Sukses

12 Cara Meniruskan Pipi Tembem Secara Alami, Mudah Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Cara meniruskan pipi tembem bisa dilakukan secara alami. Memiliki pipi tembem atau chubby terkadang bisa membuat seseorang terlihat gemuk. Pipi yang tembem disebabkan oleh lemak berlebih di wajah.

Dalam kebanyakan kasus, bertambahnya lemak di sekitar wajah adalah akibat dari bertambahnya lemak di seluruh tubuh. Namun tak perlu resah, ada cara meniruskan pipi yang aman dan efektif. 

Banyak cara meniruskan pipi yang bisa dilakukan. Mulai dari olahraga, pola makan, dan perubahan gaya hidup, cara meniruskan pipi pada dasarnya cukup sederhana. Cara meniruskan pipi ini bisa dilakukan secara rutin untuk mendapat hasil maksimal.

Cara meniruskan pipi relatif aman dan merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Berikut cara meniruskan pipi tembem secara alami, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(14/8/2020).

2 dari 7 halaman

Cara meniruskan pipi tembem secara alami

Fish Face

Cara meniruskan pipi yang pertama cukuplah sederhana. Kamu cukup melakukan gerakan wajah menyerupai ikan. Fish face atau wajah ikan membantu mengencangkan dan meregangkan otot pipi. Ini bisa membuat pipi terasa kencang dan lebih cepat tirus.

Sedot pipi ke dalam seperti meniru wajah ikan. Tahan dan coba untuk tersenyum. Tahan posisi ini selama lima detik lalu lepaskan. Ulangi sebanyak 10 kali.

Cheek Uplift

Cheek Uplift sangat cocok untuk tulang pipi, mengurangi lemak dan mengencangkan wajah agar terlihat lebih tirus. Duduk dengan nyaman dan tersenyumlah selebar mungkin. Sekarang letakkan telunjuk dan jari tengah di kedua pipi.

Dengan bantuan jari-jari, angkat pipi ke arah mata. Tahan selama beberapa detik dan rileks. Ulangi latihan ini beberapa kali.

3 dari 7 halaman

Cara meniruskan pipi tembem secara alami

Cheek Puff

Latihan ini juga mengencangkan otot pipi. Ini merupakan salah satu cara meniruskan pipi yang cukup banyak dilakukan. Latihan ini mirip seperti cara berkumur.

Tarik napas dalam-dalam, dan tahan udara di pipi kanan selama enam detik. Kemudian, pindahkan udara ke pipi kiri, dan tahan selama enam detik. Lakukan ini beberapa kali sepanjang hari.

Jaw Release

Jaw release bisa membantu membentuk tulang pipi yang tajam dan tegas. Gerakan ini merupakan peregangan otot di sekitar bibir, rahang, dan pipi. Berdiri tegak, rapatkan bibir, dan gerakkan rahang bawah dengan gerakan melingkar searah jarum jam dan sebaliknya.

Selanjutnya, buka mulut lebar-lebar dan tahan ujung lidah di belakang gigi bawah. Tarik dan hembuskan napas. Tahan selama tiga sampai lima detik. Ulangi sampai 10 kali.

4 dari 7 halaman

Cara meniruskan pipi tembem secara alami

Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet juga bisa membantu menghilangkan banyak lemak di wajah. Mengunyah permen karet bisa mengencangkan otot rahang dan pipi. Kunyah permen karet bebas gula selama sekitar 15-20 menit dua kali sehari.

Pijatan wajah

Kamu juga bisa melakukan cara meniruskan pipi dengan pijatan. Caranya gunakan satu sendok makan minyak zaitun atau minyak pijat lainnya. Mulai dengan memijat dengan telapak tangan dari dagu dan bergerak ke atas pipi.

5 dari 7 halaman

Cara meniruskan pipi tembem secara alami

Minum cukup air

Minum cukup air bisa menjadi sangat penting terutama jika ingin menghilangkan lemak wajah. Minum segelas air sebelum makan dapat membantu seseorang merasa lebih kenyang. Ini dapat membantu mengurangi jumlah total kalori yang dikonsumsi seseorang. Minum air cukup dapat menurunkan berat badan secara bertahap. Efek ini bisa membantu meniruskan pipi.

Tidur cukup

Tidur cukup dapat membantu menurunkan berat badan. Tidur dapat membantu menghilangkan lemak wajah. Tidur yang cukup dapat membantu mencegah penambahan berat badan. Ini, pada gilirannya, dapat membantu mengurangi jumlah lemak yang disimpan di wajah.

6 dari 7 halaman

Cara meniruskan pipi tembem secara alami

Olahraga kardio

Seringkali, kelebihan lemak di wajah disebabkan oleh kelebihan lemak tubuh. Menurunkan berat badan dapat meningkatkan penurunan lemak dan membantu meniruskan pipi yang tembem. Beberapa contoh umum latihan kardio termasuk berlari, berjalan, bersepeda, dan berenang.

Konsumsi serat

Berolahraga tanpa makan dengan benar bisa menjadi hal yang sia-sia. Makan dalam jumlah yang tepat karbohidrat, lemak, protein, dan serat makanan sangat penting untuk menurunkan berat badan secara keseluruhan. Konsumsi serat sangat penting untuk mencegah makan berlebihan.

7 dari 7 halaman

Cara meniruskan pipi tembem secara alami

Kurangi asupan garam dan gula

Pola makan tinggi garam menyebabkan tubuh menahan air. Retensi air menyebabkan pembengkakan di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah. Ini bisa memberi ilusi lemak wajah berlebih. Selain garam, pola makan tinggi gula juga perlu dikurangi. Gula berlebih dikaitkan dengan kenaikan berat badan dan penumpukan lemak tubuh.

Kurangi karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan seperti kue, biskuit, dan pasta adalah penyebab umum penambahan berat badan dan peningkatan penyimpanan lemak. Jenis karbohidrat ini telah banyak melalui proses pengolahan dan menghilangkan nutrisi dan seratnya.

Karena mengandung sangat sedikit serat, mereka dicerna dengan cepat, menyebabkan lonjakan dan penurunan kadar gula darah dan risiko makan berlebih yang lebih tinggi.