Sukses

7 Ratu Dunia yang Terkenal dalam Sejarah, Salah Satunya Cleopatra

Beberapa ratu dunia ini tentunya sudah terkenal dalam sejarah dunia.

Liputan6.com, Jakarta Menelaah tentang sejarah memang selalu menarik perhatian. Selain itu, sejarah juga sangat identik dengan seorang raja ataupun ratu pada masa tersebut. Tak sedikit raja dan ratu dunia yang tentunya sudah dikenal oleh masyarakat dunia saat ini.

Raja ataupun ratu yang identik di suatu zaman tentunya memiliki peran penting dalam mengubah sejarah dunia hingga kini. Penemuan-penemuan yang kerap ditemukan oleh pakar sejarah pun tentunya tak lepas dari peran penting orang-orang yang berpengaruh terhadap perkembangan dunia.

Tak jarang ratu dunia yang terkenal pada masanya masih dikenal hingga kini. Tak sedikit pula potret ratu dunia yang terkenal ini diabadikan melalui sebuah lukisan ataupun karya seni yang menarik. Hal tersebut tentunya dapat membantu seseorang untuk kilas balik tentang ratu taupun raja yang memiliki peranan penting dalam sejarah dunia.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang ratu dunia yang terkenal dalam sejarah dan hingga kini masih dikenang, Jumat (21/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Cleopatra

Cleopatra merupakan salah satu ratu dunia yang terkenal dalam sejarah dunia. Nama Cleopatra tentunya sudah tak asing dan hampir dikenal oleh seluruh masyarakat dunia.

Cleopatra merupakan ratu dunia yang dipuja karena kecantikannya dan merupakan satu-satunya penguasa Mesir Kuno. Selain itu, Kekayaan dan ambisi Cleopatra tak mengenal batas.

Tentunya sudah banyak yang tahu tentang sejarah dari Cleopatra ini. Para seniman pun kerap mengabadikan potret Cleopatra ini dalam sebuah karya seni yang menarik sepeti lukisan ataupun patung.

Nama besar Cleopatra terabadikan dalam bentuk karya-karya seni rupa, baik yang kuno maupun modern, dan kejadian-kejadian yang pernah ia alami semasa hidup diabadikan dalam karya-karya sastra maupun media lainnya. Hal-ihwal pribadinya dijabarkan dalam karya-karya tulis historiografi Romawi dan puisi-puisi Latin.

3 dari 8 halaman

2. Elizabeth II

Ratu dunia selanjutnya yang hampir dikenal oleh seluruh masyarakat dunia adalah Ratu Elizabeth II. Masih hidup di usia hampir 100 tahun, tidak ada orang yang tidak mengenal Ratu Inggris Raya dan alam Persemakmuran ini. Ratu Elizabeth II selalu menjadi cookie yang tangguh di usianya yang tak lagi muda.

Kisah dan kehidupan tentang Ratu Elizabeth II tentunya kerap dibadikan dalam sebuah buku ataupun yang lainnya. Kisah hidupnya membuat dirinya dikenal oleh hampir seluruh masyarakat dunia. Berbagai peristiwa bersejarah juga terjadi selama masa pemerintahan Ratu Elizabeth, diantaranya peristiwa the Troubles di Irlandia Utara, Perang Falklands, dan Perang Afganistan. 

Ratu Elizabeth dan keluarga kerajaannya sering kali menerima berbagai kritikan dan kecaman dari media massa dan tokoh-tokoh pro-republik, namun popularitas pribadi dan dukungan yang mengalir untuk kerajaan tetap tinggi.

4 dari 8 halaman

3. Catherine The Great

Catherine The Great merupakan Ratu Rusia yang juga salah satu ratu yang terkenal dalam sejarah dunia. Ratu Catherine ini adalah Ratu paling bertanggung jawab untuk mengubah Rusia menjadi negara modern yang masih ditakuti di seluruh dunia.

Periode pemerintahan Catherine dianggap sebagai Zaman Keemasan Rusia. Sebagai pelindung seni, ia memimpin era Pencerahan Rusia, termasuk pendirian Smolny Institute for Noble Maidens, lembaga pendidikan tinggi wanita pertama yang didanai negara di Eropa. Banyak kota baru didirikan atas perintahnya di masa pemerintahannya.

5 dari 8 halaman

4. Rani of Jhansi

Rani of Jhansi merupakan seorang Ratu India. Ratu India ini memainkan peran besar dalam membantu India membebaskan diri dari para pemimpin Inggris mereka.

Rani adalah seorang ratu India dari negara bagian Jhansi. Dia adalah salah satu tokoh utama Pemberontakan India tahun 1857 dan menjadi simbol perlawanan terhadap Raj Inggris bagi kaum nasionalis India. Rani Lakshmibai lahir pada 19 November 1828 di kota Varanasi dari keluarga Brahmana Marathi Karhade.

6 dari 8 halaman

5. Marie Antoinette

Marie Antoinette merupakan seorang Ratu Prancis. Ratu Marie Antoinette adalah ratu terakhir Prancis sebelum Revolusi Prancis.

Dia dilahirkan sebagai seorang wanita agung dari Austria dan merupakan anak kedua dari belakang dan putri bungsu dari Permaisuri Maria Theresa dan Kaisar Francis I. Beberapa peristiwa terkait dengan Marie Antoinette selama Revolusi setelah pemerintah menempatkan keluarga kerajaan sebagai tahanan rumah di Istana Tuileries pada bulan Oktober 1789.

7 dari 8 halaman

6. Nefertiti

Nefertiti adalah Ratu Mesir kedua yang paling terkenal, Nefertiti sebagian besar dikenal karena memperkenalkan monoteisme ke Mesir.

Nefertiti dan suaminya dikenal karena revolusi agama, di mana mereka menyembah satu Tuhan saja, Aten, atau lingkaran matahari. Dengan suaminya, dia memerintah pada apa yang bisa dibilang periode terkaya dalam sejarah Mesir Kuno.

Sejarah tentang Ratu Mesir kedua yang paling terkenal ini tentunya kerap ditelaah oleh para ahli sejarah. Memiliki peran penting dalam perkembangan dunia, khususnya Mesir membuat nama Nefertiti dikenal oleh hampir seluruh masyarakat dunia.

8 dari 8 halaman

7. Ratu Victoria

Ratu dunia selanjutnya yang terkenal dalam sejarah dunia adalah Ratu Victoria. Nama Ratu Victoria sendiri tentunya sudah tak asing di telinga masyarakat dunia. Beberapa fakta unik tentang Ratu Victoria yakni sembilan anaknya digunakan untuk tujuan imperialistik, menikah dengan penguasa monarki di berbagai negara Eropa.

Pemerintahan Victoria ditandai oleh ekspansi besar-besaran dari Imperium Britania. Era Victoria adalah puncak dari Revolusi Industri, suatu masa perubahan sosial, ekonomi, dan teknologi yang penting di Britania Raya.

Pada masa tersebut, Imperium Britania mencapai puncaknya dan menjadi suatu negara adi kuasa yang digjaya. Pemerintahannya berlangsung 63 tahun, 216 hari, lebih lama dari raja atau ratu Britania Raya manapun sampai 9 September 2015 yang kemudian digantikan oleh anak sulung cicitnya, Ratu Elizabeth II sebagai penguasa Britania Raya terlama. 

Victoria, yang hampir sepenuhnya berdarah Jerman (kecuali dari leluhurnya Sophia dari Hanover yang merupakan cucu dari garis perempuan dari James I), adalah ratu terakhir dari Dinasti Hanover; penggantinya, Raja Edward VII berasal dari Dinasti Saxe-Coburg dan Gotha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini