Sukses

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Keguguran, Agar Cepat Hamil

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui cara menghitung masa subur penting bagi pasangan suami istri yang ingin segera atau menunda mendapat momongan. Perhitungan masa subur ini bisa dipertimbangkan dari siklus menstruasi dan ovulasi yang dialami wanita. Cukup mudah dan tidak membingungkan karena diri sendiri yang mengalaminya.

Menghitung masa subur bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur terbilang cukup mudah. Waktu siklus menstruasinya juga tak akan berubah, hal inilah yang memudahkan. Akan tetapi, cara menghitung masa subur setelah keguguran dan menstruasi yang tidak teratur berbeda.

Cara menghitung masa subur setelah keguguran harus diamati 3-4 kali menstruasi. Bahkan, melakukan hubungan seksual untuk segera mendapat momongan lebih dianjurkan 6 bulan setelah keguguran. Hal ini untuk mengantisipasi ibu yang akan mengandung dalam keadaan anemia, bayi prematur, dan lain sebagainya.

Selain cara menghitung masa subur setelah keguguran, mentruasi yang tidak teratur juga perlu ketelitian. Wanita harus mengetahui siklus menstruasi terpendek dan terpanjangnya selama 6 bulan terakhir. Entah itu setelah keguguran atau menstruasi tidak teratur, memerhatikan tanda ovulasi juga perlu dilakukan.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghitung masa subur setelah keguguran dari berbagai sumber, Senin (17/8/2020).

2 dari 6 halaman

Cara Menghitung Masa Subur Setelah Keguguran

Setelah wanita mengalami keguguran, siklus menstruasi harus diperhatikan. Entah itu bagi yang ingin segera mendapat momongan atau belum ingin mencobanya lagi. Menganali lama siklus menstruasi akan memudahkan cara menghitung masa subur setelah keguguran.

Tandailah awal siklus menstruasi dimulai dan tandai juga siklus menstruasi berakhir setelah keguguran. Perhatikan juga darah menstruasi yang keluar. Bisa jadi akan ada momen darah yang keluar tetapi bukan menstruasi. Tandai juga dikalender agar perhitungan bisa mudah dilakukan.

Setelah mengerti tanggal mulai dan berakhirnya siklus menstruasi, kini saatnya mengenali perubahan saat ovulasi. Perubahan ini nampak pada tubuh wanita, normal maupun setelah keguguran. Perubahan tubuh saat ovulasi akan membuatmu mengerti lagi cara menghitung masa subur setelah keguguran dengan mudah.

Perhatikan siklus menstruasi dan tanda saat ovulasi kurang lebih setelah 3-6 kali mengalami. Cara menghitung masa subur setelah keguguran ini terbilang cukup efektif. Sementara masa paling subur wanita setelah keguguran terjadi 3-5 hari sebelum ovulasi. Bisa juga berakhir 1-2 hari setelahnya. Umumnya, wanita yang keguguran akan mengalami ovulasi setelah 2 minggu kemudian.

Meski begitu ovulasi 2 minggu kemudian hanya mungkin terjadi bagi wanita yang keguguran pada 13 minggu pertama. Sementara siklus menstruasi akan kembali 4-6 minggu pasca keguguran. Tidak perlu pula begitu tergesa-gesa ingin mengandung lagi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk menunggu hamil setelah enam bulan keguguran terjadi.

3 dari 6 halaman

Cara Menghitung Masa Subur Siklus Menstruasi Teratur

Perhitungan dimulai pada hari pertama menstruasi, saat dinding rahim meluruh dan menjadi darah. Pada masa menstruasi, sel telur akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Proses ini disebut ovulasi.

Proses ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi. Masa subur terjadi 5-6 hari sebelum masa ovulasi. Pada umumnya rata-rata wanita mengalami masa subur antara hari ke 10 - 17 (setelah hari pertama menstruasi).

Cara menghitung masa subur bagi kamu dengan siklus menstruasi teratur, mudah saja. Caranya yaitu mengurangi hari pertama menstruasi yang berikutnya dengan 14, lalu masa suburnya akan diketahui.

Misalnya: menstruasi mulai tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, dan itu adalah hari pertama menstruasi berikutnya, jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah masa subur. 30 - 14 = 16, maka masa suburnya jatuh tanggal 16 Juli.

 

4 dari 6 halaman

Cara Menghitung Masa Subur Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Setelah mengetahui cara menghitung masa subur setelah keguguran dan teratur, selanjutnya menstruasi yang tidak teratur. Cara menentukan masa suburnya agak sedikit rumit, karena harus mengetahui siklus menstruasi minimal 6 bulan terakhir.

Satu siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi sebelumnya sampai dengan hari pertama menstruasi berikutnya. Setelah itu, hitung dengan cermat berapa jumlah hari dan masing-masing siklus menstruasi selama 6 kali berturut-turut dan kemudian lihat berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

Misalnya: siklus menstruasi selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Melihat contoh tersebut, maka siklus menstruasi terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai di sini masa subur bisa diketahui sendiri.

Ketahui siklus menstruasi terpendek, misalnya 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18, maka hasilnya 6. Angka ini adalah hari pertama pada posisi paling subur. Setelah itu ketahui siklus terpanjang menstruasi, misalnya 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11, maka hasilnya 20. Angka ini adalah hari terakhir masa subur yang dimiliki.

5 dari 6 halaman

Tanda Ovulasi atau Masa Subur Wanita

Merasa Lebih Seksi

Wanita yang merasa seksi dan genit menjadi salah satu tanda masa subur wanita. Selain itu, wanita juga akan nampak lebih menarik dan cantik pada masa ini. Bahkan, secara alami wanita ini akan mengeluarkan aroma tubuh yang cukup menggairahkan.

Perubahan Air Liur

Jika merasa ada perubahan pada air liur atau saliva, misal terasa lebih kering. Kondisi ini termasuk tanda masa subur wanita. Hal ini terjadi karena pengaruh hormon progesteron dan estrogen. Kedua hormon ini mengubah konsistensi air liur yang kering dan membentuk motif menyerupai kristal pada lidah.

Rahim Lembut

Ketika rahim terasa lebih terbuaka dan lembut, ini tanda masa subur wanita. Secara alami, rahim yang lebih terbuka membuat vagina terasa lembut. Sebab, cairan pelumas vagina menjadi lebih banyak diproduksi. Menjadi sebuah tanda wanita siap melakukan reproduksi.

Perut Bawah Sakit

Perut yang terasa sakit pada bagian bawah disertai keluarnya cairan kecokelatan menjadi tanda masa subur wanita. Wanita sedang mengalami masa ovulasi dan siap untuk dibuahi. Istilah medisnya Mittelchmerz.

Perut Kembung

Ketika merasakan perut lebih kembung, ini adalah kabar baik untukmu. Perut kembung adalah tanda masa subur wanita. Jangan sampai melewatkannya. Kebung ini akan terasa tiba-tiba dan hilang dengan sendirinya. Kembung terjadi ketika ada peningkatan retensi air akibat kadar estrogen tubuh meningkat.

Indra Penciuman Lebih Sensitif

Indra penciuman menjadi lebih tajam dari biasanya. Tanda masa subur wanita memang sedikit sulit untuk dikenali. Tanda ini lebih nampak tepat setelah menstruasi.

6 dari 6 halaman

Tanda Ovulasi atau Masa Subur Wanita

Sakit Kepala

Sakit kepala menjadi satu tanda masa subur wanita. Sakit kepala yang dialami tidak berputar-putar, tetapi cenderung seperti migrain. Bukan terjadi sebelum menstruasi, migrain ini justru terjadi setelah masa menstruasi.

Munculnya Bercak Cokelat

Jika setelah menstruasi tiba-tiba muncul bercak cokelat, itu tanda masa subur wanita. Kebanyakan wanita mungkin menganggap ini sisa darah menstruasi. Sebab, cairan vagina yang keluar terkadang berwarna cokelat atau kemerahan.

Payudara Nyeri

Payudara yang terasa nyeri termasuk tanda masa subur wanita. Nyeri ini terasa beberapa saat saja tepat setelah masa haid berakhir. Jika nyeri yang dirasa lebih lama seperti ketika haid, harus lebih diwaspadai.

Gairah Seks Meningkat

Memiliki gairah seks yang tinggi menjadi tanda masa subur wanita. Gairah ini terasa lebih tinggi dari hari-hari biasanya. Ketika keinginan untuk melakukan hubungan seksual lebih menggebu.

Cairan Vagina Melar

Tidak hanya cairan vagina yang berwarna kecokelatan. Cairan vagina yang lebih melar seperti putih telur juga tanda masa subur wanita. Kondisi ini terjadi ketika wanita lebih banyak memroduksi hormon esterogen.

Merasa Mual

Mual setelah menstruasi tidak hanya tanda telur telah dibuahi. Mual juga menjadi tanda sel telur telah siap dibuahi. Sebagai tanda masa subur wanita yang siap melakukan reproduksi.

Nah, itu tadi cara menghitung masa subur wanita setelah keguguran. Perhatikan juga tanda-tanda masa subur pada wanita telah datang secara teliti.