Sukses

Cara Membuat CV Menggunakan Microsoft Word yang Baik dan Menarik

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat CV yang baik dan menarik menggunakan Word tentunya lebih mudah. Kamu bisa memilih untuk menggunakan template yang telah disediakan oleh Microsoft Word atau bisa juga membuatnya secara manual. Pilih yang menurutmu paling menarik dan paling berpeluang diminati oleh perusahaan tempat kamu melamar. 

Cara membuat CV yang baik dan menarik di Word diperlukan bagi para pencari kerja. Hal ini disebabkan karena CV merupakan salah satu komponen penting bagi pelamar untuk diterima di sebuah perusahaan.

Banyak orang yang berasumsi bahwa CV yang menarik tidak bisa hanya dibuat dengan Microsoft Word saja. Padahal, kamu tidak perlu menginstal berbagai aplikasi yang berat maupun meminta orang lain membuatkan CV kamu agar menarik, karena kamu bisa membuatnya dengan mudah dengan Word. Semakin menarik CV yang kamu berikan, tentunya akan semakin besar kemungkinan kamu diterima.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/8/2020) tentang cara membuat CV.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat CV di Word dengan Template

Cara membuat CV yang baik dan menarik menggunakan word yang pertama adalah dengan menggunakan template. Tidak hanya dapat membuat CV yang menarik, kamu juga bisa mengikuti cara membuat CV yang menarik di Word dengan mudah jika sudah menggunakan template.

1. Pilih Template yang Telah Tersedia

Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengklik menu FILE, lalu pilih NEW. Saat itu, berbagai template yang telah tersedia akan ditampilkan. Pilih template yang kamu inginkan.

2. Unduh Template Secara Online

Selain itu, kamu juga bisa memilih template dengan mengunduhnya secara online sebagai salah satu cara membuat CV yang menarik di word.

Caranya cukup dengan membuka dokumen baru dan carilah “resumes” pada segmen “Microsoft Office Online”. Selain itu, kamu juga bisa mengunduh template secara online tanpa membuka Microsof Word terlebih dahulu dengan menggunakan Office Online. Kunjungi situs web resminya di https://templates.office.com/ dan klik segmen resume dan surat pengantar. Segmen ini ditampilkan dalam modul yang berada di sisi kiri layar dengan label “Browse by Category”.

3. Selesaikan CV

Selanjutnya, kamu tinggal menyelesaikan template yang telah diunduh. Setelah memilih template yang tampak profesional dan sesuai dengan jenis pekerjaan yang kamu inginkan, kamu bisa menghapus teks bawaan dan menambahkan informasi pribadi. Format, tata letak, dan presentasi memang merupakan aspek penting dalam membuat CV yang baik, tetapi aspek-aspek tersebut tetap tidak dapat menutupi tulisan yang buruk dan kesalahan ejaan dan tata bahasa. Jadi kamu tetap harus teliti dalam cara membuat CV yang menarik di word ini.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat CV di Word Tanpa Template

Selain cara membuat CV yang menarik di Word menggunakan template, kamu juga bisa membuatnya tetap menarik tanpa template sekalipun. Untuk itu, kamu perlu mengetahui, apa saja yang harus dimasukkan dalam cara membuat CV yang menarik di Word tanpa menggunakan template ini.

Ketahui Apa Saja yang Perlu Dicantumkan

Satu hal yang paling harus kamu ketahui dalam cara membuat CV yang menarik di Word tanpa menggunakan template ini adalah mengetahui apa saja yang perlu dicantumkan. Hal ini yang telah difasilitasi oleh template, sehingga jika kamu tidak yakin dengan apa saja yang harus dimasukkan, menggunakan template mungkin jalan yang terbaik.

Cara membuat CV yang menarik di Word tanpa menggunakan template ini harus dimulai dengan rencana apa saja yang kamu cantumkan dalam CV. Beberapa segmen yang umumnya selalu ada adalah sebagi berikut:

- Profil lengkap hingga kontak

- Riwayat pendidikan dan kualifikasi.

- Pengalaman kerja atau kegiatan sukarela.

- Keahlian dan karakter (atau kelebihan dan kekurangan). 

Dalam cara membuat CV yang menarik di Word tanpa template ini, kamu juga harus mengetahui orang dengan kualifikasi seperti apa yang diperlukan oleh perusahaan. Dengen begitu, kamu bisa menyesuaikan CV dengan yang diinginkan oleh perusahaan.

4 dari 4 halaman

Penting Diperhatikan saat Membuat CV

Saat membuat CV jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal berikut:

- Jangan lupa untuk memeriksa CV secara teliti, apakah masih ada yang salah kata atau format

- Selalu sesuaikan CV dengan jenis posisi/jabatan yang diinginkan. Kamu mungkin perlu menambahkan, menyusun ulang, atau menghapus pencapaian atau segmen tertentu berdasarkan kebutuhan posisi/jabatan yang bersangkutan.

- Jangan menunggu untuk memperbarui CV hingga kamu berencana untuk mencari pekerjaan. Setiap kali mendapatkan kenaikan pangkat atau pencapaian yang signifikan, tambahkan informasi baru tersebut ke dalam CV.

- Tampilan dan format CV merupakan cerminan kompetensi yang kamu miliki. Oleh karena itu, pastikan CV yang dikirimkan mewakili sisi terbaikmu.

- Pastikan semua pernyataan dalam resume faktual dan tepat secara tata bahasa, serta semua kata yang digunakan memiliki ejaan yang baik.

Begitulah cara membuat CV yang menarik di Word. Tentunya tidak begitu sulit untuk dipraktikkan dan bisa menjadi penunjang untuk kamu mendapatkan pekerjaan atau beasiswa yang diinginkan.