Sukses

3 Cara Membuat Google Form yang Mudah dan Cepat

Ternyata cara membuat Google Form tidak butuh waktu lama, lho.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat Google Form penting dipahami. Sebab fitur dari Google ini akan membantu pekerjaan banyak orang. Apabila Anda mahasiswa, maka dengan memahami cara membuat Google Form, setidaknya bisa menggunakannya untuk mempermudah penelitian. Sedangkan bagi para pekerja kantoran, memahami bagaimana cara membuat Google Form tidak kalah penting. Sebab, Google form mampu mempercepat selesainya pekerjaan.

Namun, sebelum lebih jauh mengetahui bagaimana cara membuat Google Form, Anda harus memahami jika ada tiga serangkaian fitur Google yang akan menunjang kinerja dari Google Form tersebut. Ketika akan mencoba menggunakan dan membuat Google Form, maka pengguna disyaratkan sudah menjalankan fitur Google Documents, Spreadsheet, dan Slide.

Lanjut ke pembahasan lebih dalam mengenai Google Form, yang merupakan jenis platform khusus ciptaan Google yang menyediakan layanan formulir secara online. Dengan menggunakan Google Form Anda bisa mengelola dan menganalisis survey dengan benar, bahkan bisa juga mendapatkan hasil dengan instan dan tepat. Selain itu, Anda juga bisa meringkas hasil survey dengan mengubahnya menjadi grafik atau diagram.

Keuntungan lain dari memahami cara membuat Google Form, Anda juga bisa membuat polling quick count, formulir pendaftaran acara, hingga kuesioner kuis dengan mudah dan sudah pasti gratis. Google Form juga akan terhubung dengan Google Drive, sehingga anda bisa mengaksesnya dari perangkat apapun karena filenya tersimpan di penyimpanan cloud. Anda tidak perlu takut apabila data Anda akan hilang, karena semua data akan secara otomatis tersimpan di Google.

Nah, agar tidak membuat Anda semakin bertanya tentang bagaimana cara membuat Google Form, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum cara membuat Google Form yang pastinya sangat mudah dan singkat untuk Anda ikuti, Selasa (18/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Google Form

Sebelum mulai mempraktikkan cara membuat Google Form, pastikan apabila koneksi dari perangkat Anda stabil. Hal ini untuk menghindari adanya eror dalam pembuatan Google Form tersebut. Setelah itu ada baiknya untuk memastikan jika topik yang akan dimuat dalam Google Form sudah matang, sehingga tidak akan membuang waktu untuk melakukan perbaikan dari awal. Berikut ini langkah mudah dalam cara membuat Google Form:

1. Masuk ke akun Gmail milik Anda.

2. Buka situs https://docs.google.com/forms/

3. Selanjutnya, pilih 'Go to Google Form'

4. Lalu Anda bisa memilih beberapa opsi, seperti ‘Blank’ (ditunjukkan dengan lembar kosong yang memiliki simbol +) atau Anda juga bisa memilih template-template Google Form yang sudah tersedia.

5. Masukkan nama formulir sesuai yang Anda inginkan dengan mengklik ‘Untitled Form’ dan mengetikkan nama baru.

6. Selesai.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Kuesioner di Google Form

Salah satu keunggulan dari Google Form adalah banyaknya fitur yang ditawarkan. Berbagai fitur tersebut bisa dibilang cukup banyak sekali. Di dalamnya terdapat beberapa jenis pertanyaan yang cukup variatif dan bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa jenis pertanyaan yang bisa Anda berikan seperti pilihan ganda, jawaban singkat hingga kotak setuju/tidak setuju. Bahkan, Anda juga dapat menambahkan gambar dan video atau bahkan bisa juga meminta responden untuk mengunggah file dengan jenis yang ditentukan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Klik ‘Untitled Question‘ untuk memasukkan pertanyaan Anda.

2. Apabila Anda ingin mengubah jenis pertanyaan, klik panah kebawah (dropdown).

3. Untuk menentukan apakah responden harus menjawab pertanyaan, Anda hanya tinggal kilk ‘Required’

4. Namun, jika Anda ingin menambahkan pertanyaan baru, bisa dengan klik ‘Add Question’

5. Jika Anda mau menambahkan salinan pertanyaan yang sudah ada, klik ‘Duplicate’

6. Setiap perubahan yang dibuat akan secara otomatis disimpan.

7. Jika ingin melihat history perubahan yang Anda lakukan pada Google Form, cukup dengan klik ‘Preview’ (ikon mata) yang letaknya ada di pojok kanan atas.

8. Selesai.

4 dari 4 halaman

Cara Mengirim Google Form

Apabila kedua tahap cara membuat Google Form di atas sudah dilakukan, maka apabila Anda sudah melengkapi Google Form dan siap mengirimkannya pada responden, Anda bisa dengan mudah untuk langsung mengirimnya lewat email atau bisa juga dengan membagikan link menuju Google Form Anda lewat pesan chat. Ini cara lengkapnya:

1. Klik ‘Send’ yang letaknya ada di pojok kanan atas.

2. Apabila responden terbatas pada circle organisasi Anda, kumpulkan alamat email satu-persatu terlebih dahulu.

3. Selanjutnya Anda bisa memilih opsi dengan apa Google Form akan dikirimkan (sebarluaskan). Anda bisa mempersingkat URL lalu menyalinnya.

4. Tapi, jika Anda ingin mengirimkannya via media sosial, Anda hanya perlu memilih salah satu ikon media sosial yang tersedia.

5. Apabila Anda sudah selesai membagikan Google Form, Anda bisa melihat hasil survey yang sudah dilakukan pada bagian ‘Response’ yang tepat berada di sebelah kolom ‘Question’.

6. Untuk mengubah form ke versi spreadsheet, Anda hanya perlu klik ikon warna merah yang ada di pojok kanan atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini