Sukses

9 Cara Hilangkan Karat di Jam Tangan, Mudah Dipraktikkan

Tidak perlu khawatir saat jam tangan berkarat. Cara menghilangkannya sangat mudah.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai salah satu aksesoris yang hampir setiap hari digunakan untuk beraktivitas, jam tangan tentu menjadi rentan terkena berbagai kotoran dan zat yang bisa menyebabkan karat. Timbulnya karat tersebut akan mengurangi penampilan dari jam tangan itu sendiri. Selain itu, adanya karat bisa berbahaya bagi umur dari jam tangan tersebut, sebab rentang menjadikan jam tangan terkena korosi.

Sebenarnya, apabila sudah terlanjur berkarat tidak perlu repot-repot membawanya ke tukang servis jam. Kamu bisa mempraktikkan cara hilangkan karat di jam tangan di rumah. Bahan yang digunakan untuk menunjang hasil dari cara hilangkan karat di jam tangan tersebut cukup mudah ditemukan. Bahkan beberapa di antaranya sudah seharusnya ada sebagai perlengkapan rumah tangga.

Untuk membahas mengenai cara hilangkan karat di jam tangan lebih dalam, serta apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang proses penghilangan karat di jam tangan tersebut, berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Rabu (26/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Hilangkan Karat di Jam Tangan yang Pertama

1. Jeruk nipis

Cara hilangkan karat di jam tangan yang pertama yaitu dengan menggunakan bantuan jeruk nipis. Mungkin manfaat jeruk nipis sendiri sudah tidak asing di dunia kecantikan dan kesehatan. Tapi ternyata jeruk nipis juga efektif sebagai penghilang karat dari benda logam seperti jam tangan.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan karat yaitu dengan memeras air jeruk nipis dan larutkan dengan sedikit air. Campuran air yang digunakan janagan terlalu banyak, sebab dikhawatirkan akan mengurangi kadar asamnya. Setelah itu, campurkan larutan tersebut dengan garam.

Apabila larutan tersebut sudah siap, kamu bisa merendam jam tangan ke dalam cairan jeruk nipis tersebut sembari menggosok bagian yang berkarat dengan kertas aluminium. Tapi ingat, jangan lupa bilas dengan air bersih setelah proses penghilangan karat selesai.

2. Cuka

Menggunakan cuka untuk menghilangkan karat sebenarnya juga sama halnya dengan menggunakan jeruk nipis, yaitu memanfaatkan kadar asam yang ada di dalam cuka tersebut. Sebenarnya jenis cuka yang digunakan bisa jenis cuka putih atau cuka apel. Gunakan saja yang paling mudah untuk kamu dapatkan.

Cara hilangkan karat di jam tangan dengan cuka sangat mudah, yaitu dengan menyiapkan wadah yang bisa menampung jam tangan, lalu tuang seluruh cuka ke dalam wadah tersebut hingga jam tangan terendam.

Setelah terendam seluruh bagian jam tangan, maka diamkan dahulu semalaman. Jika sudah didiamkan semalaman, maka kamu bisa menggosok bagian yang berkarat dengan sikat gigi bekas agar noda karat terangkat. Usahakan jangan menggunakan serabut aluminium karena dikhawatirkan meninggalkan goresan pada jam tangan.

3. Asam sitrat

Asam sitrat sebenarnya sangt mudah ditemukan terutama di toko bahan kimia. Cara hilangkan karat di jam tangan dengan asam sitrat terbilang sangat mudah, yaitu dengan melarutkan bubuk asam sitrat dengan air. Selanjutnya aduk hingga tercampur rata.

Kemudian, rendam jam tangan ke dalam larutan yang sudah disiapkan selama semalaman. Lalu, angkat dan gosok jam tangan menggunakan sikat gigi atau spons hingga karat menghilang. Selanjutnya bilas dan keringan jam tangan.

3 dari 4 halaman

Cara Hilangkan Karat di Jam Tangan Selanjutnya

4. Serbuk teh

Serbuk teh ternyata tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Kamu bisa memanfaatkan serbuk teh untk menghilangkan karat yang cukup membandel di jam tangan. Cara aplikasinya cukup mudah.

Pertama-tama campurkan satu sendok makan garam atau baking soda dengan air perasan jeruk lemon. Selanjutnya tambahkan satu sendok makan serbuk teh lalu oleskan campuran tersebut ke bagian jam tangan yang berkarat. Diamkan selama 30 menit lalu gosok dengan sikat atau spons dan bilas hingga bersih.

5. Kentang

Kandungan asam oksalat pada kentang sangat efektif untuk menghilangkan noda karat. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengiris kentang tipis-tipis. Selanjutnya beri irisan kentang tersebut sedikit baking soda. Jika sudah, gosokkan pada bagian arloji yang sudah karatan. Sebelum dibilas, kamu bisa memanfaatkan kertas aluminium untuk menggosok bagian yang berkarat tersebut agar jam tangan berkilau.

6. Minuman bersoda

Cara ini sempat viral di media sosial beberapa tahun lalu. Salah satu jenis minuman bersoda yang bisa membantu menghilangkan karat adalah jenis minuman bersoda berwarna hitam seperti cola. Caranya, rendam jam tangan berkarat ke dalam wadah berisi cola. Lalu diamkan hingga semalaman. Jika sudah, angkat dan gosok perlahan menggunakan kertas aluminium dan sikat halus sebelum dibilas.

4 dari 4 halaman

Cara Hilangkan Karat di Jam Tangan yang Terakhir

7. Baking soda

Baking soda sudah sangat terkenal ampuh dalam membersihkan berbagai bahan seperti porselen hingga logam. Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan karat cukup dengan mencampur baking soda dengan air hingga berbentuk seperti pasta.

Setelah itu, oleskan ke bagian jam tangan yang berkarat dan diamkan terlebih dahulu selama 1 jam. Jika sudah, kamu bisa menggosoknya dengan sikat dan bilas hingga bersih.

8. Solar

Ternyata solar bisa digunakan untuk menghilangkan karat. Caranya sangat mudah, yaitu rendam jam tangan berkarat dengan solar sembari digosok dengan sikat. Jika sudah jangan lupa untuk membilas dengan sabun cuci piring hingga bersih dan keringkan dengan benar.

9. Rust remover

Apabila berbagai cara hilangkan karat di jam tangan sebelumnya belum terlihat hasil yang memuaskan, maka kamu mungkin perlu sedikit usaha untuk membeli rust remover di toko bahan bangunan atau di supermarket khusus perkakas.

Memang, harga rust remover cukup mahal jika dibandingkan bahan-bahan sebelumnya, namun tentunya lebih efektif. Untuk menggunakan rust remover dalam menghilangkan karat cukup dengan mengikuti petunjuk penggunaan yang ada di kemasan produk rust remover tersebut.

Tapi, pastikan sebelum kamu mempraktikkan berbagai cara hilangkan karat di jam tangan tersebut, jam tangan milikmu memiliki fitur anti air. Hal ini untuk mencegah mesin jam tangan justru rusak karena kemasukan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini