Sukses

15 Cara Memutihkan Kulit Belang dengan Bahan Alami, Mudah dan Aman

Liputan6.com, Jakarta Kondisi kulit tubuh yang menjadi terlalu gelap akibat berjemur atau melakukan aktivitas di bawah terik matahari, memang cukup mengganggu dan bisa mengurangi penampilan. Itulah mengapa, penting untuk megetahui bagaimana cara memutihkan kulit belang yang bisa mengembalikan penampilan.

Tidak perlu banyak merogoh kocek untuk mempraktikkan cara memutihkan kulit belang tersebut. Sebab cara memutihkan kulit belang bisa menggunakan berbagai bahan alami yang dengan mudah didapat dengan harga relatif murah.

Selain harga bahan alaminya yang murah, menggunakan bantuan bahan alami untuk memutihkan kulit yang belang juga sangat aman bagi hampir semua jenis kulit sensitif. Hal ini karena tidak adanya bahan kimia berbahaya yang bisa menimbulkan masalah kesehatan pada kulit.

Berikut ini Liputan6.com rangkum cara memutihkan kulit belang menggunakan bahan alami, tentunya yang mudah untuk dipraktikkan di rumah, Sabtu (22/8/2020).

2 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Kulit Belang

1. Madu

Cara memutihkan kulit belang yang pertama dengan madu. Bahan alami ini memang selain memutihkan juga mampu menghaluskan kulit, karena madu sendiri juga merupakan pelembab alami yang efektif. Cara penggunaan madu untuk memutihkan kulit belang sangat sederhana, yaitu:

a. Oleskan madu secukupnya pada bagian tubuh yang belang.

b. Biarkan beberapa menit hingga mengering.

c. Lalu, bilas menggunakan air dingin.

Anda bisa melakukan cara memutihkan kulit belang ini beberapa kali agar hasilnya lebih maksimal.

 

2. Bengkoang

Bengkoang memiliki kandungan berupa vitamin B dan C melimpah yang bermanfaat untuk memutihkan kulit serta dapat mencegah penuaan dini. Anda bisa menggunakan bengkoang sebagai lulur mandi alami dengan cara berikut:

a. Parut halus bengkoang secukupnya dan peras.

b. Diamkan bengkoang beberapa saat supaya mengendap.

c. Gunakan endapan tersebut sebagai lulur mandi.

Sedangkan untuk sisa parutannya, jangan lansgung dibuang dulu. Sisa parutan tersebut bisa menjadi scrub yang baik untuk mengangkat sel kulit mati.

 

3. Putih Telur

Kandungan protein yang tinggi pada putih telur bermanfaat dalam regenerasi kulit dan mampu mengangkat sel kulit mati. Selain itu, penggunaan putih telur juga ampuh dalam memutihkan bagian tubuh yang belang. Berikut langkah-langkahnya:

a. Siapkan 1 butir telur ambil putih telurnya.

b. Kocok putih telur hingga berbusa, lalu tambahkan madu atau jeruk nipis.

c. Oles rata ke bagian tubuh yang belang dan diamkan 30 menit.

d. Langkah terakhir, bilas menggunakan air hangat.

Anda bisa melakukan perawatan ini secara rutin sebelum mandi agar kulit belang dapat hilang dengan cepat.

3 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Kulit Belang Selanjutnya

4. Mentimun

Mentimun cukup terkenal dapat menghilangkan mata panda dan mampu menghambat pigmentasi serta menjaga kulit tetap segar. Adanya kandungan vitamin C serta asam caffeic dalam mentimun sangat berguna dalam mencerahkan dan melembapkan kulit. Ini langkah mudahnya:

a. Haluskan mentimum hingga berbentuk pasta dengan blender tanpa tambahan air.

b. Kemudian, oleskan pasta tersebut ke bagian tubuh yang belang.

c. Biarkan selama 30 menit.

d. Selanjutnya, bilas menggunakan air bersih.

 

5. Air Beras

Sejak zaman dahulu, beras sangat dikenal baik dalam memutihkan kulit. Hal tersebut tidak lepas dari kandungan asam ferullic dan allantonin yang berguna dalam memutihkan sekaligus melindungi kulit. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu:

a. Siapkan air cucian beras.

b. Saring air cucian beras ke dalam wadah.

c. Selanjutnya biarkan air beras mengendap.

d. Gunakan endapan tersebut sebagai lulur untuk mengatasi kulit yang belang.

 

6. Lemon

Selain beberapa jenis bahan alami di atas, Anda juga bisa menggunakan lemon. Buah yang memiliki rasa asam ini mengandung antioksidan serta vitamin C yang tinggi sehingga juga dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kulit. Berikut ini langkah untuk menggunakan lemon sebagai pencerah kulit:

a. Ambil 1 buah lemon dan peras airnya.

b. Lalu, oles rata air perasan lemon pada kulit yang belang.

c. Diamkan selama beberapa menit hingga mengering.

d. Kemudian, bilas dengan menggunakan air bersih.

4 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Kulit Belang dengan Bahan yang Tradisional

7. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah tradisional yang memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Kunyit juga memiliki kandungan vitamin C tinggi yang mampu mencerahkan kulit sekaligus membantu pengelupasan kulit, sehingga akan membuat kulit belang menjadi lebih cerah Caranya ikuti langkah-langkah berikut ini:

a. Campurkan bubuk kunyit maupun kunyit yang diparut secukupnya dengan air perasan lemon.

b. Aduk seluruh bahan hingga berbentuk seperti pasta.

c. Setelah itu, oleskan ke seluruh area kulit yang belang.

d. Tunggu beberapa menit sebelum dibilas menggunakan air bersih.

 

8. Lidah Buaya

Kandungan aloesin pada lidah buaya bermanfaat untuk menghambat pembentukan melanin pada kulit dan mencegah kulit menjadi gelap. Dengan menggunakan lidah buaya secara teratur, kulit  belang akan menghilang lebih cepat. Berikut langkah mudahnya:

a. Oleskan gel lidah buaya secara merata ke bagian kulit yang belang.

b. Kemudian, diamkan selama 15 menit.

c. Lalu bilas menggunakan air hingga bersih.

 

9. Susu dan Yogurt

Susu memiliki fungsi dalam melembutkan, meremajakan, serta memutihkan kulit. Sedangkan yogurt mengandung asam laktat yang berguna untuk melembapkan kulit dan membantu meningkatkan produksi kolagen. Anda cukup mengikuti langkah mudah pengaplikasiannya seperti berikut ini:

a. Campurkan susu dan yogurt secukupnya.

b. Lalu, oles rata pada kulit yang belang sambil dipijat.

c. Setelah itu, biarkan dahulu selama 30 menit.

d. Terakhir, bilas bersih menggunakan air dingin.

5 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Kulit Belang yang Tak Kalah Efektif

10. Air Kelapa Muda

Selain menyegarkan air kelapa muda juga dapat memperbaiki tekstur kulit dan menjadikan kulit lebih lembap serta halus. Tak hanya itu, air kelapa muda juga mengandung antioksidan dan cytikinin yang mampu mencegah penuaan dini. Cara penggunaan air kelapa ini cukup berbeda dengan cara memutihkan kulit belang lainnya. Sebab, Anda hanya perlu meminum air kelapa saja dengan rutin. Tapi jangan beri tambahan gula, ya. Sebab kandungan gula terlalu banyak justru membuat asupan kalori di tubuh Anda bertambah.

 

11. Pepaya

Selain baik untuk pencernaan, pepaya juga baik untuk mengatasi berbagai masalah kulit, salah satunya warna kulit yang tidak merata atau belang. Nutrisi dalam buah pepaya seperti vitamin C, asam pantotenik, vitamin E, dan banyak vitamin lainnya, berguna untuk menjaga kesehatan kulit serta mencegah penuaan dini. Ini cara aplikasinya:

a. Haluskan pepaya secukupnya.

b. Lalu oleaskan rata pada area kulit yang belang.

c. Selanjutnya, diamkan beberapa saat hingga mengering.

d. Bilas menggunakan air yang bersih.

 

12. Kentang

Kentang memiliki kandungan mineral serta antioksidan yang dapat membantu mempercepat regenerasi kulit, memperlambat penuaan dini, dan menghilangkan serta menyamarkan bekas luka. Untuk merasakan manfaat dari kentang Anda bisa mencoba langkah berikut ini:

a. Tumbuk atau haluskan kentang yang telah direbus sebelumnya.

b. Tambahkan 2 sdm susu.

c. Aduk keduanya hingga berbentuk pasta.

d. Lalu, aplikasikan pada kulit yang belang.

e. Setelah itu, biarkan selama 30 menit, sebelum dibilas dengan air bersih.

6 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Kulit Belang Lainnya

13. Ampas Kopi Hitam

Ampas kopi hitam mengandung kafein yang berguna dalam mencerahkan kulit. Ampas kopi juga bermanfaat sebagai eksfoliasi kulit sehingga dapat membuat kulit Anda menjadi cerah dengan cepat. Caranya seperti berikut ini:

a. Campurkan ampas kopi dengan sedikit madu murni.

b. Lalu, oleskan campuran bahan tersebut ke area kulit yang belang.

c. Diamkan dahulu selama 30 menit.

d. Bilas dengan air dingin.

 

14. Tomat

Adanya kandugnan antioksidan dalam tomat yaitu lycopine dapat berfungsi, berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan tabir surya alami sehingga mampu membuat kulit tubuh kembali cerah sekaligus berkilau. Buah tomat juga mengandung vitamin C dan E yang baik untuk kulit. Untuk membuat kulit cerah dan tidak belang, berikut caranya:

a. Haluskan atau tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur.

b. Lalu, aplikasikan pada kulit yang belang.

c. Biarkan selama 30 menit.

d. Terakhir, Anda bisa membilasnya menggunakan air yang bersih.

 

15. Minyak Zaitun

Dari sekian banyak manfaat minyak zaitun bagi tubuh, salah satunya yatu mampu mencerahkan kulit yang belang. Minyak zaitun juga dapat menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit karena kandungan zat linoleic acid di dalamnya. Ikuti cara berikut ini agar hasilnya maksimal:

a. Siapkan 4 sdm minyak zaitun dan 2 sdm madu murni.

b. Campur seluruh bahan dan aduk hingga rata.

c. Oleskan ke bagian kulit yang belang hingga rata.

d. Diamkan 15 menit dan bilas bersih.

Cukup mudah dan praktis bukan cara memutihkan kulit belang di atas? Nah, memang segala cara yang alami tidak begitu saja muncul hasilnya dengan cepat. Maka dari itu lakukan berbagai cara memutihkan kulit belang di atas secara rutin. Semoga berhasil, ya.