Sukses

12 Cara Mengecilkan Perut Buncit, Aman dan Sehat

Perut buncit bisa mengganggu penampilan.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengecilkan perut buncit sangat berguna untuk menurunkan berat badan. Perut buncit disebabkan oleh penumpukan lemak di area perut. Ini bisa disebabkan oleh kelebihan berat badan dan gaya hidup tidak sehat.

Perut buncit bisa mengganggu penampilan. Cara mengecilkan perut buncit menjadi tujuan sehat banyak orang. Cara mengecilkan perut buncit dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan.

Banyak cara mengecilkan perut buncit. Memperbaiki nutrisi, meningkatkan aktivitas, mengurangi stres, dan membuat perubahan gaya hidup lainnya dapat menjadi cara mengecilkan perut buncit yang aman.

Cara mengecilkan perut buncit juga bisa menurunkan berat badan secara keseluruhan. Berikut cara mengecilkan perut buncit yang aman dan sehat yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (15/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara mengecilkan perut buncit

Konsumsi serat larut

Cara mengecilkan perut buncit yang pertama adalah mengonsumsi serat larut. Serat larut menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan.

Konsumsi serat larut bisa membantu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Ini dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Makanan dengan serat larut di antaranya adalah biji-bijian, alpukat, dan aneka sayuran.

Konsumsi protein

Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk manajemen berat badan. Konsumsi cukup protein bisa meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan. Untuk menghilangkan lemak di perut, konsumsi jenis protein tanpa lemak. Sumber protein tanpa lemak termasuk kacang-kacangan, polong-polongan, dan daging tanpa lemak.

3 dari 7 halaman

Cara mengecilkan perut buncit

Olahraga kardio

Olahraga kardio atau aerobik adalah cara efektif untuk membakar lemak, termasuk lemak perut. Latihan aerobik berjalan, berlari, dan berenang bisa membantu penurunan besar lemak perut.

Olahraga juga dapat mengurangi peradangan, menurunkan kadar gula darah, dan memperbaiki masalah metabolik lain yang terkait dengan kelebihan lemak perut

Istirahat cukup

Cara mengecilkan perut buncit yang tak kalah penting lainnya adalah tidur yang cukup. Tidur penting untuk banyak aspek kesehatan, termasuk berat badan. ORang yang tidak cukup tidur cenderung berisiko mengalami kenaikan berat badan, termasuk meningkatnya lemak perut. Selain tidur minimal 7 jam per malam, pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup berkualitas.

4 dari 7 halaman

Cara mengecilkan perut buncit

Konsumsi lemak sehat

Lemak sehat kaya akan omega-3 sangat baik untuk kesehatan. Beberapa lemak makanan diperlukan dalam makanan yang sehat. Mengonsumsi lemak sehat dapat membantu mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan dan mencegah berbagai penyakit kronis. Lemak sehat yang bisa dikonsumsi dalam cara mengecilkan perut buncit adalah alpukat, biji chia, telur, ikan berlemak, dan kacang-kacangan.

Konsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang membantu meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan fungsi kekebalan. Probiotik dapat membantu menurunkan berat badan, termasuk menghilangkan lemak perut. Bakteri yang terbukti mengurangi lemak perut termasuk anggota keluarga Lactobacillus.

5 dari 7 halaman

Cara mengecilkan perut buncit

Teh hijau

Cara mengecilkan perut buncit selanjutnya adalag dengan teh hijau. Teh hijau dikenal manfaatnya untuk menurunkan berat badan. Teh ini mengandung kafein dan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG) yang bisa meningkatkan metabolisme. EGCG juga termasuk senyawa yang bisa membantu menghilangkan lemak perut.

Kurangi asupan gula

Gula mengandung fruktosa yang bisa berdampak buruk jika dikonsumsi berlebihan. Asupan gula tinggi juga dikaitkan dengan peningkatan lemak di perut. Untuk mengecilkan perut buncit, sebaiknya hindari makanan dan minuman dengan banyak gula.

6 dari 7 halaman

Cara mengecilkan perut buncit

Kurangi karbohidrat

Mengurangi asupan karbohidrat bisa sangat bermanfaat untuk menghilangkan lemak. Karbohidrat, khususnya karbohidrat olahan dapat menyebabkan penumpukan lemak. Karbohidrat olahan, rendah nilai gizinya tetapi sangat tinggi kalori. Hindari konsumsi karbohidrat olahan.

Pilih karbohidrat kompleks untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Buah dan sayuran dapat menyediakan karbohidrat kompleks, yang merupakan alternatif sehat dan rendah kalori. Makan lebih sedikit kalori dapat membantu defisit kalori. Ini dapat membantu membakar lemak berlebih.

Kurangi stres

Selain makanan dan olahraga, menghindari stres menjadi cara mengecilkan perut buncit yang penting. Pelepasan hormon stres kortisol memengaruhi nafsu makan seseorang dan dapat menyebabkan makan lebih banyak.

Stres bisa membuat perut bertambah buncit. Stres membuat nafsu makan bisa meningkat dan mendorong penyimpanan lemak perut.

7 dari 7 halaman

Cara mengecilkan perut buncit

Hindari lemak jenuh

Lemak jenuh dan lemak trans dapat membahayakan, meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Mereka juga dapat menyebabkan penambahan berat badan dan terkait erat dengan perkembangan lemak perut. Penting untuk menghindari lemak jenuh untuk mengecilkan perut buncit.

Banyak bergerak

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak membawa serta banyak masalah kesehatan yang serius, termasuk penambahan berat badan.

Banyak bergerak dapat membantu menurunkan berat badan. Bergerak lebih banyak juga dapat memperkuat otot dan meningkatkan mood. Hindari banyak berbaring setiap hari. Pastikan untuk melakukan peregangan secara teratur saat duduk dalam waktu lama. Cobalah untuk berolahraga secara rutin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini