Sukses

5 Cara Memilih Roof Rack Mobil, Sesuaikan Kebutuhan

Liputan6.com, Jakarta Cara memilih roof rack mobil ternyata tidak bisa sembarangan. Sebab, tepat tidaknya pemilihan roof rack pada mobil bisa memengaruhi keselamatan dan performa dari mobil tersebut. Apabila cara memilih roof rack mobil terlanjur salah, maka akan merugikan tidak hanya pemilik mobil namun bisa juga merugikan pengendara di sekitar.

Penggunaan roof rack sendiri saat ini sudah cukup umum, sebab penggunaan roof rack bisa menambah kapasitas dari penyimpanan mobil yang sudah mungkin saja sudah penuh di bagian bagasi. Dengan begitu, apabila ingin pergi jauh ke luar kota membawa barang bawaan yang cukup banyak, roof rack adalah solusi terbaiknya.

Roof rack sebenarnya sudah sangat banyak dijual di pasaran dengan berbagai ukuran. Namun, dalam penggunaan roof rack, pemilik mobil harus memperhatikan beberapa aspek. Hal ini penting agar nantinya pengaplikasian roof rack tidak akan menimbulkan masalah.

Tapi, apakah semua mobil bisa menggunakan roof rack? Sesungguhnya semua mobil bisa menggunakan roof rack. Tapi yang paling penting adalah adanya crossbar. Jika tak ada crossbar, maka roof rack tak dapat dipasang. Lalu, jika mobil sudah dipastikan memilik crossbar, maka barulah Anda memperhatikan bagaimana cara memilih roof rack mobil yang benar.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber bagaimana cara memilih roof rack mobil yang benar tersebut, Selasa (18/8/2020).

2 dari 6 halaman

1. Cermati beban maksimum mobil

Cara memilih roof rack mobil yang pertama dimulai dari memahami berapa beban maksimum dari mobil tersebut. Hal ini mengingat tiap mobil memiliki kemampuan menahan beban yang berbeda-beda. Padahal, selain harus membawa barang-barang yang sangat banyak di roof rack, mobil juga akan menampung penumpang di setiap bangkunya. Belum lagi jika bagasi utama mobil terisi penuh dengan berbagai barang-barang.

Ketika beban maksimum yang bisa ditopang oleh mobil melebihi batas, maka tidak hanya akan mengganggu kenyamanan ketika berkendara, namun juga bisa meningkatkan risiko yang menyebabkan kecelakaan di jalan. Lalu bagaimana mengetahui beban maksimum dari mobil? Anda bisa mengetahui hal tersebut dengan membaca buku manual dari produk mobil milik Anda.

3 dari 6 halaman

2. Pilih bentuk roof rack yang tepat

Lalu, cara memilih roof rack mobil selanjutnya dengan memahami bagaimana bentuk dari roof rack yang akan Anda pasang di atap mobil. Sebab pemilihan bentuk roof rack yang salah dapat memengaruhi aerodinamis dan akhirnya menyebabkan performa mobil menurun.

Sebab, kondisi aerodinamis yang kurang baik, bisa menyebabkan laju mobil terhambat disebabkan terpaan angin yang tertahan. Hal ini akan membuat mobil membutuhkan tenaga ekstra untuk melaju sesuai dengan keadaan normalnya. Usaha tersebut membutuhkan bahan bakar lebih banyak sehingga membuat konsumsi bahan bakar mobil Anda menjadi lebih boros.

4 dari 6 halaman

3. Pilih bahan yang tepat

Cara ini tidak kalah penting untuk diperhatikan, Anda harus memahami bahan apa yang digunakan dalam pembuatan roof rack. Sebab roof rack adalah bagian teratas dari mobil dan material pembuat roof rack yang kurang baik akan berpotensi cepat rusak. Selain itu, bahan dari roof rack juga akan berpengaruh terhadap beban maksimal yang mampu ditopang oleh roof rack tersebut.

Salah satu bahan dari roof rack yaitu plastik ABS. Bahan ini cukup tahan perubahan cuaca, bobotnya juga tidak terlalu berat dan membebani mobil. Akan tetapi, beban dari barang yang ada di dalam roof rack tidak bisa seberat roof rack yang terbuat dari bahan baja.

Sedangkan roof rack yang terbuat dari baja adalah jenis roof rack yang paling berat, akan tetapi sudah bisa dipastikan jika roof rack ini yang paling kuat menopang beban. Tapi, hati-hati ketika akan membeli roof rack baja, sebab jika body mobil tidak memiliki kemampuan untuk menahan beban berat, maka akan membahayakan kondisi fisik dari atap mobil tersebut. Roof rack baja biasanya digunakan untuk mobil berjenis jip atau SUV yang memiliki kontruksi atap cukup keras.

5 dari 6 halaman

4. Cermati lapisan cat roof rack

Selain beberapa hal di atas, ternyata cat yang digunakan dalam mempercantik tampilan dari roof rack juga penting untuk diperhatikan. Ketika memilih roof rack, ada baiknya untuk memilih roof rack yang memiliki lapisan pelindung sinar ultraviolet. Sebab, adanya lapisan ini akan membuat roof rack lebih tahan apabila terkena sinar matahari secara terus-menerus. Lapisan pelindng tersebut juga tidak akan mudah berkarat saat terkena air hujan dan polusi terus menerus.

6 dari 6 halaman

5. Perhatikan kemudahan pemasangan

Cara memilih roof rack mobil yang terakhir adalah dengan memperhatikan kemudahan ketika melakukan bongkar pasang roof rack. Sebab, hal tersebut akan memudahkan Anda ketika akan melakukan pelepasan roof rack saat tidak digunakan, serta memudahkan proses pembersihan bagian atap dan juga roof rack.