Sukses

7 Cara Mengecilkan Ukuran PDF Secara Online di Hp dan Laptop, Gratis dan Mudah

Cara mengecilkan ukuran PDF ini cepat dan gratis.

Liputan6.com, Jakarta Seiring kemajuan teknologi, saat ini cara mengecilkan ukuran PDF bisa dilakukan secara online. Sudah sangat banyak situs yang menyediakan fitur untuk mempermudah cara memperkecil ukuran PDF tersebut. Bahkan untuk menggunakan fitur yang tersedia tidak dibebankan biaya, alias gratis.

Dokumen yang menggunakan format PDF umumnya merupakan jenis dokumen penting. Jenis dokumen penting tersebut biasanya digunakan untuk melengkapi syarat tertentu. Sayangnya, banyak yang megharuskan ukuran PDF yang dikirimkan di bawah 1MB. Tentunya hal tersebut bisa menjadi kendala tersendiri apabila file PDF asli yang dimiliki melebihi kapasitas yang disyaratkan.

Sebenarnya cara mengecilkan ukuran PDF melalui situs online tersebut bisa dilakukan melalui PC maupun dari ponsel. Yang terpenting sebelum mulai mengecilkan PDF adalah dengan menyiapkan file PDF yang ingin dikecilkan.

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber bagaimana cara mengecilkan ukuran PDF secara online, yang tentunya gratis dan mudah dilakukan, Kamis (27/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. iLovePDF

Cara mengecilkan ukuran PDF yang pertama adalah dengan membuka situs https://www.ilovepdf.com/compress_pdf di browser. Setelah situs terbuka, klik ‘Pilih file PDF’ yang ada di tengah layar untuk memilih dokumen atau file yang ingin dikecilkan ukurannya. Anda juga bisa melakukan drag and drop file PDF yang diinginkan ke jendela situs.

Di dalam situs iLovePDF sendiri, Anda akan diberikan tiga opsi agar hasil dan ukuran sesuai dengan keinginan, yaitu kompresi ekstrem berkualitas rendah, kompresi yang disarankan dengan kualitas bagus, serta kompresi rendah untuk kualitas tinggi.

Apabila Anda sudah menentukan salah satu opsi yang disyaratkan, klik ‘Kompres PDF’. Lalu, setelah proses kompres selesai, file PDF bisa akan diunduh secara otomatis ke PC atau ponsel.

3 dari 8 halaman

2. Smallpdf

Bergeser ke cara mengecilkan ukuran PDF selanjutnya, Anda bisa menggunakan fitur yang disediakan oleh Smallpdf. Situs cukup ringan ketika diakses, sehingga tidak akan menghambat kinerja dari PC atau ponsel Anda. Secara tampilan, situs ini cukup mudah dimengerti dalam penggunaannya. Situs ini juga memiliki kelebihan yaitu sudah menggunakan Bahasa Indonesia serta adanya fitur unggah dari Google Drive dan Dropbox.

Langkah untuk melakukan Kompres PDF dari situs Smallpdf cukup mudah, yaitu dengan membuka https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf. Lalu, pilih ‘Letakan PDF Anda Disini’. Selanjutnya tunggu proses unggah selesai. Apabila sudah selesai, maka akan muncul halaman baru yang isinya berupa hasil kompresi serta tombol download.

4 dari 8 halaman

3. PDFCompressor

Situs ini sangat mudah digunakan. Anda cukup menuju ke https://pdfcompressor.com/id/ lalu pilih ‘Unggah File’, atau arahkan langsung file lokasi yang disediakan. Anda tinggal menunggu hingga proses berjalan. Hasilnya akan muncul dan Anda bisa mengunduhnya dengan memilih ‘Unduh’. Situs ini sudah menggunakan Bahasa Indonesia, akan tetapi tidak belum ada fitur unggah dari cloud storage.

5 dari 8 halaman

4. SodaPDF

SodaPDF memiliki fungsi yang hampir sama dengan situs sebelumnya. Cara mengoperasikannya tidak sulit. Pertama dengan menuju ke https://www.sodapdf.com/compress-pdf/. Lalu pilih file yang ingin dikompres dengan klik ‘Choose File’ yang terletak di tengah layar. Atau Anda juga bisa memilih file yang berasal dari Google Drive dan Dropbox.

Ada beberapa opsi kualitas kompresi yang ditawarkan. Pertama low quality untuk hasil paling kecil, good quality untuk hasil sedang, dan high quality untuk kompresi minimal namun ukuran file paling besar.

6 dari 8 halaman

5. FreePDFConvert

Selain situs di atas, membuat cara mengecilkan ukuran PDF menjadi terlihat mudah. Situs ini tampilannya sangat sederhana, ringan dan ramah pengguna. File PDF yang ingin Anda kompres bisa langsung diunggah atau melalui cloud storage google drive dan dropbox.

Langkah pertama, Anda bisa menuju ke halaman https://www.freepdfconvert.com/id/kompres-pdf. Lalu klik pilihan tombol ‘Pilih File PDF’. Selanjutnya tunggu hingga proses unggah dan kompresi selesai sebelum mengunduh file yang diinginkan.

7 dari 8 halaman

6. CleverPDF

CleverPDF dikenalkan pada tahun 2017 dan salah satu situs yang cukup baru di bidang penyediaan jasa kompresi PDF. Tampilan situs ini sangat sederhana dengan kombinasi warna dasar putih dan biru. Situs ini menyediakan fitus unggah melalui Google Drive atau DropBox. Ada tiga pilihan kompresi pada situs ini, yaitu minimal, rendah, sedang, maksimal, dan custom.

Cara menggunakan situs ini untuk mengecilkan PDF sangat mudah, yaitu dengan membuka halaman https://www.cleverpdf.com/id/compress-pdf. Selanjutnya klik ‘Pilih File’ dan tunggu hingga proses mengunggah dan pengecilan ukuran selesai.

8 dari 8 halaman

7. HiPDF

Lalu cara mengecilkan ukuran PDF yang terakhir dengan menggunakan situs HiPDF. Situs ini memiliki banyak pilihan pengunggahan file. Selain langsung diunggah dari PC, situs ini juga mendukung file yang berasal dari Google Drive, Dropbox, Box, dan One Drive. Situs ini cukup berat bagi beberapa PC atau ponsel. Terutama di saat melakukan pengunggahan file.

Untuk melakukan proses pengecilan file dari situs ini, Anda bisa menuju ke https://www.hipdf.com/id/compress-pdf. Lalu klik ‘Pilih File’ dan tunggu proses unggah selesai. Ada tiga pilihan hasil file yang ditawarakan, yaitu kompresi tinggi kualitas rendah, kompresi bagus kualitas bagus, dan kompresi rendah kualitas tinggi.

Cukup mudah ternyata cara mengecilkan ukuran PDF tersebut. Semoga berguna dan selamat mencoba, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini