Sukses

Viral Soal Matematika Pakai Aksara Jawa, Sukses Bikin Warganet Pusing

Liputan6.com, Jakarta Pelajaran yang cukup sulit dipahami bagi kebanyakan siswa saat duduk di bangku sekolah ialah matematika. Mata pelajaran yang identik dengan hitung-hitungan ini tak jarang orang yang dibuat pusing ketika harus mengerjakan soal-soal tersebut. 

Baru-baru ini soal matematika viral di media sosial Twitter yang di unggah oleh akun @jawafess pada 10 Agustus 2020.  Berbeda dari biasanya, soal matematika ini menggunakan aksara jawa. Bahkan angka di dalam soal tersebut juga menggunakan angka di aksara jawa. Yang tidak menggunakan aksara Jawa hanya simbol matematika seperti tambah (+), kurang (-), pangkat dan akar.

Teka-teki soal matematika ini pun yang sukses bikin mengernyitkan dahi. Tak sedikit warganet yang menyerah duluan saat melihat soal matematika unik ini. Nah, kira-kira kamu bisa menjawab soalnya tidak ya? Penasaran seperti apa?

Untuk berita selengkapnya, berikut Liputan6.com ulas soal matematika menggunakan aksara jawa, Jumat (14/8/2020). 

2 dari 3 halaman

Soal Matematika Pakai Aksara Jawa

Berbeda dari soal matematika biasanya. Soal matematika ini menggunakan aksara jawa. Dalam soal itu terdapat beberapa soal matematika seperti limit, integral, persamaan diferensial, fungsi spesial, hingga teori himpunan.

Bahkan angka di dalam soal tersebut juga menggunakan angka di aksara jawa. Yang tidak menggunakan aksara Jawa hanya simbol matematika seperti tambah, kurang, pangkat dan akar. Tak menunggu waktu lama, soal matematika ini pun viral di media sosial. 

Di unggah oleh akun @jawafess pada 10 Agustus 2020, hingga saat ini cuitan ini sudah di like sebanyak 18 ribu like dan 4 ribu retweet. Sejumlah warganet mengatakan tanpa menggunakan aksara jawa saja cukup susah, ditambah dengan aksara jawa membuat soal matematika ini semakin sulit. 

 

 

3 dari 3 halaman

Bikin Pusing Warganet

Soal ini juga mendapat berbagai tanggapan dari warganet. Tak sedikit warganet yang langsung mengeryitkan dahi ketika melihat soal matematika ini. Beberapa warganet bahkan menyerah dan mengaku tak bisa menjawab soal ini. 

"Fiks na aku ketemu soal ini di ujian langsung nangis aku. Aku wae ga apal hanacaraka Wajah menangis kencang meneh di gabung sama matematika" ujar akun @luckybukanluki

"matematika ketemu aksara jawa, trimo ra nggarap timbang mubal njuk modar" akun @cakkk_aja