Sukses

5 Cara Menyimpan Madu yang Benar Agar Tahan Lama

Liputan6.com, Jakarta Cara menyimpan madu yang benar perlu diperhatikan. Walaupun madu merupakan salah satu makanan yang bisa disimpan dalam waktu yang lama, kamu harus menyimpannya dengan cara yang benar. Apalagi, jika madu tersebut adalah madu murni. 

Tidak heran madu digemari oleh banyak orang, rasanya yang enak, dan juga kandungan nutrisinya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh sangatlah besar. Hal inilah yang membuat madu digemari oleh banyak orang, dari anak-anak hingga orang tua.

Cara menyimpan madu penting dipahami agar kamu dapat menikmatinya dalam waktu yang lama sekalipun. Apalagi, cairan berwarna keemasan yang dihasilkan oleh lebah ini bisa menjadi obat bagi beberapa penyakit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/8/2020) tentang cara menyimpan madu.

2 dari 4 halaman

Simpan di Botol dan Pastikan Botol Kering

Simpan di Botol

Cara menyimpan madu yang pertama adalah simpan di dalam botol. Kamu bisa memilih botol plastik maupun kaca untuk menyimpan madu. Simpanlah madu pada botol plastik maupun kaca, kemudian pastikan kamu menutupnya dengan rapat.

Dengan menerapkan cara menyimpan madu ini, kamu bisa mengonsumsi madu dalam waktu yang cukup lama. Bahkan, madu yang disimpan di dalam botol tak hanya awet atau tahan lama tetapi juga bisa terbebas dari masalah mudah tumpah, dikerubuti semut atau tercemar debu maupun kotoran lainnya.

Pastikan Botol Kering

Cara menyimpan madu selanjutnya adalah dengan memastikan botol yang kamu gunakan kering. Memastikan botol yang kamu gunakan bersih dan kering merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan ketika menyimpan madu.

Hal ini karena botol yang kotor dan basah akan memengaruhi kualitas madu. Madu yang telah tercampur dengan bahan lain juga akan rentan rusak dan nutrisinya tidak sebagus saat masih murni. Jadi, pastikan botol kering sebagai cara menyimpan madu yang benar.

3 dari 4 halaman

Simpan di Tempat Kering dan Jauhkan dari Makanan Berbau Menyengat

Simpan di Tempat Kering dan Sejuk

Selain itu, ruangan penyimpanan botol madu ini juga perlu diperhatikan sebagai cara menyimpan madu. Pastikan untuk menyimpan madu yang telah disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Selain bisa membuat kualitas madu tetap terjaga, menempatkan madu di tempat kering dan sejuk akan menambah ketahanannya.

Madu ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Hindari menyimpan madu di bawah paparan sinar matahari langsung. Madu yang terkena paparan sinar matahari akan berubah warna menjadi hitam.

Jauhkan Madu dari Makanan Berbau Menyengat

Cara menyimpan madu yang benar selanjutnya dengan menjauhkannya dari makanan yang berbau menyangat. Selain itu, madu juga harus dijauhkan dari benda lainnya yang berbau menyengat. Usahakan untuk menyimpan madu jauh dari bahan makanan atau apapun yang berbau menyengat.

Menyimpan madu di dekat segala sesuatu yang berbau menyengat akan membuat madu tercemar bau tersebut dan aromanya tak lagi khas.

4 dari 4 halaman

Simpan di Kulkas

Cara menyimpan madu agar lebih tahan lama lagi juga bisa dilakukan dengan meletakkannya di kulkas. Menyimpannya di dalam kulkas akan mempertahankan kualitas madu. Hal ini tentunya sangat berguna jika wadah madu sudah dibuka terlebih dulu. Menyimpannya di kulkas dapat mencegah organisme masuk ke madu.

Selain itu, kamu juga perlu menggunakan sendok plastik dalam mengonsumsi madu. Hal ini untuk mencegah reaksi mineral jika menggunakan bahan logam. Reaksi madu dengan bahan logam ini dapat mengakibatkan madu berubah menjadi warna kehitaman karena reaksi mineralnya. Jadi, sebaiknya kamu menggunakan sendok dan alat makan berbahan plastik untuk mengonsumsi madu.