Sukses

5 Fakta Terbaru Kebakaran Kantor Kejaksaan Agung, Arsip Penyidikan Aman

Arsip Penyidikan Aman di Kantor Kejaksaan Agung aman dari kebakaran.

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran hebat terjadi di Gedung Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Jalan Sultan Hasanuddin Dalam, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (22/8/2020). Kebakaran terjadi sekitar pukul 19.00 WIB.

Lebih dari 50 mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api yang melalap gedung tersebut. Bahkan hingga Minggu (23/8/2020) dini hari, petugas pemadam masih terus berusaha memadamkan api di gedung di Kejaksaan Agung agar tidak merembet lebih luas. 

Menurut Jimmy Christian Sammasaat selaku Kapolsek Kebayoran Baru, penyebab kebakaran hebat ini diduga berasal dari lantai 6 gedung utama.

"Api diduga dari antai 6 sampai sekarang api masih besar. Kami bersama-sama dengan pemadam ini untuk berusaha menguasai api," ungkap Kapolsek Kebayoran Baru, AKBP Jimmy Christian Sammasaat dihubungi, Sabtu (22/8/2020).

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas fakta terbaru kebakaran kantor Kejaksaan Agung, Minggu (23/8/2020). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Diduga Penyebabnya dari Lt 6 Gedung Utama

Jimmy Christian Samma selaku Kapolsek Kebayoran Baru menjelaskan, kebakaran gedung Kejaksaan Agung diduga berawal dari lantai 6 Gedung Utama Kejaksaan Agung.

"Api diduga dari antai 6 sampai sekarang api masih besar. Kami bersama-sama dengan pemadam ini untuk berusaha menguasai api," ucap dia saat dihubungi, Sabtu (22/8/2020).

Meski begitu, Jimmy mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran gedung Kejaksaan Agung. 

3 dari 6 halaman

2. Api melalap lantai 3 hingga 6 Gedung Utama Kejaksaan Agung.

Kebakaran hebat yang terjadi di Gedung Kejaksaan Agung Republik Indonesia ini melalap lantai 3 hingga 6 gedung ini. Kabar ini dikonfimasi oleh Agung Hari Setiono selaku Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan. 

Hari mengatakan lantai 3 dan 4 gedung tersebut merupakan ruangan untuk Bidang Intelejen. Sementara 5 dan 6 adalah Bidang Pembinaan dan Kepegawaaian Kejaksaan Agung.

"Sementara ini dilaporkan gedung lantai 6, lantai 5 bidang pembinaaan dan kepegawaian, lantai 3 intelijen, lantai 4 inteljen," ucap Hari.

4 dari 6 halaman

3. Arsip penyelidikan-penyidikan aman

Kendati demikian, arsip-arsip penyelidikan maupun penyidikan Kejaksaan Agung aman dari kebakaran. Pasalnya, arsip-arsip penyedikan berbeda gedung dari pusat kebakaran. 

 Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi ini sudah memastikan arsip-arsip penyelidikan maupun penyidikan Kejaksaan Agung aman dari kebakaran.

"Ini bukan di tempat gedung penyidikan, jadi (kebakaran) ini lantai atas di ruang kepegawaian dan biro umum. Penyidikan berbeda gedung," ujar Setia Untung dalam keterangannya di media televisi nasional, Sabtu (22/8/2020).

 

5 dari 6 halaman

4. Kendala Pemadaman

Sebanyak 200 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan si jago merah. Namun, hingga Minggu (23/8/2020) dini hari, petugas pemadam masih terus berusaha memadamkan api di gedung di Kejaksaan Agung agar tidak merembet lebih luas.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Satriadi Gunawan menjelaskan, kendala yang dihadapi jajarannya saat memadamkan api di Gedung Utama Kompleks Kejaksaan Agung Republik Indonesia itu. 

Api yang sudah terlanjur merambat telah menghanguskan seluruh ruangan di sebagian Gedung Utama Kejaksaan Agung menjadi kendala dalam proses pemadaman gedung ini. 

"Iya (kendala) memang ini ada perambatan, Tadi kita saksikan ada sekitar tujuh lantai. Ini sebelah selatan memang sudah terjadi, sudah terdampak kebakaran tinggal kita melokalisir jangan sampai terjadi perambatan sampai ke utara gedung ini," kata Satriadi di lokasi, Sabtu (22/8/2020).

6 dari 6 halaman

5. Polda Metro Turunkan Tim Labfor dan Inafis

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Meski begitu, kebakaran yang melanda Gedung Kejaksaan Agung tersebut cukup besar dan menyebabkan kerusakan parah. Untuk mengungkapkan penyebab kebakaran, pihak Polda Metro turunkan Tim Labfor dan Inafis. 

Kabar ini dikonfirmasi oleh Nana Sudjana selaku Kapolda Metro Jaya Irjen. Ia mengungkapkan telah menurunkan tim Puslabfor dan Inafis untuk menyelidiki penyebab kebakaran di Gedung Kejaksaan Agung RI di Jakarta Selatan pada hari ini Mingu (23/8/2020). 

"Hari ini tim Labfor dan Inafis sudah kita turunkan untuk mengungkap penyebab kebakaran," kata Irjen Pol Nana di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (23/8/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini