Sukses

7 Bahan Alami Pengganti Deodoran, Bebas Bau Badan

Liputan6.com, Jakarta Bahan alami pengganti deodoran bisa menjadi alternatif yang baik untuk menghilangkan bau badan. Masalah bau badan ini memang sering kali menjadi keluhan banyak orang. Bau badan tentunya membuat kamu tidak percaya diri menjalani hari-hari.

Menggunakan deodoran memang dapat menjadi solusi, namun tidak sedikit yang menghindari penggunaanya. Hal ini terkait dengan beberapa deodoran yang memiliki kandungan bahan yang bersifat keras, sehingga menimbulkan efek samping untuk kulit.

Bahan alami pengganti deodoran dapat menghilangkan bau badan tanpa efek samping. Jadi, kamu bisa lebih tenang karena menggunakannya termasuk aman. Menggunakan bahan-bahan alami tentunya tidak membuat kulit menjadi gelap ataupun kasar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/8/2020) tentang bahan alami pengganti deodoran atasi bau badan.

2 dari 4 halaman

Minyak Pohon Teh dan Cuka Apel

Minyak Pohon Teh

Salah satu bahan alami pengganti deodoran yang bisa digunakan adalah minyak pohon teh atau terkenal dengan sebutan tea tree oil. Hal ini karena minyak pohon teh ini mengandung anti-septik dan anti-bakteri yang harum, sehingga sangat cocok digunakan sebagai deodoran alami.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Cukup dengan mengoleskan campuran dua tetes minyak pohon teh dengan dua sendok makan air. Maka masalah bau badan kamu akan segera menghilang.

Cuka Apel

Bahan alami pengganti deodorant selanjutnya adalah cuka apel. Bahan ini memiliki sifat anti-bakteri dan dikenal dapat menyeimbangkan kadar pH kulit. Bahkan, cuka apel juga diketahui dapat mengontrol produksi keringat berlebih.

Cara menerapkannya juga cukup mudah, tinggal oleskan cuka ini menggunakan kapas, lalu tunggu sebentar agar baunya hilang. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan bau badan.

3 dari 4 halaman

Baking Soda dan Minyak Kelapa

Baking Soda

Baking soda juga bisa digunakan sebagai bahan alami pengganti deodoran. Baking soda efektif untuk mengusir bau badan karena dapat membunuh bakteri dan menyerap kelembapan. Caranya mudah saja, cukup dengan mencampurkan soda kue dengan sedikit air, tapi jangan sampai larut. Kemudian gosokkan pada ketiak.

Bahkan, ketika digunakan bersama dengan jus lemon, campuran ini bertindak sebagai deodoran alami yang menyegarkan.

Minyak Kelapa

Bahan alami pengganti deodoran selanjutnya adalah minyak kelapa. Asam laurat hadir dalam minyak kelapa yang mampu membunuh bakteri sehingga menghindarkan kamu dari bau badan. Minyak kelapa ini juga bisa menghaluskan kulit ketiakmu, sehingga tidak ada lagi kulit ketiak yang kasar.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, kamu tinggal mengaplikasikannya di ketiak. Namun, kamu tetap harus hati-hati dalam penggunaannya. Menggunakan minyak kelapa mungkin akan membuat kamu merasa kurang nyaman.

4 dari 4 halaman

Lemon, Lidah Buaya, dan Minyak Esensial

Lemon

Lemon juga merupakan salah satu bahan alami pengganti deodoran yang bisa kamu gunakan. Hal ini terkait dengan kandungan asam sitrat dalam jus lemon, yang dapat membunuh bakteri penyebab bau badan.

Cara menggunakannya mudah saja, tinggal oleskan irisan lemon setiap hari pada ketiak untuk mengatasi bau badan. Namun, kamu harus memastikan tidak mengoleskan jus lemon ke ketiak yang baru saja dicukur, karena akan menimbulkan rasa pedih.

Lidah Buaya

Bahan alami pengganti deodorant selanjutnya adalah lidah buaya. Lidah buaya aman digunakan pada kulit sensitif, dan dapat dapat memberikan efek menenangkan dan melembapkan. Bahkan, bahan satu ini juga dapat menghilangkan bau badan karena kandungan antibakteri dan antimikrobanya. Kamu tinggal mengaplikasikan gel lidah buaya pada area ketiak dan biarkan hingga teksturnya menyerap sempurna.

Minyak Esensial

Oleskan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender dan peppermint pada ketiak sebagai bahan pengganti deodoran. Minyak ini dapat membunuh bakteri dan menbuat tubuh kamu harum sepanjang hari.