Sukses

6 Cara Memilih dan Menyimpan Kurma Agar Tahan Lama

Liputan6.com, Jakarta Cara memilih dan menyimpan kurma agar tahan lama penting diperhatikan. Hal ini tentunya agar rasanya tetap manis dan enak, serta nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap bertahan. Dengan begitu, segala manfaat kesehatan kurma bisa tetap kamu dapatkan. 

Walaupun kurma merupakan salah satu makanan yang bisa tahan cukup lama, namun penyimpanannya tidak boleh sembarangan. Buah yang lebih sering dijajakan dalam bentuk sudah dikeringkan ini bahkan bisa tahan sampai satu tahun bila disimpan dengan cara yang benar.

Cara memilih dan menyimpan kurma perlu diperhatikan sejak kamu membelinya. Jika membeli kurma yang berkualitas, maka kamu akan bisa menyimpannya lebih lama. Namun, jika kamu memilih kurma yang kurang berkualitas dari awal, tentunya buah tersebut tidak akan bertahan lama.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/8/2020) tentang cara menyimpan kurma.

2 dari 4 halaman

Kenali Tampilan Fisik dan Perhatikan Warna

Kenali Tampilan Fisik

Cara memilih dan menyimpan kurma pertama adalah memperhatikan tampilan fisik kurma. Kurma yang sudah dikeringkan biasanya memang sedikit basah karena cairan gulanya mengalir keluar. Namun, permukaan kurma tidak akan menjadi lengket ataupun keras. Kurma yang basah atau lengket tersebut biasanya telah ditambahkan dengan pemanis seperti madu atau sirup gula.

Selain itu, kamu juga harus menghindari memilih kurma yang kulitnya sudah mengerut karena itu menandakan bahwa kurma sudah lama tersimpan. Jadi, tips memilih kurma yang pertama bisa dipraktikkan dengan memilih kurma yang tidak terlalu lengket atau basah. Namun, juga tidak terlalu kering dan mengerut. Pilih yang kulit arinya masih menempel dengan baik.

Perhatikan Warna

Cara memilih dan menyimpan kurma yang kedua adalah dengan memperhatikan warnanya. Umumnya kurma memiliki warna merah, kuning, dan coklat hingga kehitaman. Cukup dengan melihat kurma yang warnanya merata dan tidak memiliki bagian bagian yang rusak.

Bila sudah menemukan kurma dengan ciri-ciri tersebut, berarti kurma itu adalah kurma yang masih segar dan sehat. Kadang ada jenis kurma yang memang warnanya hitam, namun bila tampilan fisiknya sudah tidak bagus, berarti buah tersebut sudah tidak segar lagi.

3 dari 4 halaman

Perhatikan Kemasan dan Ukuran

Perhatikan Kemasan dan Tempat Penjual

Cara memilih dan menyimpan kurma selanjutnya adalah memperhatikan kemasan bila membeli kurma berbentuk kemasan. Kamu harus memilih kurma dengan kemasan yang masih tertutup rapat dan memperhatikan tanggal kedaluwarsanya.

Selain itu, bila ingin memilih kurma yang tidak menggunakan kemasan, kamu harus memastikan bagaimana kondisi tempat penjualannya. Pastikan kurma yang akan kamu beli tidak terkontaminasi debu serta kotoran dan disimpan dengan baik.

Perhatikan Ukuran

Memperhatikan ukuran merupakan salah satu cara memilih dan menyimpan kurma yang sangat penting. Dengan memperhatikan ukuran kurma, kamu jadi mengetahui berapa banyak kandungan gula yang dikandung oleh buah kurma tersebut. Jadi dengan mengetahui rata rata ukuran kurma, kamu bisa membatasi konsumsi kurma yang dianjurkan.

Pada umumnya ukuran satu buah kurma adalah setengah ibu jari orang dewasa atau 7,1 gram. Kamu harus membatasi konsumsi kurma supaya jangan sampai melebihi 40 gram setiap harinya.

4 dari 4 halaman

Simpan pada Wadah Kedap Udara dan Simpan dalam Freezer

Simpan pada Wadah Kedap Udara

Cara memilih dan menyimpan kurma agar tahan lama selanjutnya adalah dengan meletakkannya pada wadah kedap udara. Kurma kering biasanya dapat bertahan selama tiga bulan saat disimpan di suhu ruangan. Sedangkan, jika dimasukkan ke dalam kulkas akan bertahan hingga satu tahun. Tapi, tentu saja syaratnya kamu harus menyimpannya dalam wadah kedap udara terlebih dahulu agar tekstur dan rasanya tetap terjaga.

Simpan dalam Freezer

Cara memilih dan menyimpan kurma agar tahan lama yang terakhir adalah meletakkannya di freezer. Meski sudah dibekukan, rasa dan tekstur dari kurma tidak akan berubah. Saat ingin mengonsumsinya, kamu hanya butuh merendam kurma dalam semangkuk air hangat. Kamu akan merasakan kurma yang empuk kembali.