Sukses

9 Cara Mengobati Sakit Gigi untuk Pertolongan Pertama

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai jenis nyeri pada tubuh yang beberapa di antaranya memberi efek yang bisa membuat Anda jadi tak berdaya. Sakit gigi merupakan salah satu dari jenis nyeri pada tubuh tersebut. Sebenarnya cara mengobati sakit gigi yang paling ampuh adalah dengan pergi ke dokter gigi. Tapi, sayangnya tidak banyak orang yang berani melakukan cara mengobati sakit gigi ini.

Dikutip dari Men’s Health, menurut Bobbi Stanley, D.D.S. yang merupakan dokter gigi dari klinik Stanley Dentistry, Amerika Serikat (AS), mengatakan bahwa jangan menghindari dokter gigi ketika Anda mengalami sakit gigi. Sebab sakit gigi adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah pada kesehatan mulut dan gigi, dan bahkan bisa menjadi sebuah tanda akan timbulnya sebuah penyakit lainnya.

Sakit gigi sendiri umumnya disebabkan karena adanya peradangan pada satu atau beberapa gigi, dimana pada akhirnya muncul rasa nyeri yang cukup kuat. Kondisi tersebut sangat mungkin terjadi karena adanya beberapa faktor penyebab, antara lain seperti gigi berlubang, gigi bungsu atau gigi geraham ketiga (wisdom atau impacted teeth), gigi patah, penyakit gusi, abses gigi, atau kerusakan enamel karena kebiasaan grinding gigi.

Meski ada berbagai cara mengobati sakit gigi yang bisa Anda coba di rumah, tapi cara mengobati sakit gigi tersebut tidak bisa mengatasi sumber utama dari penyakit gigi secara total. Memang beberapa cara mengobati sakit gigi sendiri di rumah bisa membuat rasa sakitnya reda, namun hal tersebut sifatnya sementara dan bisa saja sewaktu-waktu muncul kembali.

Akan tetapi, tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa cara mengobati sakit gigi secara mandiri di rumah seperti yang telah Liputan6.com lansir dari klikdokter.com, sembari menunggu waktu kunjungan ke dokter gigi, Kamis (13/8/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Obat

1. Tablet Antinyeri

Jenis obat ini digunakan dengan cara oral. Obat sakit gigi ini yang paling umum menjadi resep para dokter gigi. Obat ini bisa dengan mudah Anda beli di apotek atau toko obat.

2. Krim Antinyeri

Jenis obat ini memiliki efek samping yang minim. Adanya kandungan benzocaine sebesar 20% pada obat ini menjadikannya sebagai antiseptik yang mampu mencegah infeksi gigi. Di sisi lain, adanya kandungan mentol pada obat ini membantu mendinginkan bagian yang sakit.

3. Obat Kumur

Cara mengobati sakit gigi selanjutnya dengan menggunakan obat kumur yang memiliki formula pereda nyeri. Obat kumur tersebut usahakan yang memiliki kandungan benzydamine HCl dimana sangat berguna untuk meringankan peradangan dalam rongga mulut.

Untuk mendapatkan obat ini bisa Anda dapatkan di apotek atau toko obat lainnya. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan berkumur sebanyak 1½ sendok makan selama 60 detik, 2-3 kali sehari.

3 dari 4 halaman

Cara Mengobati Sakit Gigi yang Selanjutnya

4. Larutan Air Garam Hangat

Cara mengobati sakit gigi ini dengan menggunakan bantuan dari larutan air garam hangat yang digunakan untuk berkumur. Larutan tersebut akan sangat berguna untuk membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

5. Kompres Dingin

Penggunaan kompres dingin juga bermanfaat untuk menghilangkan sakit gigi, terutama sakit yang terjadi akibat cedera atau gusi yang bengkak. Fungsi dari kompres tersebut karena suhu dingin akan menyempitkan pembuluh darah dan bisa memperlambat aliran darah ke daerah yang sedang sakit.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengambil beberapa bongkah es batu. Lalu lilit es batu dengan kain bersih, kemudian tahan di samping pipi minimal 20 menit. Cara mengobati sakit gigi mungkin paling umum digunakan sebab memiliki dampak yang cukup ampuh.

6. Minyak Cengkeh

Kandungan yang ada di dalam minyak cengkeh juga bisa menjadi cara mengobati sakit gigi yang ampuh. Sebenarnya, cengkeh sendiri juga sudah cukup lama digunakan sebagai obat sakit gigi, karena kandungan minyaknya cukup efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Kandungan tersebut bernama eugenol yang merupakan jenis antiseptik alami.

Untuk menggunakannya, cukup dengan meneteskan minyak cengkeh pada kapas yang bersih, lalu tinggal Anda tempelkan pada gigi dan gusi yang sakit. Minyak ini bisa didapatkan dengan mudah dan dijual bebas di pasaran.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Cara Lainnya

7. Kantong Teh Peppermint

Penggunaan kantong teh peppermint juga efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan membuat gusi yang sensitif dapat semakin tenang. Penggunaannya cukup dengan menempelkan kantong teh bekas yang masih hangat ke daerah yang terasa sakit selama beberapa menit. Lakukan hal tersebut hingga rasa sakit pada gigi mulai berkurang.

8. Thyme

Thyme merupakan salah satu bahan yang mampu mengurangi rasa sakit pada gigi. Kandungan di dalamnya disebut dengan timol, dan memiliki sifat antibakteri serta antioksidan yang kuat.

Cara memakainya yaitu dengan meneteskan minyak esensial thyme ke kapas, selanjutnya oleskan ke daerah yang sakit. Anda juga bisa meneteskan minyak thyme tersebut ke dalam segelas air dan gunakan untuk berkumur.

9. Lidah Buaya

Cara mengobati sakit gigi yang terakhir yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Gel yang terkandung pada lidah buaya mampu meredakan rasa sakit pada gusi. Cara aplikasinya cukup dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada daerah yang sakit, kemudian pijat dengan lembut.

Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki kualitas antibakteri alami yang baik dan dapat menghancurkan kuman penyebab kerusakan pada gigi. Itulah mengapa cara mengobati sakit gigi dengan lidah buaya sangat direkomendasikan.