Sukses

7 Makanan dan Minuman yang Bisa Turunkan Daya Tahan Tubuh, Harus Dihindari

Liputan6.com, Jakarta Makanan dan minuman yang bisa turunkan daya tahan tubuh harus kamu kenali agar bisa menghindarinya. Mempertahankan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh sangat penting bagi setiap orang agar terhindar dari sumber penyakit, baik virus maupun bakteri. 

Makanan dan minuman merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan dan juga menurunkan imunitas tubuh, selain olahraga. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar mengenali makanan dan minuman yang tepat agar daya tahan tubuh tidak menurun.

Makanan dan minuman yang bisa turunkan daya tahan tubuh harus dihindari konsumsinya. Sistem imun yang baik akan menghindarkan kamu dari penyakit dari luar. Bahkan, daya tahan tubuh yang baik tentunya dapat mengurangi potensi seseorang terkena virus COVID-19.  

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/8/2020) tentang makanan dan minuman yang bisa turunkan daya tahan tubuh.

2 dari 4 halaman

Kopi dan Daging Merah

Kopi

Kopi merupakan salah satu makanan dan minuman yang bisa turunkan daya tahan tubuh. Walaupun berbagai studi telah mengungkap berbagai manfaat baik dari kopi, namun jika berlebihan atau dikonsumsi mendekati jam tidur malah dapat menurunkan daya tahan tubuh. 

Kopi memberi efek tubuh terus terjaga, jika dikonsumsi mendakati jam tidur mampu membuat sulit tidur. Sedangkan, kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh.  Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi kopi juga memicu dehidrasi. Jadi, sebaiknya kamu mengurangi konsumsi kopi agar daya tahan tubuh tidak menurun.

Daging Merah

Makanan dan minuman yang bisa turunkan daya tahan tubuh selanjutnya adalah daging merah. Jika konsumsi secukupnya, daging merah akan memberikan banyak manfaat pada tubuh. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa daging merah berdampak buruk pada tubuh karena sulit untuk mencerna gula alami.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Digoreng dan Soda

Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng itu memang lezat, namun jika dikonsumsi berlebihan dapat menaikkan berat badan dan menurunkan daya tahan tubuh. Contohnya saja pada keripik kentang. Keripik kentang terlalu banyak mengandung garam dan minyak yang dapat melemahkan sistem imun dan memicu penyakit seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Soda

Makanan dan minuman yang bisa turunkan daya tahan tubuh selanjutnya adalah minuman bersoda. Soda merupakan minuman tinggi gula dan tidak memiliki nutrisi. Selain itu, adanya asam fosfat mengurangi kemampuan tubuh menyerap kalsium dan magnesium. Dengan mengurangi minuman bersoda dan menggantinya dengan air putih, kesehatan akan senantiasa terjaga.

4 dari 4 halaman

Makanan Olahan, Minuman Beralkohol, dan Permen

Makanan Olahan

Sebagai salah satu makanan dan minuman yang bisa turunkan daya tahan tubuh, makan olahan harus benar-benar dikurangi konsumsinya. Nugget, sosis, dan makanan olahan lainnya juga dapat menghancurkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena bahan-bahan dan gula yang terdapat di dalamnya mengacaukan sistem imun tubuh.

Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol merupakan salah satu makanan dan minuman yang bisa turunkan daya tahan tubuh. Konsumsi alkohol yang berlebihan, bahkan dalam jangka pendek, dapat mengubah sistem kekebalan tubuh kamu. Bahkan, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat mengakibatkan peningkatan kerentanan terhadap pneumonia, dan masalah pernapasan lainnya.

Konsumsi Permen Berlebihan

Permen atau kudapan manis lainnya memang enak dan dapat meningkatkan mood. Namun, jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan, konsumsi gula berlebihan ini dapat menyebabkan peradangan. Bahkan efek jangka panjangnya dapat melemahkan sel darah putih dalam mempertahankan antibodi dan melawan infeksi.

Oleh karena itu terlalu banyak mengkonsumsi gula dalam jangka panjang dapat melemahkan sistem imun serta memicu penyakit seperti diabetes dan kolesterol. Jadi, kamu harus menghindari konsumsi permen terlalu sering.