Sukses

5 Cara Mengetahui Password WiFi yang Lupa, Bisa dari Windows, Mac dan Android

Password WiFi kadang sering terlupa.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengetahui password WiFi sangat penting dilakukan jika kamu lupa password WiFi yang kamu gunakan. WiFi kini menjadi kebutuhan banyak orang. Koneksi internet yang cepat dan murah menjadikan WiFi sebuah kebutuhan penting saat ini. 

Terkadang setelah kamu terhubung dengan WiFi dalam waktu yang lama, kamu bisa lupa password WiFi. Ketika kamu ingin menyambungkan WiFi dengan perangkat lain, kamu akan kebingungan mencari cara mengetahui password WiFi.

Tak perlu pusing, ada beberapa cara mengetahui password WiFi yang terlupakan. Dengan cara mengetahui password WiFi ini kamu bisa terkoneksi lagi dengan internet. Cara mengetahui password WiFi bisa dilakukan melalui berbagai perangkat.

Cara mengetahui password WiFi bisa kamu coba sesuai kebutuhanmu. Berikut cara mengetahui password WiFi yang lupa, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(14/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara mengetahui password WiFi dari router

Jika routermu masih menggunakan nama pengguna dan password default, password akan lebih mudah ditemukan. Router WiFi modern dilengkapi dengan nama dan sandi jaringan WiFi default. Setiap router memiliki kata sandi defaultnya sendiri, yang seringkali acak.

Untuk menemukan kata sandi default, cek router. Kamu akan melihat stiker di suatu tempat yang berisi "SSID" (nama jaringan nirkabel) dan kata sandi.

Jika kamu belum mengubah kata sandi default, kamu dapat menggunakan kata sandi itu untuk menyambung ke router. Jika tidak melihat sandi default tercetak di router, coba lihat dokumen yang disertakan dengan router untuk informasi lebih lanjut.

3 dari 6 halaman

Cara mengetahui password WiFi dari Windows

Jika kamu telah tersambung ke jaringan WiFi dari laptop Windows, Windows akan mengingat sandi jaringan WiFi tersebut. Kamu dapat mencari sandi WiFi di komputer Windows mana pun yang saat ini terhubung ke jaringan WiFi tersebut.

Kamu cukup membuka Control Panel lalu pilih Network and Sharing Center. Atau kamu bisa menggunakan cara cepat dengan klik kanan ikon WiFi di pojok kanan bawah, dan pilih “Open Network and Sharing Center.”

Jika kamu menggunakan Windows 10 ke atas, klik opsi "Open Network & Internet Settings". Saat jendela Settings muncul, gulir ke bawah dan klik “Network and Sharing Center.”

Klik nama koneksi WiFi saat ini. Klik tombol "Wireless Properties" di jendela Status WiFi yang muncul. Klik tab “Security” dan aktifkan kotak centang “Show characters” untuk melihat password yang tersembunyi. Kamu sudah berhasil mengetahui password WiFi yang terlupakan.

4 dari 6 halaman

Cara mengetahui password WiFi yang sudah pernah tersambung di Windows

Windows juga menyimpan kata sandi WiFi jaringan yang telah kamu sambungkan sebelumnya. Di Windows 7 dan versi sebelumnya, kamu dapat menemukannya dari Network and Sharing Center, tetapi di Windows 8 dan Windows 10, kamu harus menggunakan command prompt.

Windows 7

Masuk ke menu “Manage wireless networks” di menu kiri Network and Sharing Center. Kamu akan melihat daftar jaringan sebelumnya yang telah kamu sambungkan. Klik dua kali nama jaringan untuk membuka properti jaringan.

Di jendela properties window, buka tab Security dan centang kotak di samping "Show characters" untuk melihat kata sandi WiFi di bagian "Network security key".

Windows 8 dan 10

Di Windows 10 dan 8.1, kamu harus menggunakan command prompt untuk menemukan kata sandi jaringan sebelumnya. Klik kanan tombol Start dan pilih "Command Prompt" untuk membukanya dengan cepat.

Kemudian ketik perintah berikut:

netsh wlan show profiles

Kamu akan mendapatkan daftar jaringan WiFi yang telah kamu akses sebelumnya. Untuk menemukan kata sandi untuk salah satu profil, ketik:

netsh wlan show profile name = profilename key = clear

ganti profilename dengan nama WiFi. Cari baris "Key Content" untuk menemukan kata sandi WiFi untuk jaringan WiFi tersebut.

5 dari 6 halaman

Cara mengetahui password WiFi di Mac

Kamu juga bisa menggunakan cara mengetahui password WiFi dari perangkat Mac. Untuk menemukan kata sandi WiFi di Mac, tekan Command+Space untuk membuka dialog pencarian Spotlight, ketik "Keychain Access" tanpa tanda kutip, dan tekan Enter untuk meluncurkan aplikasi Keychain Access.

Temukan nama jaringan WiFi di daftar, klik, lalu klik tombol "info" (terlihat seperti “i”)–di bagian bawah jendela. Klik kotak centang "Show Password" di jendela yang muncul.

Kamu harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi Mac untuk mendapatkan akses ke kata sandi. Cukup ketikkan nama pengguna dan kata sandi akun Mac yang kamu miliki. Setelah melakukannya, Mac akan menampilkan kata sandi jaringan WiFi.

6 dari 6 halaman

Cara mengetahui password WiFi dari Android

Selain melalui PC, kamu juga bisa melakukan cara mengetahui password WiFi dari Android. Untuk mengetahui password WiFi, kamu cukup mengunduh aplikasi WiFi Password Recovery di Play Store.

Buka aplikasi WiFi Password Recovery. Izinkan aplikasi mengakses WiFi. Setelah itu aplikasi akan menampilkan riwayat WiFi yang pernah tersambung di Androidmu beserta dengan passwordnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini