Sukses

50 Kata-Kata untuk Indonesia Tercinta, Bangkitkan Semangat Kemerdekaan

Liputan6.com, Jakarta Jelang perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tak cukup hanya dengan mengenang jasa para pahlawannya. Mendengungkan doa melalui kata-kata untuk Indonesia tercinta juga perlu dilakukan.

Pada perayaan hari Kemerdekaan nanti, jangan hanya sibuk membuat story atau memposting foto bendera. Cobalah untuk meresapi kata-kata untuk Indonesia tercinta. Pesan-pesan dari pahlawan yang gugur di medan perang hadir di sana.

Kata-kata untuk Indonesia tercinta akan menyadarkan bahwa Indonesia belum sepenuhnya merdeka dan terbebas dari penjajah. Perayaan hari Kemerdekaan hanyalah bentuk pengingat bahwa perjuangan belum selesai. Semangat kemerdekaan harus terus dikobarkan dan perjuangan harus terus dilakukan, demi kemajuan Indonesia yang sesungguhanya.

Berikut kumpulan kata-kata untuk Indonesia tercinta yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (16/8/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Kata-Kata untuk Indonesia Tercinta

1. “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah. Perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri. Dirgahayu Indonesia.”

2. “Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Dirgahayu Indonesia.”

3. “Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia.”

4. “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka. Dirgahayu Indonesiaku.”

5. “Entah bagaimana tercapainya persatuan itu, entah bagaimana rupanya persatuan itu, akan tetapi kapal yang membawa kita ke Indonesia Merdeka itulah Kapal Persatuan adanya.”

6. “Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya, MERDEKA!”

7. “Apakah kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong.”

8. “Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas. Asal rajin dan tak malas. Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas. Dirgahayu Indonesiaku.”

9. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Dirgahayu Indonesiaku.”

10. “Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta, Jasa yang punya tujuan “Merdeka atau Mati”, Saudaraku, mari kita bangkit bersama. Membangun negeri tercinta. Dirgahayu Indonesiaku.”

3 dari 6 halaman

Kata-Kata untuk Indonesia Tercinta

11. "Merah darahku merupakan ungkapan jika semangat yang terus berkobar tak akan padam sampai pada tetesan darah terakhir. Putih tulangku merupakan mental baja yang tak akan pernah pudar walaupun panasnya peluru menembus tubuh kita yang renta. Dirgahayu Indonesiaku."

12. "Tuhan menciptakan bangsa untuk maju melawan kebohongan elit kalangan atas, hanya bangsanya sendiri yang mampu merubah nasib negerinya sendiri. Dirgahayu Indonesiaku."

13. "Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam. Dirgahayu Indonesiaku."

14. "Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan."

15. "Jangan hanya di medsos saja semangat kemerdekaan dirasakan tetapi juga dalam hati kita tentu harus terus berkobar semangat mengisi kemerdekaan. Dirgahayu Republik Indonesia".

16. "Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta dan luka di sana. Ada tempat bertualang dan tempat pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku."

17. "Merah Putih dalam dada berkibar terhempas kibasan sayap burung garuda, untukmu Indonesia tercinta bukti perjuangan para pahlawan bangsa. Dirgahayu Indonesiaku."

18. "Bakarlah semangat juang layaknya darah yang bergejolak, kuatkan lah tekad dan tujuan bagai pohon yang memiliki akar yang kuat dan jadikanlah warna merah sebagai semangatmu dan warna putih sebagai tekadmu karena merah putih warna benderamu. Dirgahayu Indonesiaku."

19. "Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri. Dirgahayu Indonesiaku."

20. "Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemuda kita tidak bisa jika memang mau berjuang. Dirgahayu Indonesiaku."

4 dari 6 halaman

Kata-Kata untuk Indonesia Tercinta

21. "Apa pun untuk memperoleh kemenangan, betapa canggihnya perlengkapan persenjataan, hal itu bukanlah ukuran karena tekad kuat merupakan modal utama dalam menggapai sebuah tujuan yang memang mulia. Dirgahayu Indonesiaku.”

22. "Sang saka Merah Putih berkibar, tampak indah melambai-lambai, semangat juang kami terus berkobar, untuk gapai Indonesia makmur dan damai. Dirgahayu Indonesiaku."

23. "Kemerdekaan yang telah puluhan tahun diraih sepatutnya diapresiasi dengan terus berkarya dan berprestasi untuk Indonesia. Dirgahayu Indonesiaku."

24. "Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun."

25. "Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesiaku."

26. "Puncak kemerdekaan adalah pengetahuan tentang batas. Dirgahayu Indonesiaku."

27. "Suara-suara tak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan. Apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan. Dirgahayu Indonesiaku."

28. "Bunga mawar tidak pernah mempropagandakan harumnya, namun keharumannya sendiri menyebar melalui sekitarnya. Dirgahayu Indonesiaku."

29. "Menaklukkan ribuan manusia mungkin tidak disebut pemenang, tapi bisa menaklukkan diri sendiri disebut penakluk yang brilian! Dirgahayu Indonesiaku."

30. "Tidak ada satu negara yang benar-benar hidup jika tidak ada seperti kuali yang mendidih dan terbakar, dan jika tidak ada benturan keyakinan di dalamnya. Dirgahayu Indonesiaku."

5 dari 6 halaman

Kata-Kata untuk Indonesia Tercinta

31. "Jangan kamu pernah merasakan bahwa cinta yang kamu rasakan itu membuatmu derita, sungguh Tuhan memberikan cinta dalam hatimu adalah anugerah dan itu harus kamu syukuri."

32. "Kalau perempuan itu baik, maka jayalah negara. Tetapi kalau perempuan itu buruk, maka runtuhlah negara. Dirgahayu Indonesiaku."

33. "Laki-laki dan perempuan sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya: jika patah satu dari dua sayap itu, maka tak dapat terbang burung itu sama sekali."

34. "Jikalau ingin menjadi satu bangsa yang besar, ingin menjadi bangsa yang mempunyai kehendak untuk bekerja, perlu pula mempunyai imagination!"

35. "Untuk membangun negara yang demokratis, maka satu ekonomi yang merdeka harus dibangun. Dirgahayu Indonesiaku."

36. "Kita hidup dalam dunia ketakutan. Kehidupan manusia saat ini berkarat dan terasa pahit karena ketakutan akan masa depan, takut akan bom hidrogen, takut akan ideologi. Mungkin ketakutan ini adalah bahaya yang lebih besar daripada bahaya itu sendiri, karena ketakutanlah yang mendorong manusia untuk bertindak bodoh untuk bertindak tanpa berpikir, untuk bertindak berbahaya."

37. “Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di masa pancaroba, tetaplah bersemangat elang rajawali.“

38. "Negeri kita kaya, kaya-raya, Saudara-Saudara. Berjiwa besarlah, ber-imagination. Gali! Bekerja! Gali! Bekerja! Kita adalah satu tanah air yang paling cantik di dunia. Dirgahayu Indonesiaku."

39. "Suatu bangsa hanyalah menjadi kuat kalau patriotismenya meliputi patriotisme ekonomi. Ini memang jalan yang benar ke arah kekuatan bangsa, jalan yang jujur, jalan yang tepat. Dirgahayu Indonesiaku.”

40. "Sungguh Tuhan hanya memberi hidup satu kepadaku, tidak ada manusia mempunyai hidup dua atau tiga. Dirgahayu Indonesiaku."

6 dari 6 halaman

Kata-Kata untuk Indonesia Tercinta

41. “Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala dari pada masa yang akan datang. Dirgahayu Indonesiaku.”  

42. “Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu-membahu mewujudkannya. Dirgahayu Indonesiaku.”

43. “Kalau kita tidak bisa menyelenggarakan sandang, pangan di tanah air yang kaya ini, maka sebenarnya kita sendiri yang tolol, kita sendiri yang maha tolol.”

44. “Dari sudut positif kita tidak bisa membangunkan kultur kepribadian kita dengan sebaik-baiknya kalau tidak ada rasa kebangsaaan yang sehat. Dirgahayu Indonesiaku.”

45. “Bangsa adalah segerombolan manusia yang keras, ia punya keinginan bersatu dan mempunyai persamaan watak yang berdiam di atas satu geopolitik yang nyata satu persatuan. Dirgahayu Indonesiaku.”

46. “Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuat. Dirgahayu Indonesiaku.”

47. “Kamu orang ini betul-betul tidak mempunyai rasa kasihan kepada sesama hidup. Apa salahnya kijang itu kamu tembak? Bagaimana kalau kijang yang kamu tembak itu masih mempunyai anak kecil yang memerlukan pertolongan induknya? apakah kamu orang di sini kekurangan makan?”

48. “Bangsa yang terdiri dari kaum buruh belaka dan menjadi buruh antara bangsa-bangsa. Tuan-tuan hakim itu bukan nyaman. Tidaklah karenanya wajib tiap-tiap nasional mencegah keadaan itu dengan seberat-beratnya? Dirgahayu Indonesiaku.”

49. “Cita-cita kita dengan keadilan sosial adalah satu masyarakat yang adil dan makmur dengan menggunakan alat-alat industri, alat-alat teknologi yang sangat moderen. Asal tidak dikuasai oleh sistem kapitalisme. Dirgahayu Indonesiaku.”

50. “Apa yang sudah disepakati secara politik, jangan pernah diperdebatkan secara estetis. Dirgahayu Indonesiaku.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.