Sukses

12 Buah untuk Program Hamil, Ampuh Tingkatkan Kesuburan

Liputan6.com, Jakarta Program hamil atau promil merupakan bagian dari upaya pasangan untuk bisa mendapat momongan. Bagi sebagian orang mungkin mudah saja, tetapi sebagian lagi tak bisa mendapatkannya tanpa promil. Selain menghitung masa subur, mengonsumsi buah untuk program hamil juga perlu dilakukan. 

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi makanan sehat seperti buah untuk program hamil ampuh tingkatkan kesuburan. Tak hanya bagi calon ibu, tetapi calon ayahnya juga harus ikut mengonsumsi. Tujuannya, agar promil bisa berhasil dan memiliki peluang kehamilan lebih tinggi.

Bagi pasangan sehat dan subur, mereka memiliki peluang keberhasilan 15 hingga 25 persen. Peluang ini bisa didapat setelah berhubungan seksual tanpa alat kontrasepsi setiap bulan. Nah, jika ditambah dengan mengonsumsi buah untuk program hamil maka peluangnya bisa bertambah.

Berikut Liputan6.com ulas buah untuk program hamil dari berbagai sumber, Kamis (13/8/2020).

2 dari 7 halaman

Jambu dan Manggis

Jambu

Jambu memiliki kandungan vitamin C dan zat-zat anti-oksidan cukup tinggi. Tak heran jika kemudian jambu dijadikan buah untuk program hamil. Selain vitamin C dan antioksidan, ada juga asam folat, vitamin B3, Vitamin B6, vitamin A, dan magnesium. Kandungan-kandungan ini sangat cocok untuk tingkatkan kesuburan. Indeks glikeminya juga rendah, jadi bisa bantu jaga keseimbangan hormon.

Manggis

Buah manggis dan ekstraknya memang sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Tak heran jika manggis termasuk buah untuk program hamil yang cocok dikonsumsi. Buah manggis kaya kandungan mangan, vitamin C, dan asam folat.

Kandungan yang dimiliki manggis sangat cocok untuk tingkatkan kesuburan dan jaga daya tahan tubuh. Sementara bagi ibu hamil, buah ini bisa cegah kelahiran bayi prematur dan cacat janin.

3 dari 7 halaman

Mangga dan Kurma

Mangga

Mangga pun termasuk buah untuk program hamil yang rasanya sangat nikmat. Buah mangga kaya kalium, vitamin A, dan vitamin C yang cocok untuk tingkatkan kesuburan. Bahkan terdapat kandungan kalium yang bisa bantu jaga tekanan darahnya agar tetap stabil. Sementara bagi ibu hami, kandungan vitamin A dalam mangga bisa bantu kembangkan syaraf dan penglihatan bayi. 

Kurma

Kurma termasuk buah kering yang cocok untuk bantu tingkatkan kesuburan. Buah untuk program hamil ini kaya kalium, zat besi, kalsium, fosfor, mangan, magnesium, dan serat. Kandungan ini bisa membantu memperkuat dinding-dinding rahim untuk mempersiapkan kehamilan. Kemudian menambah asupan energi, dan mencegah anemia ibu hamil.

4 dari 7 halaman

Sitrus dan Berry

Sitrus

Sitrus termasuk buah untuk program hamil yang menyegarkan. Buah ini terdiri dari jeruk, lemon, dan lain sebagainya. Buah sitrus ini cocok untuk promol karena tinggi kandungan vitamin C. Termasuk tinggi kandungan kalium, kalsium, dan folat. 

Folat dipercaya sebagai nutrisi yang penting untuk mengatur waktu ovulasi dan menciptakan lingkungan yang sehat untuk telur. Folat juga sangat penting untuk kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan perkembangan janin di dalam kandungan. 

Berry

Berry termasuk buah untuk program hamil yang nikmat dikonsumsi. Buah berry ini terdiri dari blueberry dan raspberry. Buah ini cocok untuk promil karena sarat akan antioksidan alami dan fitonutrien anti-inflamasi. Kandungan ini dipercaya dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita dan pria. Buah berry pun kaya akan serat yang baik untuk menjaga berat badan calon ibu.

5 dari 7 halaman

Alpukat dan Pepaya

Alpukat

Alpukat merupakan buah kaya asam folat yang dipercaya bisa tingkatkan kesuburan. Tak heran jika kemudian alpukat cocok dijadikan buah untuk program hamil. Kandungan vitamin K dalam buah alpukat juga efektif menjaga keseimbangan hormon pria dan wanita. Selain vitamin K, ada pula vitamin E yang baik untuk menstabilkan dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Jadi, memang sangat bermanfaat bagi wanita dengan PCOS atau diabetes.

Pepaya

Buah pepaya pun cocok untuk program hamil. Harganya murah, tetapi padat gizi dan nutrisi. Buah untuk program hamil ini sangat baik untuk kesuburan karena kandungan antioksidan yang dimilikinya. Antioksidan ini efektif melindungi sel telur dan sel sperma.

Selain vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, papaya juga mengandung asam folat yang baik calon ibu hamil. Pepaya memiliki indeks glikemi rendah yang membuat level insulin lebih sehat. Jadi, buah pepaya bisa turut menjaga keseimbangan hormon menjadi lebih stabil.

6 dari 7 halaman

Delima dan Kiwi

Delima

Delima termasuk buah untuk program hamil yang dipercaya efektif tingkatkan kesuburan. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan antioksidan buah delima. Antioksidan ini tak hanya tingkatkan keburuan wanita, tetapi juga kesuburan pria.

Sebuah penelitian menemukan jus delima dan ekstrak delima dapat meningkatkan konsentrasi dan motilitas sperma setelah beberapa minggu. Tujuh puluh pria dewasa yang tidak memiliki cukup sperma mengambil tablet ekstrak delima dan bubuk Galanga Root. Tiga bulan perawatan, motilitas sperma mereka meningkat hingga 60%. 

Kiwi

Kiwi hampir sejenis dengan buah sitrus. Buah untuk program hamil ini cukup menyegarkan dan memiliki rasa yang lezat. Buah kiwi kaya akan kandungan vitamin C. Tak heran jika kemudian buah ini efektif lindungi sel sperma dari oksidasi.

Begitu juga melindungi sel DNA dalam sperma dan telur. Buah kiwi pun efektif mengontrol kadar gula dalam darah wanita PCOS. Kaya magnesium, vitamin E, mangan, serat, dan potasium.

7 dari 7 halaman

Nanas dan Pisang

Nanas

Nanas juga cocok dijadikan sebagai buah untuk program hamil. Mengonsumsi nanas selama lima hari setelah ovulasi dapat tingkatkan kehamilan. Meski begitu, penelitian ini masih harus dilanjutkan. Nanas merupakan salah satu buah sumber vitamin C yang cukup baik. 

Satu cangkir nanas memberikan 46% nilai harian yang direkomendasikan. Kadar vitamin C yang rendah juga dikaitkan dengan PCOS. Vitamin C pun dapat membantu meningkatkan kesuburan pria. Satu studi menemukan bahwa suplemen dengan vitamin C membantu meningkatkan kualitas sperma pada perokok berat. 

Pisang

Pisang memiliki tekstur dan rasa yang sangat lezat. Pisang pun cocok dijadikan buah untuk program hamil. Buah pisang mengandung vitamin B6 dan asam folat cukup tinggi. Kandungan ini ampuh membuat siklus menstruasi lancar dan tingkatkan kehamilan. Buah ini kaya kalium, kalori, dan zat besi baik untuk program hamil.