Sukses

10 Penyebab Wanita Susah Hamil, Tak Hanya Kesuburan

Penyebab wanita susah hamil dipengaruhi kesuburan, endometriosis, hingga tumor.

Liputan6.com, Jakarta Dianugerahi kehamilan bagi beberapa wanita memang mudah. Sayangnya, sebagian lagi sangat kesulitan. Hal ini membuat penyebab wanita susah hamil penting untuk diketahui.

Penyebab wanita susah hamil ini bukan hanya karena kesuburan. Penyebabnya, bisa berupa kondisi medis yang berbahaya. Misalnya tumor, endometriosis, dan masih banyak lagi lainnya.

Ketika mengalami gejala dasarnya, lebih baik segera periksakan ke dokter kandungan. Tak terkecuali bagi para remaja dan wanita lajang yang kerap mengalami menstruasi tak teratur. Pemeriksaan sangat penting dilakukan karena terkadang, penyebab wanita susah hamil ini sangat sulit dikenali.

Berikut Liputan6.com ulas penyebab wanita susah hamil dari berbagai sumber, Jumat (21/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab Wanita Susah Hamil

Fibroid Rahim

Selain endometriosis, masih ada fibroid rahim. Fibroid merupakan tumor jinak yang tumbuh di dalam atau luar rahim. Kondisi ini bisa menyebabkan perdarahan abnormal dan infertilitas.

Sama seperti endometriosis yang menjadi penyebab wanita susah hamil. Fibroid pun demikian dan banyak wanita tak menyadarinya. Kesadaran ini sangat dipengaruhi oleh ukuran, lokasi, dan jumlah fibroid.

Sumbatan Tuba Falopi

Mengalami masalah pada sumbatan tuba falopi jelas akan menjadi penyebab wanita susah hamil. Hal ini disebabkan karena saluran tuba merupakan organ reproduksi yang menghubungkan ovarium dan rahim. Saluran tuba lah yang akan membawa telur dari ovarium ke rahim.

Jika terjadi sumbatan tuba falopi, maka sel telur tak bisa dibuahi oleh sperma. Implantasi hingga kehamilan menjadi mustahil untuk terjadi. Menurut sebuah laporan dari Advanced Fertility Center of Chicago, sekitar 20 hingga 25 persen dari semua kasus infertilitas yang didiagnosis di AS berasal dari faktor tuba.

3 dari 7 halaman

Penyebab Wanita Susah Hamil: Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) merupakan kondisi ketika wanita kelebihan hormon pria. Hal ini membuat penurunan kemampuan indung telur untuk matang dan melepaskan ke saluran tuba. Selain mengalami menstruasi tidak teratur, kondisi ini pun menjadi penyebab wanita susah hamil.

Sayangnya, banyak wanita pengidap PCOS tidak menyadari keadaannya. Penelitian terbaru menunjukkan perubahan gaya hidup sehat bisa menjadi solusi penyembuhan. Misalnya saja seperti penurunan berat badan, olahraga, dan diet rendah karbohidrat.

 

4 dari 7 halaman

Penyebab Wanita Susah Hamil

Rendahnya Ovarium

Rendahnya ovarium bisa menjadi penyebab wanita susah hamil. Hal ini disebabkan karena rendah berkaitan dengan berkurangnya jumlah dan kualitas telur. Dapat berarti pula, wanita dengan kondisi ini akan menghasilkan lebih sedikit embrio dan tingkat kehamilan sangat rendah.

Cadangan ovarium yang berkurang dapat memengaruhi orang-orang dari segala usia. Tes deteksi tingkat hormon dapat menentukan apakah perawatan infertilitas diperlukan. Namun,tes ini harus digunakan untuk membahas prognosis dengan pasien sebelum perawatan infertilitas dimulai.

Berat Badan Kurang

Berat badan kurang bisa membuat kesuburan wanita melemah. Tak heran jika berat badan kurang pun menjadi faktor penyebab wanita susah hamil. Wanita dengan berat badan kurang cenderung memiliki hormon leptin yang rendah.

Leptin merupakan hormon yang mengatur rasa lapar dan perasaan kenyang pada seseorang. Pada akhirnya berat badan rendah ini berpengaruh pada hormonnya. Hormonal yang bermasalah akan sebabkan gangguan ovulasi.

5 dari 7 halaman

Penyebab Wanita Susah Hamil

Obesitas

Tak hanya berat badan yang kurang, obesitas atau kelebihan berat badan juga menjadi masalah. Selain memicu penyakit berbahaya, obesitas pun bisa menjadi penyebab wanita susah hamil. Obesitas bisa pengaruhi kesuburan wanita.

Berat badan yang berlebih juga akan memengaruhi hormon wanita. Sama seperti ketika kekurangan berat badan. Wanita obesitas akan mengalami penurunan fungsi ovarium. Wanita dengan obesitas pun sangat berisiko mengalami PCOS.

Olahraga Berat

Berolahraga memang menyehatkan badan. Akan tetapi, olahraga berlebihan atau terlalu berat akan sangat berbahaya. Terutama bagi wanita yang ingin segera mendapat kehamilan. Pengaruhi kesuburan dan pelepasan sel telur.

Olahraga berat bisa menjadi penyebab wanita susah hamil. Hal ini disebabkan karena tingkat kesuburan wanita menurun drastis. Menurut penelitian Norwegian University of Science and Technology di 2010, olahraga berlebihan sebabkan wanita menggunakan energi kehamilan.

6 dari 7 halaman

Penyebab Wanita Susah Hamil: Menopause Prematur

Menopause prematur bisa menjadi penyebab wanita susah hamil. Menopause ini terjadi saat wanita mengalami diusia sebelum 45 tahun. Kondisi menopause jelas akan membuatnya tak akan bisa hamil.

Wanita yang sudah menopause artinya tak lagi menghasilkan sel telur. Wanita yang tak bisa menghasilkan sel telur tak mungkin mengalami kehamilan. Meskipun beberapa wanita ada yang mengandalkan sumbangan telur demi kehamilan.

Menopause prematur ini harus diwaspadai agar bisa segera ditangani. Gejala yang akan dialami wanita, yakni menstruasi tidak teratur dan kekeringan vagina. Beberapa ada yang hot flashes dan sering mengalami perubahan mood.

7 dari 7 halaman

Penyebab Wanita Susah Hamil

Anovulasi

Anovulasi pun bisa menjadi penyebab wanita susah hamil. Selain menopause, anovulasi juga menyebabkan wanita tak memiliki sel telur. Hal ini disebabkan karena ovulasi tak terjadi. Masalah ini kerap menghantui wanita yang menstruasinya tak teratur.

Beberapa obat, kondisi, dan faktor eksternal yang memengaruhi kadar hormon dapat menyebabkan anovulasi. Wanita usia subur biasanya tidak mengalami anovulasi kecuali ada sesuatu yang mengganggu kadar hormon tubuh atau merusak indung telur.

Endometriosis

Endometriosis akan lebih terasa ketika wanita mengalami haid atau menstruasi. Wanita dengan endometriosis akan merasakan sakit luar biasa pada kondisi menstruasi. Hal ini juga yang menjadi salah satu penyebab wanita susah hamil.

Endometriosis terjadi ketika jaringan bagian dalam rahim memasuki organ tubuh lainnya, seperti perut dan saluran tuba. Kondisi ini membuat jaringan berkembang di tempat yang salah. Sementara ketika di luar rahim, jaringan tak memiliki tempat untuk pergi dan kembali.

Ketika berada di luar akan terjadi pendarahan internal, peradangan, pelekatan, rasa sakit, dan infertilitas. Biasanya dokter akan merekomendasikan operasi untuk menanganinya. Hingga kehamilan bagi wanita tak bisa terjadi lagi.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini