Sukses

10 Manfaat Kentang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Kentang memang lebih populer dikenal sebagai sumber makanan yang kaya karbohidrat. Banyak pula yang mengira, kentang hanya bisa dijadikan pengganti nasi pengidap diabetes. Padahal sebenarnya, ada segudang Manfaat Kentang untuk kesehatan yang jarang sekali diketahui. 

Manfaat kentang untuk kesehatan ini berasal dari kandungan yang dimiliki kentang. Tak hanya karbohidrat, tetapi ada vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan asam folat. Kandungan ini ampuh dijadikan sebagai obat penenang, anti kejang, anti jamu, dan pestisida.

Tak heran jika kemudian, manfaat kentang untuk kesehatan ampuh atasi berbagai macam penyakit. Mulai dari jantung, kanker, diabetes, tekanan darah, hingga pencernaan. Meski kaya manfaat, jangan hanya mengolahnya dengan cuma-cuma. Pastikan untuk mengolahnya dengan benar, direbus dan dibakar.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat kentang untuk kesehatan dari berbagai sumber, Kamis (27/8/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Jantung dan Kanker

Jantung

Memiliki masalah jantung memang kekhawatiran yang tak boleh disepelekan. Masalah jantung, bahkan bisa ancam nyawa seseorang. Nah, manfaat kentang untuk kesehatan ini bisa membantu menjaga jantungmu.

Manfaat ini disebabkan karena kentang rendah kolesterol. Begitu juga ada banyak kandungan serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol darah. Hingga risiko penyakit jantung dan stroke bisa benar-benar dihindarkan.

Terdapat pula kandungan kalium yang turunkan risiko penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), kandungan kalium dalam kentang dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Kanker

Kanker termasuk penyakit yang tak kalah mengerikan dari penyakit jantung. Untuk bisa mencegah dan meminimalisir kanker, cobalah manfaat kentang untuk kesehatan ini. Kentang mengandung folat yang berperan dalam sinesis dan perbaikan DNA.

Peran ini dapat mencegah berbagai jenis sel kanker. Begitu juga dengan vitamin C dan quercetin yang bisa berperan sebagai antioksidan. Antioksidan ini sangat baik untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

3 dari 7 halaman

Diabetes

Manfaat kentang untuk kesehatan mampu atasi diabetes. Tak heran kalau kebanyakan pasien diabetes disarankan dokter mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. Hal ini disebabkan karena kentang ampuh kontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Meningkatnya kontrol gula darah akan sangat terbantu dengan zat pati yang dimiliki kentang. Konsumsilah dengan menyimpan kentang rebus di lemari es selama satu malam. Kemudian konsumsilah kentang pada keesokan harinya dalam keadaan dingin.

Meskipun kentang bebas gluten, tetapi tidak semua resep makanan dari kentang benar-benar bebas gluten. Beberapa hidangan kentang yang mengandung gluten seperti dalam saus, atau roti kentang. Bagi yang memiliki penyakit celiac atau sensitivitas gluten, jangan ceroboh.

4 dari 7 halaman

Tekanan Darah dan Obesitas

Tekanan Darah

Manfaat kentang untuk kesehatan pun baik jaga tekanan darah. Tak hanya menurunkan tekanan darah tinggi, kentang juga mampu jaga kadar normalnya. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan kalium dalam kentang yang lebih kaya dari buah pisang.

Kalium merupakan sumber mineral baik menurunkan tekanan darah dengan merangsang pembuluh darah melebarkan ukurannya. Tak hanya kalium, masih ada kalsium dan magnesium, yang bisa kendalikan tekanan darah normal.

Obesitas

Selain mampu sehatkan sistem pencernaan, manfaat kentang untuk kesehatan juga ampuh atasi masalah obesitas. Tak hanya karena kandungan serat dan karbohidratnya. Manfaat ini juga dipengaruhi oleh vitamin dan mineral kentang.

Meski begitu, hindari mengolahnya dengan cuma-cuma. Hindari menggunakan mentega, garam, micin, sampai minyak goreng. Tak heran jika kentang memang cocok untuk program diet. Serat pangan dalam kentang sangat ampuh jaga rasa kenyang pengonsumsinya.

5 dari 7 halaman

Pencernaan

Memiliki sistem pencernaan yang baik tentu dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Jika ingin memiliki kesehatan ini, coba andalkan manfaat kentang untuk kesehatan.

Kentang sangat kaya kandungan serat yang sangat baik untuk menjaga pencernaan. Bahkan rutin mengonsumsi serat bisa mencegah jenis kanker pencernaan, terutama kanker usus besar.

Perlu diingat, bahwa kentang bisa mengandung alkaloid, solanin, dan chaconine yang beracun. Meski begitu tenang saja, kentang yang dimasak pada suhu tinggi (lebih dari 170 derajat selsius) kemungkinan besar akan menghancurkan sebagian zat-zat beracun.

Mewaspadainya sangat perlu dilakukan. Akibat dari zat beracun ini bila dikonsumsi dalam jumlah banyak akan ganggu kesehatan. Sebabkan sakit kepala, lemah, kram otot, dan bisa menyebabkan kehilangan kesadaran, dan koma.

6 dari 7 halaman

Otot dan Otak

Menjaga kesehatan otot dan otak juga bisa mengandalkan kentang. Manfaat kentang untuk kesehatan ini dipengaruhi oleh kandungan kolinnya. Kolin dalam kentang dapat memaksimalkan gerakan otot, menstabilkan hati, dan meningkatkan daya ingat otak.

Satu kentang berukuran besar mengandung 57 miligram kolin. Sementara, tubuh pria dewasa membutuhkan sebanyak 550 miligram kolin. Kemudian wanita membutuhkan 425 miligram kolin per hari.

Tak hanya bermanfaat untuk otot dan otak manusia. Kolin juga dapat membantu mempertahankan struktur membran sel. Termasuk mentransmisikan impuls saraf, penyerapan lemak, dan perkembangan otak anak.

Menurut University of Maryland Medical Center, vitamin B6 dalam kentang membantu menciptakan bahan kimia otak seperti serotonin, dopamin, dan noreprinefrin. Kalium dalam kentang juga bisa mendorong pelebaran pembuluh darah dan membantu memastikan otak cukup mendapatkan darah.

7 dari 7 halaman

Kulit Kering dan Mata Panda

Kulit Kering

Selain kesehatan jantung hingga pencernaan, manfaat kentang untuk kesehatan pun baik untuk kulit. Terutama bagi yang memiliki masalah kulit kering.

Cobalah membuat masker kentang untuk merasakan manfaatnya. Kentang sangat baik untuk memberikan nutrisi dan melembabkan kulit. Termasuk berperan sebagai penyegar alami dengan dijadikan toner.

Mata Panda

Mata panda pun dapat diatasi dengan manfaat kentang untuk kesehatan. Lingkaran berwarna hitam di sekitar mata dan bengkak bisa dihilangkan. Hal ini dipengaruhi oleh khasiat alaminya yang ampuh cerahkan kulit.

Untuk bisa merasakan manfaat ini, coba buat masker kentang. Gunakan kentang yang sudah dipotong-potong atau jus kentangnya. Kemudian letakkan pada mata dan bengkak. Agar hasilnya bisa lebih maksimal, gunakan masker ini lebih rutin.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS