juga cocok dijadikan CMS website e-commerce atau toko online. CMS ini ada yang gratis dan ada yang berbayar.

OpenCart

OpenCart termasuk CMS website yang cocok untuk berjualan karena fiturnya sudah lengkap terkait e-commers.

5 dari 5 halaman

Membuat CMS Website Toko Online

Kali ini cara membuat website toko online menggunakan CMS WordPress. Ikuti langkah-langkah berikut ketika sudah mendapat nama domain toko online dan hostingnya. Lakukan instalasi dan modifikasi menggunakan one click installation. Fitur ini dikenal sangat memudahkan penggunanya.

Berikut cara membuat CMS website toko online:

1. Masuk dalam hosting account.

2. Carilah tombol control panel.

3. Klik pilihan softculous Apps Installer dan pilih WordPress.

4. Kemudian klik install.

5. Setelah itu akan muncul halaman software setup, hapus kata yang berada di kolom In Directory untuk menginstall langsung pada website.

6. Klik install kembali dan tunggu hingga proses penginstalan selesai.

7. Setelah proses penginstalan selesai maka website sudah bisa digunakan.

8. Setelah bisa menggunakan website sendiri, tentunya tampilan pada website masih sangat kosong, sehingga perlu untuk memodifikasi tampilan pada website.

9. Pilih tampilan website sesuai dengan template yang telah tersedia. Tinggal buat konten dengan page dan post.

10. Lakukan modifikasi dan selesai.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini