Sukses

6 Obat Luka karena Cipratan Minyak Panas dengan Bahan Alami

Luka akibat cipratan minyak merupakan salah satu jenis luka bakar.

Liputan6.com, Jakarta Obat luka karena cipratan minyak panas penting untuk diketahui dan dipahami cara penggunaanya. Sebab obat luka karena cipratan minyak panas bisa menjadi tindakan pertolongan pertama yang efektif ketika timbulnya cedera akibat minyak panas tersebut. Mengingat luka akibat cipratan minyak tergolong dalam luka bakar.

Dalam terminologi medis, luka bakar diklasifikasikan menurut tingkat keparahannya. Luka bakar tingkat pertama umumnya hanya mengenai lapisan luar kulit. Luka bakar tersebut dianggap masih cukup ringan jika dibandingkan dengan luka bakar tingkat ke dua atau tiga, yang sudah pengaruhi lapisan kulit lebih dalam.

Pada tingkat ke dua atau tiga tersebut, biasanya sudah terbentuk luka bakar lecet dan telah merusak semua lapisan kulit jauh di dalamnya. Bahkan bagi luka bakar tingkat ke tiga sudah termasuk ke dalam darurat medis dan hanya boleh dirawat di rumah sakit.

Umumnya luka bakar cukup membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga minggu untuk sembuh sepenuhnya jika dirawat dengan benar dan segera ditangani. Begitu juga luka bakar karena minyak yang bisa cepat sembuh apabila diberikan obat luka karena cipratan minyak panas yang tepat.

Ada obat luka karena cipratan minyak panas yang berasal dari bahan alami. Di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum jenis obat luka karena cipratan minyak panas dari bahan alami tersebut dari berbagai sumber, Sabtu (22/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Lidah Buaya

Melansir NDTV.com obat luka karena cipratan minyak panas yaitu menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi, itulah mengapa lidah buaya akan menjadi obat penyembuh yang sangat baik.

Penggunaan lidah buaya juga bisa meningkatkan sirkulasi di sekitar luka bakar dan selanjutnya akan mencegah pertumbuhan bakteri di area tersebut. Dengan kata lain, lidah buaya dapat mencegah mencegah kemungkinan timbulnya infeksi di area yang sakit.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, oleskan gel lidah buaya murni yang diambil dari daun tanaman lidah buaya ke area yang terluka. Namun, apabila Anda menggunakan produk lidah buaya yang dibeli di toko, pastikan produk lidah buaya tersebut mengandung lidah buaya dalam konsentrasi tinggi.

3 dari 7 halaman

2. Madu

Selanjutnya, dilansir dari situs medicalnewstoday.com, pada 2018 terdapat sebuah studi yang menemukan bahwa madu mungkin bisa memberikan beberapa manfaat klinis saat seseorang menggunakannya untuk mengobati luka bakar.

Dengan mengoleskan madu ke perban, lalu meletakkannya ke atas kulit yang mengalami luka bakar bisa membantu mensterilkan area tersebut sehingga terhindar dari infeksi. Hal tersebut juga dapat menenangkan kulit yang terbakar serta dapat meredakan rasa sakit yang timbul dari luka bakar tersebut.

4 dari 7 halaman

3. Minyak Kelapa

Penggunaan minyak kelapa sebagai salah satu obat luka karena cipratan minyak panas, merupakan sebuah cara yang bisa dikatakan cukup tradisional. Dilansir dari NDTV.com, minyak kelapa mengandung vitamin E yang tidak hanya berguna untuk mengobati luka bakar tetapi juga mampu untuk menyembuhkan kulit.

Cara aplikasi minyak kelapa tersebut dengan mencampurkan setengah sendok teh air perasan lemon ke satu sendok teh minyak kelapa. Selanjutnya pijat perlahan pada bagian yang luka tersebut. Campuran lemon sendiri berguna sebab kandungan asamnya akan membantu meringankan gejala luka bakar tersebut. Sedangkan minyak kelapa mengandung banyak khasiat salah satunya anti-jamur yang dapat mencegah infeksi pada luka bakar.

5 dari 7 halaman

4. Cuka

Cuka memiliki kandungan berupa asam asetat yang dapat membantu meredakan nyeri, gatal, dan peradangan. Cuka juga mampu menghilangkan sensasi panas dan sakit akibat luka bakar. Caranya cukup mudah, Anda tinggal ambil kapas dan celupkan ke dalam satu sendok teh cuka. Setelah itu oleskan ke area yang terbakar dengan lembut supaya luka terasa dingin. Cuka juga memiliki sifat astringen yang dapat mencegah infeksi.

6 dari 7 halaman

5. Teh Hijau

Selanjutnya, Anda bisa juga menggunakan teh hijau sebagai obat luka karena cipratan minyak panas. Banyak penelitian menunjukkan jika teh hijau memiliki sifat anti inflamasi dan anti oksidatif. Selain itu, dari beberapa penelitian telah dilakukan juga menunjukkan efek menguntungkan teh hijau pada pasien luka bakar.

Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine, yang mendapatkan hasil bahwa teh hijau sangat efektif menyembuhkan luka bakar, bahkan hingga luka bakar tingkat dua sekalipun.

7 dari 7 halaman

6. Air Dingin

Lalu, obat luka karena cipratan minyak panas yang terakhir adalah dengan mengalirkan air dingin ke luka bakar. Dilansir dari medicalnewstoday.com dengan mengaliri luka bakar akibat minyak selama 20 menit, maka selain membuat kulit menjadi terasa dingin juga ampuh untuk meredakan luka bakar dan mencegah cedera lebih lanjut.

Maka dari itu, pastikan Anda sudah memahami apa saja obat luka karena cipratan minyak panas di atas sebagai pertolongan pertama. Tentunya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan selanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini