Sukses

10 Cara Menghilangkan Bruntusan, Aman Pakai Bahan Alami

Cara menghilangkan bruntusan ini gunakan bumbu dapur, rempah, oatmeal, hingga lemon.

Liputan6.com, Jakarta Bruntusan merupakan kondisi kulit yang memerah dan kasar ketika diraba. Kulit bruntusan umumnya terjadi karena biang keringat, meski sebenarnya masih ada banyak penyebab lain. Hal inilah yang menjadikan cara menghilangkan bruntusan penting diketahui.

Cara menghilangkan bruntusan pasti sudah sangat biasa jika menggunakan bedak dan salep. Kondisinya akan berbeda jika bruntusan datang tiba-tiba, terasa sangat gatal, perih, dan tak tersedia bedak atau salep. Pada kondisi seperti ini, bahan alami bisa dijadikan solusinya.

Bahan alami seperti bumbu dapur, rempah, oatmeal, hingga lemon bisa dimanfaatkan. Cara menghilangkan bruntusan pakai bahan alami ini juga terbilang cukup aman. Namun, tetap waspadai iritasi dan segera bawa ke dokter untuk mendapat penanganan lebih baik.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan bruntusan dari berbagai sumber, Jumat (21/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Madu dan Teh Hijau

Madu

Madu pun bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bruntusan. Tak hanya bruntusan, sebenarnya madu bisa atasi kulit kusam dan berjerawat. Madu bisa mendinginkan kondisi kulit yang bruntusan dan merilekskannya.

Cara menghilangkan bruntusan dengan madu:

1. Cuci kulit yang bruntusan dan keringkan perlahan.

2. Oleskan madu secara merata pada bagian bruntusan.

3. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.

4. Bilas dengan air bersih.

5. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Teh Hijau

Teh hijau tak hanya nikmat diseduh. Teh hijau juga bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan bruntusan. Manfaat ini dipengaruhi oleh kandungan zat antioksidan teh hijau.

Kandungan ini sangat efektif untuk merawat kesehatan kulit. Mendinginkan dan meredakan rasa gatalnya. Terapkan kantung teh hijau dingin pada area bruntusan untuk merasakan manfaatnya.

3 dari 7 halaman

Putih Telur dan Tomat

Putih Telur

Putih telur memang sudah terkenal bisa jaga kesehatan kulit. Memadukan putih telur dengan lemon bisa diandalkan untuk redakan bruntusan. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan asam dan putih telur.

Cara menghilangkan bruntusan dengan putih telur:

1. Campurkan putih telur dan lemon.

2. Oleskan secara merata pada bagian bruntusan.

3. Diamkan selama 20 menit sampai mengering.

4. Bilas bagian bruntusan sampai bersih.

5. Keringkan bagian ini dengan perlahan.

Tomat

Buah tomat juga bisa diandalakan sebagai cara menghilangkan bruntusan. Tomat bisa memberikan rasa dingin pada bagian yang gatal dan perih. Tomat bisa diterapkan dengan memotong atau menjadikannya masker.

Cara menghilangkan bruntusan dengan tomat:

1. Siapkan tomat secukupnya.

2. Bersihkan atau cuci tomat yang sudah disediakan.

3. Potong tomat secara melingkar.

4. Bersihkan area bruntusan dan keringkan perlahan.

5. Tempelkan potongan tomat pada area bruntusan.

6. Diamkan 10-15 menit.

7. Kemudian bilas dengan air bersih.

8. Keringkan secara perlahan.

4 dari 7 halaman

Kayu Manis dan Oatmeal

Kayu Manis

Kayu manis bisa dipakai sebagai cara menghilangkan bruntusan. Bahan alami ini efektif menghilangkan ruam atau buntusan pada wajah dan tubuh. Bruntusan akan memudar dan wajah kembali cantik alami.

Cara menghilangkan bruntusan dengan kayu manis:

1. Campurkan satu sendok teh jus lemon dengan satu sendok teh bubuk kayu manis.

2. Larutan keduanya secara merata tanpa gumpalan.

3. Bersihkan dan keringkan bagian bruntusan.

4. Oleskan secara merata pada bagian yang bruntusan.

5. Biarkan dulu kira-kira 15 menit.

6. Jika dirasa sudah cukup, bilas dengan air hangat.

7. Lakukan perawatan 1-2 kali dalam seminggu.

Oatmeal

Oatmeal mengandung bahan antioksidan dan ampuh mengatasi iritasi. Terutama iritasi yang sampai sebabkan kulit bruntusan. Oatmeal akan memberikan efek mendinginkan serta membuat kulit jadi lebih lembut.

Cara menghilangkan bruntusan dengan oatmeal:

1. Campurkan oatmeal dengan air hangat dan biarkan mekar.

2. Kemudian diamkan sejenak sampai agak dingin.

3. Aplikasikan pada wajah atau kulit bagian lain yang mengalami bruntusan.

4. Biarkan selama 30 menit kemudian baru dibilas dengan air dingin.

5 dari 7 halaman

Air Dingin dan Lemon

Air Dingin

Jika tak memiliki bumbu dapur dan rempah sama sekali, coba gunakan air dingin. Cara menghilangkan bruntusan dengan air dingin cukup sederhana. Cara ini juga terbilang cukup ampuh dan aman.

Sensasi dingin akan membantu meredakan gatal karena menenangkan sel syaraf. Oleh karena itu, apabila bruntusan terasa gatal, jangan digaruk. Lebih baik dikompres saja dengan air dingin sampai gatalnya mereda.

Lemon

Bagi yang hanya memiliki lemon di rumah dan mengalami bruntusan, coba manfaatkan. Akan tetapi jika ada bahan lain, sebaikanya hindari lemon. Lemon akan lebih berisiko bikin iritasi.

Lemon memiliki sifat antiseptik dan anti peradangan. Iris tipis lemon, kemudian aplikasikan di area yang bruntusan. Biarkan sejenak dan rasa gatal akan terasa berkurang. Jika bereaksi kulit akan terasa lebih dingin.

6 dari 7 halaman

Minyak Cengkeh dan Lidah Buaya

Minyak Cengkeh

Cara menghilangkan bruntusan dengan minyak cengkeh akan bersifat seperti salep. Biasanya minyak cengkeh juga digunakan di tempat SPA. Minyak cengkeh mengandung bahan eugenol.

Bahan ini mampu mengatasi rasa gatal dan menenangkan kulit bruntusan. Sebelum mengaplikasikannya, bersihkan bagian bruntusan dan keringkan. Lalu campurkan minyak cengkeh dengan sedikit air dan oleskan.

Lidah Buaya

Memberikan efek dingin, lidah buaya mampu meredakan rasa gatal akibat bruntusan. Lidah buaya kaya vitamin E dan ampuh mengatasi luka bakar. Selain luka bakar, gatal akibat iritasi juga bisa disembuhkan.

Cara menghilangkan bruntusan dengan lidah buaya:

1. Siapkan lidah buaya yang masih berlendir.

2. Cuci bersih dan pastikan lendir tak sepenuhnya hilang.

3. Aplikasikan gel lidah buaya yang berlendir di area yang bruntusan.

4. Kemudian bilas dengan air dingin.

 

7 dari 7 halaman

Penyebab Bruntusan Selain Keringat

Eksim atau dermatitis

Eksim adalah peradangan pada kulit yang bisa terjadi karena zat iritan, bahan alergen, kulit terlalu kering, atau bisa disebabkan oleh stres. Gejala yang ditimbulkan oleh eksim adalah bintil kasar kemerahan yang disertai rasa gatal atau perih di kulit.

Infeksi jamur

Infeksi jamur juga tidak terlepas dari beruntusan. Biasanya, beruntusan akibat jamur dirasakan sangat gatal, cenderung meluas dan bertambah banyak bila tidak diobati. Lokasinya juga lebih sering di bagian tubuh yang lembap, seperti pada lipatan ketiak, lipat payudara, dan lipat paha.

Infeksi virus

Kondisi lainnya yang bisa memberikan beruntusan adalah infeksi virus. Beberapa jenis infeksi virus dapat menyebabkan kulit terasa kasar dan biasanya disertai dengan ruam kemerahan serta demam dan gatal. Ruam dan beruntusannya juga lebih menyeluruh (dapat mengenai seluruh area tubuh) dan bersifat akut.

Folikulitis

Peradangan di sekitar folikel rambut oleh bakteri juga bisa menyebabkan bisul-bisul kecil seperti beruntus. Bila peradangannya tidak terlalu berat, maka keluhan tidak akan timbul.

Jerawat

Jerawat juga menyebabkan beruntusan, baik di wajah ataupun di punggung. Beruntusan ini dapat disertai warna kemerahan ataupun tidak. Pada jerawat, beruntusan terjadi karena adanya sumbatan di sekitar folikel rambut yang bila tidak ditangani dapat menyebabkan peradangan.

Alergi obat

Beberapa tipe alergi obat juga dapat memberikan tampilan kulit beruntusan dan disertai dengan ruam kemerahan, sama seperti pada infeksi virus. Namun pada alergi obat, biasanya tidak disertai dengan demam dan ditemukan riwayat penggunaan obat tersangka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini