Sukses

Zumi Zola dan Sherrin Tharia Resmi Cerai, Ini 6 Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengejutkan datang dari kehidupan rumah tangga artis sekaligus politikus Zumi Zola dan Sherrin Tharia. Pasangan yang menikah pada Maret 2012 ini dikabarkan sudah resmi bercerai. Seperti diketahui, Sherrin telah melayangkan gugatan cerai sejak 26 MAret 2020 ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Dalam materi gugatannya, istri Zumi Zola ini mengaku ingin berpisah karena rumah tangganya sudah tak harmonis. Tak hanya itu, Sherrin Tharia juga mengaku kurang kasih sayang dari Zumi Zola. Apalagi kini pria kelahiran 31 Maret 1980 itu tengah mendekam di penjara karena kasus korupsi.

Sidang perdana perceraian keduanya telah digelar pada 17 Juni 2020 yang beragendakan mediasi. Dalam mediasi itu, kedua belah pihak sepakat mengakhiri rumah tangga yang dibangun sejak 2012. Kini permohonan cerai Sherrin Tharia terhadap Zumi Zola dikabulkan oleh Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Setelah menjalani beberapa kali persidangan secara online atau virtual, Zumi Zola dinyatakan resmi bercerai dengan Sherrin Tharia pada 12 Agustus 2020. Berikut beberapa fakta Zumi Zola dan Sherrin Tharia yang resmi bercerai, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (25/8/2020).

2 dari 7 halaman

1. Zumi Zola ikhlas

Zumi Zola yang tengah mendekam di Lapas Sukamiskin, Bandung terkait kasus korupsi dan gratifikasi saat menjabat sebagai Gubernur Jambi digugat cerai oleh sang istri. Ia juga telah menerima gugatan yang dilayangkan oleh Sherrin. Menurut keterangan dari majelis hakim, dari hasil persidangan sebelumnya Zumi Zola menerima gugatan cerai dari sang istri.

"Ketika ditanyakan oleh ketua majelis hakim, pihak kuasa hukum dari tergugat (Zumi Zola) menyatakan bahwa tergugat itu tidak keberatan untuk berpisah dengan istrinya," kata Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Cece Rukmana pada 25 Juni 2020.

3 dari 7 halaman

2. Sudah melakukan mediasi

Sherrin Tharia diam-diam menggugat cerai Zumi Zola ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada 26 Maret 2020. Proses perceraian keduanya pun sudah berlangsung. Sidang perdananya digelar pada 17 Juni 2020 lalu yang beragendakan mediasi. Namun saat mediasi itu, Zumi Zoa dan Sherrin sepakat mengakhiri rumah tangga yang dibangun selama 8 tahun.

"Nah, ternyata mereka bisa ditengahi tapi cerainya tetap. Cerainya dengan kesepakatan. Yang ditengahi mengenai hak asuh anak dan biaya untuk anaknya,” tutur Mediator nonhakim yang menangani perceraian Zumi Zola, Kadi pada 1 Juli 2020.

4 dari 7 halaman

3. Nafkah untuk anak

Dari pernikahan itu, keduanya dikaruniai dua orang anak yaitu Zameer Zahid Abyadh Zola dan Zhafran Ziyadh At-Thahirah Zola. Untuk nafkah kedua anak Zumi Zola, mantan Gubernur Jambi itu diharuskan mengeluarkan uang 20 juta rupiah setiap bulan.

“Ya, sudah clear buat itu dan tinggal nunggu putusan aja nanti. Karena tadi sudah disepakati anak diasuh oleh ibunya dan biaya dari ayahnya,” jelas Kadi.

“Itu isi mediasi. Biaya anaknya sekitar 20 juta rupiah seingat saya. Mereka sudah sepakat. Buat nanti tanggal 8 Juli itu urusan majelis hakim,” imbuhnya.

5 dari 7 halaman

4. Resmi bercerai

Permohonan cerai Sherrin Tharia terhadap Zumi Zola dikabulkan oleh Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Setelah menjalani beberapa kali persidangan secara online atau virtual, Zumi Zola dinyatakan resmi bercerai dengan Sherrin Tharia pada 12 Agustus 2020.

Hal itu juga telah disampaikan oleh Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Cece Rukmana, saat dihubungi wartawan, Senin (24/8/2020).

"Yang pasti majelis hakim sudah memberikan putusan pada 12 Agustus 2020," ujar Cece Rukmana.

6 dari 7 halaman

5. Tidak dijelaskan secara detail

Kendati demikian, Cece Rukmana tidak bisa menjelaskan secara detail hasil putusan sidang cerai tersebut. Kini Zumi Zola dan Sherrin Tharia sudah tak lagi menjadi pasangan suami istri.

"Cek aja di SIPP, ya," ujar Cece Rukmana

7 dari 7 halaman

6. Tidak mempermasalahkan harta

Bukan hanya itu, dalam gugatannya Sherrin Tharia tak mempermasalahkan harta gono-gini. Cece mengatakan Sherrin Tharia tidak memiliki permintaan khusus kepada Zumi Zola. termasuk masalah harta gono gini dan hak asuh anak.

"Tidak ada tuntutan khusus (Sherrin Tharia ke Zumi Zola)," kata Cece.