Sukses

10 Cara Memancungkan Hidung, dari Alami hingga Operasi

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara memancungkan hidung yang bisa dilakukan. Bentuk wajah sangat dipengaruhu oleh bentuk hidung. Memiliki bentuk hidung yang mancung menjadi keinginan banyak orang.

Hidung yang mancung dianggap memiliki bentuk yang sempurna. Tren hidung mancung memang sudah ada sejak berabad-abad lalu. Sebut saja Cleopatra yang memiliki hidung panjang yang mancung.

Tren ini tetap bertahan hingga sekarang. Ini membuat banyak orang melakukan cara memancungkan hidung. Cara memancungkan hidung bisa dilakukan secara alami atau dengan tindakan medis.

Kamu mungkin tergoda melakukan cara memancungkan hidung. Ada banyak pilihan cara memancungkan hidung mulai dari cara rumahan hingga masuk ke ruang bedah. Berikut cara memancungkan hidung seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (12/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara memancungkan hidung dengan mengurut dan cubitan

Mencubit hidung

Mencubit hidung adalah cara memancungkan hidung alami yang sangat populer. Hal ini terbilang mudah karena yang perlu kamu lakukan hanya mencubit-cubit ringan hidung setiap hari.

Pencet atau cubit ringan hidung menggunakan ibu jari dan telunjuk. Lakukan secara ringan dan jangan terlalu kencang karena dapat menyebabkan iritasi. Tahan cubitan selama 5 menit. Lakukan 3 kali sehari. Jangan terlalu sering agar tidak merusak tulang dan kulit hidung.

Mengurut tulang hidung

Mengurut tulang hidung bagian atas dapat menjadi salah satu pilihan cara memancungkan hidung. Atur posisi jari manis dan jari tengah menjadi vertikal. Posisikan di bawah mata. Gerakkan jari untuk melakukan pijatan dari tulang pipi menuju tulang hidung bagian atas. Gerakkan selama 15 menit.

3 dari 7 halaman

Cara memancungkan hidung dengan pijatan dan alat khusus

Memijat wajah

Memijat wajah secara rutin ternyata juga dapat menjadi cara memancungkan hidung secara alami. Pijat setiap bagian hidung, mulai dari jembatan, ke ujung, dan akhirnya ke samping. Pastikan jari bergerak dalam gerakan memutar. Pijat hidung selama sekitar lima menit setiap hari, dan lakukan secara teratur untuk hasil terbaik.

Alat pemancung hidung

Saat ini banyak dijual alat pemancung hidung yang bisa kamu gunakan untuk memancungkan hidung. Harganya pun tak mahal dan dapat dengan mudah ditemukan di situs jual beli online. Siapkan alat pemancung hidung yang telah kamu beli. Gunakan secara rutin untuk memperoleh hasil maksimal.

4 dari 7 halaman

Cara memancungkan hidung dengan olahraga wajah

Meregangkan Kulit Wajah

Melakukan peregangan wajah akan merilekskan kulit wajah. Olahraga ringan ini dapat membentuk struktur hidung yang mancung. Tekan dengan halus wajah memakai jari telunjuk dan jari tengah, mulai dari hidung digerakkan menuju telinga. Lakukan bersamaan dengan bibir yang membentuk duck face. Lakukan setiap hari secara rutin.

Tersenyum

Tersenyum merupakan olahraga terbaik pada wajah. Selain memancarkan aura baik, tersenyum juga bisa membuat hidung terlihat mancung. Seiring bertambahnya usia, garis senyum juga akan semakin dalam dan cenderung terlihat buruk. Latihan sederhana ini akan membantu menghilangkan garis-garis halus.

Senyum yang harus kamu lakukan adalah pose senyum sembari gigi dikepalkan. Tahan selama 10 menit. Ulangi lagi hingga 3 kali. Lakukan secara rutin agar hidung mancung cepat didapat.

5 dari 7 halaman

Cara memancungkan hidung dengan operasi

Rinoplasti

Tidak ada bukti ilmiah bahwa olahraga atau cara memancungkan hidung secara alami dapat membentuk kembali hidung. Pada dasarnya tulang hidung merupakan bagian yang sulit diubah tanpa adanya operasi.

Cara memancungkan hidung yang paling menjanjikan hasilnya adalah melalui bedah plastik. Operasi hidung yang dikenal diengan istilah rinoplasti menjadi cara memancungkan hidung yang telah terbukti hasilnya.

Ahli bedah plastik akan mengangkat tulang rawan dan jaringan untuk merekonstruksi hidung. Meski menjanjikan, cara memancungkan hidung bisa menghabiskan biaya yang tak sedikit.

Septoplasti

Septoplasty adalah prosedur operasi untuk meluruskan tulang dan tulang rawan di antara lubang hidung. Biasanya septoplasti dilakukan pada orang dengan septum bengkok. Septum yang bengkok biasanya menyebabkan gejala seperti penyumbatan hidung, sakit kepala, nyeri wajah, keluarnya cairan hidung, kesulitan mencium, dan mendengkur.

6 dari 7 halaman

Cara memancungkan hidung dengan rinoplasti nonsurgical

Rinoplasti nonsurgical adalah prosedur di mana filler dermal disuntikkan di bawah kulit untuk mengubah bentuk hidung. Prosedur ini juga menggunakan julukan "operasi hidung cair" atau "operasi hidung 15 menit".

Selama prosedur, dokter akan menyuntikkan dermal filler seperti gel di bawah kulit. Mereka mungkin menggunakan filler asam hialuronat (seperti Juvederm) atau kalsium hidroksilapatit (seperti Radiesse).

Prosedur ini bisa memakan waktu kurang dari 15 menit. Banyak orang bahkan bisa kembali beraktivitas sehari setelah prosedur.

Hasil rinoplasti nonsurgical tidak sedramatis prosedur tradisional, tetapi metode ini dapat membantu menghaluskan benjolan dan membuat hidung terlihat lebih tirus atau lurus. Namun, prosedur ini tidak permanen dan hanya bertahan sekitar 6 bulan.

7 dari 7 halaman

Cara memancungkan hidung dengan makeup

Makeup memang tidak akan mengubah ukuran hidungmu, tetapi dapat membantu mengubah tampilannya. Dengan makeup yang tepat hidungmu akan nampak mancung sempurna. Ada banyak tutorial online yang menjelaskan berbagai cara counturing hidung.

Berikut langkah-langkah dasar membentuk hidung dengan makeup:

1. Buat garis tepi kedua sisi hidung menggunakan bronzer yang dua tingkat lebih gelap dari kulit.

2. Sorot batang hidung menggunakan highlighter matte.

3. Memanipulasi bayangan dan sorotan menggunakan beauty blender.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.