Sukses

Oscar Lawalata Memilih Menjadi Wanita, Ini 5 Penuturan Sang Ibunda

Liputan6.com, Jakarta Nama Oscar Lawalata kini sedang hangat menjadi perbincangan publik. Desainer berusia 42 tahun ini memilih gendernya sebagai seorang wanita. Setelah sang anak menjadi perbincangan warganet, ibunda Oscar Lawalata, Reggy Lawalata pun angkat bicara dan memberikan penjelasan melalui kanal YouTube ‘The Lawalatas’.

Video yang bertajuk ‘UNTOLD STORY REGGY LAWALATA – ANAKKU FEMININ’ ini diunggah pada 5 Agustus 2020. Dalam video tersebut Reggy Lawalata mencurahkan semua isi hatinya terkait keputusan Oscar Lawalata untuk memilih menjadi seorang wanita. Dalam video tersebut aktris senior ini menuturkan bahwa semua orang selalu melihatnya menjadi kekurangan.

“Semua selalu melihatnya menjadi kekurangan. Untuk saya, belum tentu hal-hal seperti itu, anak-anak seperti itu kekurangan,” tutur ibu Mario Lawalata.

Reggy menerima keputusan buah hatinya ini. Artis senior berusia 60 tahun ini menuturkan bahwa dirinya akan merangkul dan mendukung apapun keputusan yang diambil adik Mario Lawalata itu. Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang penuturan Reggy Lawalata terkait Oscar Lawalata yang memilih menjadi seorang wanita, Jumat (14/8/2020)

2 dari 7 halaman

1. Pilihan Gender Oscar Lawalata

Dalam video yang berdurasi 12 menit ini, Reggy Lawalata menuturkan bahwa sang anak memilih gendernya sebagai seorang wanita. Reggy Lawalata menerima kondisi Oscar yang berbeda baru 5 atau 6 tahun yang lalu. Ibu dan anak ini sudah berbicara dari hati ke hati.

“Kami, saya dan Oscar berbicara dari hati ke hati. Dan saya harus menentukan. Pemilihan Oscar apapun itu, saya support karena bagaimanapun kamu adalah anak saya. Apapun kamu, I love you so much, so you can do what you want. Whatever what you want. Whatever. Dan saya tidak peduli sama semua orang,” tutur Reggy Lawalata.

Reggy Lawalata mendukung semua apa yang dilakukan buah hatinya.

“Apapun yang mau kamu lakukan, apapun yang membuat kamu bahagia. We no comment now. We support you, that’s it” tambah Reggy Lawalata.

3 dari 7 halaman

2. Menyuruh Oscar Lakukan Aktivitas Pria

Reggy Lawalata tentunya sudah menyuruh Oscar untuk melakukan aktivitas pria dan aktivitas sang adik, Mario Lawalata ketika sedang melakukan aktivitas pria.

“Ya saya suruh dia karate, kadang-kadang suruh ikut Mario basket. Terus model, jadi model Aneka (Majalah Aneka Yess). Saya arahkan dia pada saat itu, karena pada waktu itu SMP," ujarnya.

4 dari 7 halaman

3. Reggy Lawalata Mengaku Galau

Manjadi seorang ibu tentunya Reggy Lawalata merasakan kegalauan karena perubahan sang anak. Walaupun begitu, Reggy tetap berupaya untuk mengarahkan sang buah hati.

“Kalau ditanya ya saya galau bagaimana orang ngomongin, bagaimana mata orang kalau kita ke restoran, itu sakit. Saya aja sakit. Makanya saya selalu mendampingi, karena saya tahu bagaiman dia gitu,” kata ibunda Oscar Lawalata.

5 dari 7 halaman

4. Pernah Perang Dingin dengan Oscar Lawalata

Perubahan yang terjadi pada diri Oscar Lawalata yang sudah terlihat sejak lama tentunya membuat Reggy selalu kepikiran. Dalam video yang diunggah pada 5 Agustus 2020 tersebut, ibunda Mario Lawalata ini menuturkan jika dirinya terus mempelajari tentang perubahan pada diri Oscar.

“Saya mulai baca ada homoseksual, lesbian, transgender, waria. Nah saya mulai, ini saya (pikiran saya) jalan terus, dimana nih posisi si Oscar ini,” kata Reggy.

Reggy Lawalata juga menambahkan bahwa dirinya dan Oscar Lawalata pernah perang dingin saat Oscar masih duduk di bangku SMP.

“Saya pernah perang dingin, malah pernah kita tangis-tangisan waktu dia SMP. Itu sangat, sangat sedih buah saya, karena dia nangis sama saya, karena dia bilang begini, 'Saya juga nggak tahu, saya dikasih sayang sama, makan sama, tinggal sama, semua sama tapi kenapa saya berbeda',” tutur Oscar Lawalata kepada ibundanya. Setelah kejadian tersebut, Reggy mulai berpikir dan menjadi tahu tentang kakak Mario Lawalata ini.

6 dari 7 halaman

5. Yakin dengan Apa Pilihan Oscar

Reggy Lawalata menuturkan jika dirinya yakin dengan apa yang dipilih Oscar Lawalata saat ini. Reggy tidak peduli dengan omongan orang dan selalu mendukung dan merangkul sang buah hati. Ibunda Mario Lawalata berusaha menerima, karena sang anak yang terlahir seperti ini tidak pernah menginginkan hal seperti ini.

“Rangkul mereka. Tanya mereka. Apa yang mereka inginkan dan biarkan mereka menjadi apa yang mereka rasakan. Dan saya yakin 1000 persen mereka akan lebih bertanggung jawab daripada hidup mereka sekarang.  Saya yakin, karena kita memberikan kebebasan, rasa dia,” ungkap Reggy.

7 dari 7 halaman

6. Tidak Keberatan Menerima Keadaan Oscar

Ibunda Oscar Lawalata dan Mario Lawalata menuturkan jika dia tidak keberatan menerima kondisi Oscar Lawalata.

“Nggak ada hard. I’m happy, I don’t care what they think. Yang penting saya tidak merugikan orang. Saya tidak menjelekkan orang dan saya tidak mengganggu orang. That’s my pirnciples,” kata Reggy Lawalata.