Sukses

20 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami, Aman dan Sehat

Liputan6.com, Jakarta Cara menurunkan berat badan secara alami harus dilakukan secara aman dan sehat. Menurunkan berat badan menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Ada banyak Cara Menurunkan Berat Badan secara alami yang bisa dilakukan.

Namun, penting mengetahui cara menurunkan berat badan secara alami yang aman dan sehat. Cara menurunkan berat badan secara alami yang sehat ini termasuk olahraga, melacak asupan kalori, dan mengurangi jumlah karbohidrat dalam makanan.

Cara menurunkan berat badan secara alami ini memang tidak instan. Namun, cara menurunkan berat badan secara alami ini terbukti aman dan sehat. Beriktu 20 cara menurunkan berat badan secara alami yang sehat dan aman, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (18/8/2020).

2 dari 9 halaman

Cara menurunkan berat badan secara alami

Kurangi asupan karbohidrat

Cara menurunkan berat badan secara alami yang pertama adalah mengurangi asupan karbohidrat terutama karbohidrat sederhana. Ketika asupan karbohidrat dikurangi, rasa lapar akan turun, dan kamu biasanya akan makan kalori yang jauh lebih sedikit.

Untuk menurunkan berat badan, kamu tidak perlu menghindari karbohidrat sepenuhnya. Cukup konsumsi karbohidrat kompleks dengan porsi yang terpantau.

Kurangi gula

Selain karbohidrat, gula juga perlu dikurangi saat ingin menurunkan berat badan. Makan banyak gula tambahan dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker. Meminimalkan asupan gula tambahan adalah cara yang bagus untuk memperbaiki pola makan. Hindari konsumsi minuman dan makanan yang mengandung banyak gula.

Hindari makanan yang diproses

Makanan yang diproses atau makanan olahan adalah makanan yang sebagian besar nutrisi dan serat bermanfaatnya telah dihilangkan. Makanan jenis ini bisa meningkatkan risiko makan berlebihan dan penyakit. Makanan olahan seperti tepung putih, roti putih, nasi putih, soda, makanan ringan, dan junk food.

3 dari 9 halaman

Cara menurunkan berat badan secara alami

Hitung jumlah kalori yang dikonsumsi

Cara menurunkan berat badan secara alami selanjutnya adalah menghitung jumlah kalori yang dikonsumsi. Ketika ingin menurunkan berat badan kamu harus menyadari semua yang kamu makan setiap hari. Cara paling efektif untuk melakukannya adalah dengan mencatat setiap item yang dikonsumsi, baik dalam jurnal atau pelacak makanan online.

Seimbangkan bakteri usus

Kesehatan usus juga akan memengaruhi manajemen berat badan. Menyeimbangkan jumlah bakteri baik bisa mendukung berat badan yang sehat. Konsumsi probiotik merupakan cara menyeimbangkan bakteri usus. Probiotik dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

4 dari 9 halaman

Cara menurunkan berat badan secara alami

Konsumsi protein

Diet tinggi protein dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Diet tinggi protein juga bisa membuat tubuh merasa lebih kenyang dan mengurangi nafsu makan. Tubuh membakar kalori saat mencerna dan memetabolisme protein. Ini membuat diet tinggi protein dapat meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori per hari. Protein yang bisa dikonsumsi di antaranya adalah telur, ayam, ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Konsumsi lemak sehat

Lemak sehat diperlukan untuk mendapatkan berat badan yang sehat. Lemak sehat diketahui bisa menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kolesterol jahat. Lemak sehat yang bisa dikonsumsi adalah alpukat, minyak zaitun, dan ikan berlemak.

Bumbui makanan dengan rempah

Menambahkan bumbu ke makanan dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Capsaicin pada cabai dan merica misalnya, bisa membantu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak. Capsaicin juga dapat mengurangi nafsu makan dan asupan kalori.

5 dari 9 halaman

Cara menurunkan berat badan secara alami

Konsumsi serat

Makanan kaya serat dapat membantu menurunkan berat badan. Makanan yang mengandung serat larut bisa membantu meningkatkan perasaan kenyang. Selain itu, banyak jenis serat dapat memberi makan bakteri usus yang baik.

Konsumsi buah dan sayur segar

Buah-buahan dan sayuran adalah makanan sehat yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Buah dan sayur segar tinggi air, nutrisi dan serat, mereka biasanya memiliki kepadatan karbohidrat yang sangat rendah.

6 dari 9 halaman

Cara menurunkan berat badan secara alami

Teh hijau

Minum teh hijau dikaitkan dengan banyak manfaat, seperti peningkatan pembakaran lemak dan penurunan berat badan. Teh hijau dapat meningkatkan pengeluaran energi dan pembakaran lemak. Untuk dapat menurunkan berat badan, konsumsilah teh hijau tanpa gula.

Hidrasi tubuh

Minum air cukup bisa membantu meningkatkan metabolisme. Minum air sebelum makan juga dapat membantu mengurangi jumlah yang dimakan. Mengganti minuman manis dengan air putih bisa membantu mengurangi jumlah total kalori yang dikonsumsi setiap hari.

7 dari 9 halaman

Cara menurunkan berat badan secara alami

Gunakan piring berukuran kecil

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunakan piring yang lebih kecil membantu seseorang makan lebih sedikit. Ini karena piring yang lebih kecil mengubah seseorang melihat ukuran porsi makanannya.

Makan dengan perlahan

Makan yang cepat atau terburu-buru bisa meningkatkan jumlah kalori yang dikonsumsi. Orang yang makan lebih cepat juga lebih mungkin mengalami obesitas. Cobalah untuk makan berlahan. Mengunyah lebih lambat dapat membantumu makan lebih sedikit kalori dan meningkatkan produksi hormon yang terkait dengan penurunan berat badan.

8 dari 9 halaman

Cara menurunkan berat badan secara alami

Tidur cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk menurunkan berat badan. Mendapatkan cukup tidur juga bisa mencegah penambahan berat badan di masa mendatang. Kualitas tidur yang buruk bisa mengganggu fluktuasi harian hormon nafsu makan. Efek ini membuat seseorang lebih cepat lapar dan meningkatkan kenaikan berat badan.

Hindari stres

Beberapa orang dengan stres tinggi cenderung memiliki risiko kenaikan berat badan yang tinggi. Cara menurunkan berat badan secara alami yang tak kalah penting adalah menghindari stres. Beberapa cara menghindari stres di antaranya adalah yoga, relaksasi, atau berekreasi.

Puasa

Puasa untuk siklus pendek dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Puasa intermiten misalnya, banyak digunakan untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari Medical News Today, puasa intermiten adalah pola makan yang melibatkan puasa jangka pendek teratur dan mengonsumsi makanan dalam jangka waktu yang lebih singkat di siang hari.

9 dari 9 halaman

Cara menurunkan berat badan secara alami

Olahraga kardio

Olahraga kardio seperti jogging, lari, bersepeda, jalan cepat, atau hiking adalah cara yang bagus untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan mental serta fisik.

Coba olahraga angkat beban

Dengan mengangkat beban, kamu akan membakar banyak kalori dan mencegah metabolisme melambat. Cobalah pergi ke gym tiga hingga empat kali seminggu untuk mengangkat beban.

Sikat gigi teratur

Selain meningkatkan kebersihan gigi, menyikat gigi bisa membantu mengurangi godaan ngemil di antara waktu makan. Hal ini dikarenakan banyak orang tidak suka makan setelah menggosok gigi. Ditambah, menyikat gigi bisa membuat makanan terasa tidak enak.