Sukses

10 Manfaat Sarapan dengan Oatmeal, Kenyang Lebih Lama

Liputan6.com, Jakarta Oatmeal merupakan menu sarapan praktis dengan beragam manfaat. Oat adalah salah satu biji-bijian tersehat di dunia. Oat bebas gluten sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Oat biasanya dimakan untuk sarapan sebagai oatmeal. Oatmeal dibuat dengan merebus atau menyeduh oat dengan air atau susu. Oatmeal memiliki tekstur seperti bubur. Oatmeal juga bisa dipadukan dengan buah atau topping lainnya.

Oatmeal menjadi sarapan praktis di pagi hari. Tak cuma mudah dibuat, sarapan ini sangat baik untuk kesehatan. Manfaat ini termasuk penurunan berat badan, menurunkan kadar gula darah dan penurunan risiko penyakit jantung.

Berikut manfaat sarapan dengan oatmeal, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (20/8/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat sarapan dengan oatmeal

Punya nutrisi seimbang

Oatmeal memiliki komposisi nutrisi yang seimbang dan lengkap. Oat adalah sumber karbohidrat dan serat yang baik. Oat juga mengandung lebih banyak protein dan lemak daripada kebanyakan biji-bijian.

Oatmeal adalah makanan kaya nutrisi yang mengandung banyak vitamin dan mineral sekaligus rendah kalori. Oat sarat dengan vitamin, mineral dan senyawa antioksidan penting. Oat mengandung mangan, fosfor, magnesium, tembaga, zat besi, seng, folat, dan vitamin B kompleks.

Kaya antioksidan

Oatmeal mengandung antioksidan tingkat tinggi. Secara khusus oat mengandung polifenol, senyawa nabati yang kaya avenanthramides. Avenanthramides adalah sejenis antioksidan yang ada hampir secara eksklusif ada pada oat.

Avenanthramides bermanfaat untuk meningkatkan produksi asam nitrat yang dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan meningkatkan aliran darah. Jenis antioksidan lain yaitu asam ferulic juga ditemukan dalam jumlah besar pada oat.

3 dari 6 halaman

Manfaat sarapan dengan oatmeal

Kaya serat larut

Oatmeal merupakan sumber serat larut yang baik. Oatmeal mengandung jenis serat larut yang disebut beta-glukan. Serat ini memiliki sejumlah manfaat seperti meningkatkan rasa kenyang, menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, serta meningkatkan pertumbuhan bakteri baik.

Beta-glukan juga telah terbukti membantu perjalanan neutrofil ke tempat infeksi lebih cepat. Ini bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghilangkan bakteri dan penyebab infeksi lainnya.

Bantu turunkan berat badan

Oat adalah makanan rendah kalori yang tinggi serat. Sarapan dengan oatmeal bisa meningkatkan rasa kenyang. Makan makanan yang mengenyangkan dapat membantu makan lebih sedikit kalori dan menurunkan berat badan. Serat larut beta-glukan bisa memperlambat laju pengosongan perut yang membuat tubuh kenyang lebih lama.

4 dari 6 halaman

Manfaat sarapan dengan oatmeal

Kontrol gula darah

Serat beta-glukan juga punya peran penting untuk mengontrol gula darah. Serat ini membentuk gel kental yang menunda pengosongan lambung dan penyerapan glukosa ke dalam darah. Beta-glukan dapat membantu meningkatkan respons insulin. Oatmeal dapat membantu menurunkan kadar gula darah, terutama pada orang yang kelebihan berat badan atau diabetes tipe 2.

Turunkan kolesterol

Beta-glukan juga bisa membantu menurunkan kolesterol. Beta-glukan dapat meningkatkan ekskresi empedu yang kaya kolesterol. Begitu masuk ke usus, ia mengikat asam empedu kaya kolesterol, yang diproduksi hati untuk membantu pencernaan. Beta glukan kemudian membawa asam ini ke saluran pencernaan dan akhirnya keluar dari tubuh.

Beta glukan menurunkan kolesterol lipoprotein densitas rendah, atau "kolesterol jahat", tetapi tidak memengaruhi kolesterol lipoprotein densitas tinggi, atau "kolesterol baik".

Ini bisa mengurangi kadar kolesterol yang bersirkulasi dalam darah. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki oat juga bisa mencegah proses oksidasi kolesterol jahat.

5 dari 6 halaman

Manfaat sarapan dengan oatmeal

Atasi sembelit

Oat adalah sumber serat yang kaya, baik larut maupun tidak larut, yang membantu mengatur pergerakan usus dan karenanya mencegah sembelit. Serat dalam oatmeal dapat membantu menjaga agar limbah di saluran pencernaan tetap bergerak. Makan oatmeal setiap hari bisa melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit.

Tingkatkan kualitas bakteri baik

Beta-glukan dalam oatmeal membentuk zat seperti gel saat bercampur dengan air. Larutan ini melapisi lambung dan saluran pencernaan. Lapisan ini kemudian menjadi makanan untuk bakter baik di dalam usus. Sarapan oatmeal bisa membantu meningkatkan laju pertumbuhan bakteri baik dan meningkatkan kesehatan usus.

6 dari 6 halaman

Manfaat sarapan dengan oatmeal

Sehatkan jantung

Antioksidan yang ada dalam oat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Antioksidan dalam oatmeal dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat. Selain itu, serat beta-glukan juga dapat menstabilkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol. Kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi merupakan faktor utama penyakit jantung.

Sumber magnesium

Oat juga merupakan sumber magnesium yang tinggi. Mineral ini merupakan kunci untuk fungsi enzim dan produksi energi. Magnesium juga embantu mencegah serangan jantung dan stroke dengan merelaksasi pembuluh darah, membantu otot jantung, dan mengatur tekanan darah. Kadar magnesium yang tinggi menutrisi penggunaan glukosa dan sekresi insulin yang tepat oleh tubuh.