Sukses

10 Manfaat Salak Pondoh, Cegah Diabetes hingga Hipertensi

Liputan6.com, Jakarta Salak pondoh banyak tumbuh di daerah Sleman, Yogyakarta. Daging buah salak pondoh bergaris dan memiliki rasa manis seperti madu. Selain rasanya yang enak, ada segudang Manfaat Salak pondoh yang jarang sekali diketahui.

Sebelum mengetahui manfaat salak pondoh, ketahui dulu jenisnya. Ada banyak jenis salak pondoh yang paling sering dibudidayakan. Mulai dari salak pondoh merah, salak pondoh hitam, salak pondoh kuning, dan salak pondoh super. Hampir semua jenis salak pondoh memiliki bentuk daging dan rasa yang sama. 

Nah, manfaat salak pondoh berasal dari kandungan yang dimilikinya. Salak pondoh ini kaya serat, karbohidrat, zat besi, vitamin A, vitamin B2, dan vitamin C. Semua kandungan gizi salak pondoh ini sangat baik untuk kesehatan manusia.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat salak pondoh dari berbagai sumber, Rabu (19/8/2020).

 

2 dari 7 halaman

Massa Otot Tubuh dan Ibu Hamil

Massa Otot Tubuh

Memiliki tubuh yang ideal, tak cukup hanya dari berat badan. Massa otot tubuh juga harus seimbang dengan berat badan. Untungnya, massa otot tubuh bisa ditambah dengan manfaat salak pondoh.

Hal ini dipengaruhi oleh kandungan protein, vitamin C, dan karbohidrat dalam salak pondoh. Ketignya baik untuk menambah energi dan menjaga stamina tubuh manusia. Selain mengonsumsi salak pondoh, seimbangkan juga dengan olahraga dan konsumsi sayuran.

Ibu Hamil

Manfaat salak pondoh untuk ibu hamil dipengaruhi oleh kandungan zat besi yang dimilikinya. Zat besi ini bisa bantu mengatasi anemia pada ibu hamil. Begitu juga dengan mual di pagi hari pada ibu hamil muda.

Selain itu, ada pula kalisum yang baik untuk proses pembentukan tulang janin. Agar manfaatnya bisa dirasakan, konsumsilah secara rutin satu atau dua buah saja per harinya. Mengonsumsi berlebihan juga tak baik untuk kesehatan ibu.

3 dari 7 halaman

Diabetes

Bagi penderita diabetes atau khawatir dengan diabetes, pasti was-was jika ingin mengonsumsi makanan manis. Makanan manis bisa meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Hal ini pun sangat berbahaya bagi kesehatan penderita diabetes dan dapat memicu diabetes.

Nah, untung saja manfaat salak pondoh ini bisa dijadikan solusinya. Meskipun memiliki rasa manis seperti madu, tetapi salak pondoh memiliki pterostilbene yang dapat menurunkan glukosa dalam darah. Begitu juga dengan kulit ari salak pondoh yang dapat meregenerasi sel di pankreas.

Hal inilah yang kemudian membuat salak pondoh baik untuk penderita diabetes. Begitu juga baik untuk mencegah diabetes. Selain mengonsumsi dagingnya, merebus kulit ari salak pondoh juga dapat diandalkan.

 

4 dari 7 halaman

Mata dan Daya Ingat

Mata

Manfaat salak pondoh ini baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin A yang dimilikinya. Di dalam vitamin A terdapat beta karoten yang baik untuk mata.

Nah, bagi yang tidak suka mengonsumsi wortel, salak pondoh bisa dijadikan alternatifnya. Mengonsumsi salak pondoh secara rutin akan membuat penglihatanmu menjadi lebih sehat. Akan tetapi, tetap batasi dan jangan berlebihan mengonsumi. Konsumsilah secukupnya saja.

Daya Ingat

Ingin memiliki daya ingat yang baik, bisa mengandalkan manfaat salak pondoh. Manfaat ini dipengaruhi oleh kandungan potasium, beta-karoten, dan pektin. Semua kandungan ini sangat baik untuk meningkatkan aliran darah ke otak.

Tak heran jika salak pondoh dapat membuat kognisi dan daya ingat lebih baik. Selain daya ingat, salak pondoh juga bisa membantu menghilangkan stres. Hingga salak pondoh pun dapat menurunkan risiko penyakit neurodegenaratif.

5 dari 7 halaman

Kekebalan Tubuh dan Berat Badan

Kekebalan Tubuh

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik akan membuat kesehatan tubuh selalu terjaga dengan baik. Agar sistem kekebalan tubuh bisa selalu terjaga, cobalah konsumsi salak pondoh. Manfaat salak pondoh ini berasal dari kandungan yang dimilikinya.

Salak pondoh kaya senyawa polifenol dan flavonoid. Keduanya sangat baik untuk memerangi kerusakan sel dan jaringan tubuh. Selain itu, terdapat pula zat beta karoten atau antioksidan yang bisa cegah penyakit berbahaya. Mulai dari kardiovaskuler, stroke, hingga kanker.

Berat Badan

Manfaat salak pondoh sangat bisa diandalkan untuk menjaga berat badan. Hal inilah yang menjadikan salak pondoh cocok dikonsumsi bagi yang sedang diet. Selain menjaga berat badan ideal, buah ini pun bisa menurunkan berat badan berlebihan.

Manfaat ini berasal dari kandungan serat dan antioksidan yang dimilikinya. Begitu juga dengan kandungan kalisum dan karbohidrat. Keduanya sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi dan stamina tubuh manusia.

6 dari 7 halaman

Tekanan Darah

Banyak orang takut dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kondisi ketika tekanan darah berada pada angka 140. Untungnya, manfaat salak pondoh ini bisa dijadikan solusi menjaga tekanan darah.

Hal ini dipengaruhi oleh kandungan kalium yang dimilikinya. Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Begitu juga mengurangi ketegangan pembuluh darah dan arteri. Hingga tak heran jika mengonsumsinya dapat sekaligus menurunkan ketegangan sistem kardiovaskular.

7 dari 7 halaman

Pencernaan dan Kulit

Pencernaan

Manfaat salak pondoh tak hanya mampu menjaga berat badan, tetapi juga pencernaan. Manfaat ini bisa didapat dari daging buah dan kulit ari salak pondoh. Kulit ari salak pondoh mengandung serat, kalsium, tanin, saponin, flavonoid, dan beta karoten.

Semua nutrisi dari daging dan kulit ari salak pondohlah yang menjadikannya baik untuk pencernaan. Serat dari salak pondoh bisa mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa, racun, dan zat lain yang tak dibutuhkan tubuh. Hingga masalah sembelit dan diare dapat segera diatasi dengan mengonsumsinya.

Kulit

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata, pencernaan, diabetes, hingga hipertensi. Manfaat salak pondoh juga berdampak pada kulit. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Antioksidan dalam salak pondoh sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Menjaga kelembapannya dan menghindarkan dari radikal bebas. Jadi, jangan ragu lagi untuk mulai mengonsumsinya secara rutin, ya.