Sukses

Dropship Adalah Penjualan Barang Tanpa Stok, Ketahui Strateginya

Ketahui penjelasan lengkap tentang dropship adalah pejualan barang tanpa stok.

Liputan6.com, Jakarta Dropship adalah penjualan barang tanpa stok. Tentu saja, dropship sangat cocok bagi yang ingin memulai usaha tanpa modal. Meski tanpa modal, dropship tetap bisa membuat pelakunya meraup banyak keuntungan.

Jika dibandingkan dengan reseller, menjual dengan metode dropship lebih mudah. Pelaku hanya perlu menjual dan tak perlu banyak mengurus barang. Bisa dikatakan, dropship adalah bentuk pemasarannya.

Kunci keberhasilan dropship adalah strategi. Mulai dari memilih produk dan partner dropshipper. Kemudian memerhatikan nilai jual hingga membuat branding.

Berikut Liputan6.com ulas dropship adalah penjualan barang tanpa stok dan strateginya dari berbagai sumber, Kamis (27/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Dropship Adalah Penjualan Barang Tanpa Stok

Dropship adalah salah satu metode penjualan online yang sangat menguntungkan. Selain menguntungkan, metode ini juga mudah dilakukan. Penjual bisa melakukan jual-beli barang tanpa modal dan keuntungannya pun sepadan.

Jika dibandingkan dengan metode reseller, dropship adalah metode yang lebih memudahkan pemula. Apalagi buat pemula yang tak punya modal atau meminimalisir modal penjualan. Kunci dropship adalah menemukan toko yang tepat.

Partner dropship adalah produsen. Partner toko yang bisa diajak bekerja sama dan memberikan akses gambar produknya. Lebih fleksibel produsennya, maka akan semakin mudah perjalanan bisnis yang akan dilakukan.

Bisa dikatakan dropship adalah metode penjualan yang fokus pada pemasaran, bukan produksi produk. Dropsipper-lah yang mengurus pemasaran ini. Sementara barang yang akan dipasarkan oleh dropshipper diurus oleh produsen.

3 dari 6 halaman

Strategi Dropship

Produk dan Partner

Setelah mengetahui dan memahami dropship adalah penjualan barang tanpa stok, selanjutnya strategi. Strategi dropship harus dimatangkan betul-betul. Tujuannya agar penipuan bisa diminimalkan dan keberhasilkan mudah dituai. Dimulai dari produk dan parter yang tepat.

Pilihan produk yang tepat dan sesuai pasar, terutama yang banyak diminati dan dibutuhkan. Lakukan riset kecil-kecilan di media sosial, website, dan toko online. Baca juga feedback konsumen setelah membelinya. Mengetahui feedback akan memudahkan pemilihan produk yang bisa bertahan lebih lama.

Selain itu, memilih dropshipper yang tepat juga bisa membantu melancarkan bisnis yang dijalani. Terutama yang sudah berlisensi dan bisa dipercaya. Jangan sampai sudah lelah menawarkan barang, tetapi ditipu karena dropshipper tak amanah.

Nilai Jual

Dropship adalah menjual tanpa membawa barang. Untuk itu penting memilih dan memastikan bahwa nilai jualnya unik. Begitu juga barangnya benar-benar sesuai dengan yang ditawarkan dropshipper.

Biasanya konsumen akan mencari toko dengan harga terendah. Untuk itu penting menawarkan harga ekonomis agar selalu dilirik konsumen. Meski murah meriah, pastikan produknya tak mengecewakan.

Sampaikan kelebihan dan kekurangannnya. Lakukan kesepakatan dengan dropshipper agar memaksimalkan produksi dan pengemasan. Melewatkan tips ini hanya akan membuat bisnismu gulung tikar di tengah jalan.

4 dari 6 halaman

Strategi Dropship

Branding

Memerhatikan branding sangat penting dilakukan karena dropship adalah upaya menjual bukan memproduksi. Brandinglah yang membuat sebuah bisnis menjadi dikenal banyak orang. Brandinglah yang akan membuat bisnis bertahan dalam persaingan.

Branding bisa diibaratkan sebagai identitas yang melekat pada tokonya. Branding ini sejalan dengan nilai jual dan servis kepada pelanggan. Jadi, jangan sekali-kali mengecewakan dan ramahlah.

Konsep

Dropship adalah bentuk usaha dengan kerjasama dua tim. Pihak pertama adalah produsen yang berperan sebagai pemilik produk. Sementara pihak kedua sebagai pemasar produk atau pelaku dropship alias dropshipper.

Pelaku dropship atau dropshipper memasarkan produk - Konsumen melakukan pembelian melalui etalase produsen - Dropshipper meneruskan pesanan ke produsen – Produsen akan melakukan pengiriman barang ke alamat tujuan customer atau pelangan atas nama sebagai dropshipper.

5 dari 6 halaman

Keuntungan Dropship

Modal Lebih Sedikit 

Salah satu keuntungan terbesar dari sistem dropshipping adalah kemungkinan untuk membuka bisnis tanpa harus menginvestasikan banyak modal untuk inventaris. Secara tradisional, pengecer harus mengikat modal pembelian persediaan dalam jumlah besar.

Mudah untuk Memulai

Menjalankan bisnis ecommerce jauh lebih mudah ketika tidak perlu berurusan dengan produk fisik. Dropship tak perlu khawatir:

- Mengelola atau membayar gudang

- Pengepakan dan pengiriman pesanan

- Melacak inventaris untuk alasan akuntansi

- Menangani pengembalian dan pengiriman masuk

- Terus memesan produk dan mengelola tingkat stok

Overhead Rendah

Pelaku dropship tidak perlu berurusan dengan pembelian inventaris atau mengelola gudang. Hal ini membuat biaya overhead cukup rendah. Bahkan, banyak toko dropshipping yang sukses dijalankan sebagai bisnis rumahan. Hanya membutuhkan sebuah laptop dan beberapa biaya untuk beroperasi.

6 dari 6 halaman

Keuntungan Dropship

Lokasi Fleksibel

Manfaat dari bisnis dropship adalah dapat dijalankan dari mana saja dengan koneksi internet. Selama dapat berkomunikasi dengan pemasok dan pelanggan dengan mudah. Anda bisa terus menjalankan dan mengelola bisnis sebagai dropship.

Produk Beragam

Tidak perlu melakukan pra-pembelian barang yang akan dijual. Anda dapat menawarkan berbagai produk yang sedang tren ke pelanggan potensial. Jika pemasok mencantumkan suatu barang, pelaku dropship dapat mencantumkannya juga tanpa biaya.

Pengujian Pasar

Dropship adalah metode pemenuhan yang berguna untuk meluncurkan toko baru. Bagi pemilik bisnis dapat menjadikan sistem ini untuk menguji selera pelanggan. Utamanya untuk kategori produk tambahan. Misalnya aksesori atau lini produk yang sepenuhnya baru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.