Sukses

12 Manfaat Pisang untuk Kesehatan, Ampuh Atasi Diabetes

Liputan6.com, Jakarta Buah pisang memiliki rasa manis yang khas seperti madu. Daging buahnya tebal dan nikmat dijadikan kudapan. Menariknya lagi, ada segudang manfaat pisang untuk kesehatan yang bisa didapatkan.

Manfaat pisang untuk kesehatan berasal dari kandungannya. Mulai dari vitamin C, vitamin B6, mineral magnesium, kalium, tembaga, mangan, hingga antioksidan. Kandungan buah pisang inilah yang ampuh atasi berbagai macam penyakit berbahaya.

Seperti penyakit diabetes, jantung, hipertensi, pencernaan, sampai tulang. Penyakit ini bisa disembuhkan hanya dengan rutin mengonsumsi buah pisang. Meski manfaat pisang untuk kesehatan bisa diandalkan, pola hidup sehat lain perlu dilakukan agar lebih maksimal.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat pisang untuk kesehatan dari berbagai sumber, Jumat (28/8/2020).

2 dari 7 halaman

Diabetes dan Murnikan Darah

Diabetes

Manfaat pisang untuk kesehatan bisa diandalkan untuk atasi diabetes. Meski rasa pisang manis, tetapi indeks glikemiknya rendah. Terutama pisang merah, yang aman untuk penderita diabetes.

Indeks glikemik rendah ini dapat membantu pelepasan gula lebih stabil ke aliran darah. Terdapat pula serat dalam jumlah yang tinggi dan baik untuk kontrol gula darah.

Menurut meta-analisis yang diterbitkan di Sleep Medicine Reviews, kurang tidur dapat berkontribusi pada diabetes gestasional. Di sisi lain, manfaat buah pisang ambon dapat membantu mencegah risiko terkena gangguan kesehatan tersebut.

Murnikan Darah

Buah pisang bisa membantu memurnikan darah pengonsumsinya. Manfaat pisang untuk kesehatan ini bisa didapat dari antioksidan dan vitaminnya. Hingga kualitas aliran darah dan jumlah hemoglobin dapat ditingkatkan.

Terdapat pula kandungan Vitamin B6 dalam buah pisang. Vitamin B6 ini dapat membantu pemecahan protein dan pembentukan sel darah merah. Jadi, sangat cocok dikonsumsi penderita anemia dan sejenisnya.

3 dari 7 halaman

Tekanan Darah dan Mata

Tekanan Darah

Memiliki tekanan darah yang normal adalah kunci kesehatan. Normalnya tekanan darah ini bisa didapat dari manfaat pisang untuk kesehatan. Hal ini disebabkan karena kandungan kalium dan mineral dalam buah pisang.

Penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak makanan kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Mineral penting lainnya untuk kontrol tekanan darah adalah magnesium. Jadi, tinggal pilih saja jenis pisang yang memiliki kalium tinggi.

Mata

Perkembangan teknologi, kini membuat kesehatan mata menjadi ancaman. Rabun jauh, rabun dekat, hingga katarak justru semakin meningkat karena penggunaan barang elektronik. Namun, manfaat pisang untuk kesehatan bisa diandalkan.

Buah pisang merah mengandung karotenoid yang memberinya warna merah. Karotenoid dikenal manfaatnya bagi kesehatan mata. Lutein dan beta karoten adalah dua karoten dalam pisang merah yang mendukung kesehatan mata. Lutein dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia. Sementara beta karoten dapat diubah menjadi vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan mata.

4 dari 7 halaman

Kekebalan Tubuh dan Pencernaan

Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang sempurna adalah kunci kesehatan manusia. Kekebalan tubuhlah yang mampu melawan segala macam infeksi penyebab penyakit. Untuk bisa mendapatkannya, bisa percayakan pada manfaat pisang untuk kesehatan.

Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin C dan B6 buah pisang. Nutrisi ini sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C meningkatkan kekebalan dengan memperkuat sel-sel sistem kekebalan tubuh mencegah infeksi. Sementara vitamin B6 membantu produksi sel darah putih dan antibodi kekebalan tubuh.

Pencernaan

Pisang sangat baik untuk sehatkan sistem pencernaan manusia. Selain kandungan seratnya tinggi, ada prebiotik bisa diandalkan. Manfaat pisang untuk kesehatan ini bisa bantu jaga usus dan lambung manusia.

Prebiotiklah yang akan memberi makan bakteri usus baik. Prebiotik dalam pisang dapat mengurangi kembung, meningkatkan produksi bakteri baik, dan mengurangi sembelit. Seratnya mampu mendukung buang air besar secara teratur dan mengurangi peradangan di usus.

5 dari 7 halaman

Berat Badan dan Berhenti Merokok

Berat Badan

Tak hanya menjaga sistem pencernaan. Manfaat pisang untuk kesehatan sangat cocok untuk menjaga berat badan. Hal ini disebabkan karena buah pisang rendah lemak dan kalori.

Buah pisang juga kaya kandungan serat. Jadi, rasa kenyang dan kenaikan berat badan bisa terkontrol dengan lebih baik.

Serat dapat tingkatkan bakteri usus dan kurangi peradangan. Hal ini dapat membantu turunkan risiko obesitas, diabetes, hingga kardiovaskular. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk memasukkan pisang dalam menu dietmu, ya.

Berhenti Merokok

Seseorang bisa berhenti merokok hanya dengan mengonsumsi buah pisang. Manfaat pisang untuk kesehatan ini berasal dari perannya yang mampu mengendalikan konsumsi nikotin. Magnesium dan kalium dalam buah pisanglah penyebabnya.

Keduanya dapat membantu menangani keinginan merokok. Buah pisang juga dapat memberikan energi dan mengatasi masalah psikologis akibat berhenti merokok. Mineral ini akan mengendalikan suasana hati dan stres agar terhindar dari rokok.

6 dari 7 halaman

Sehatkan Kulit dan Tingkatkan Stamina

Sehatkan Kulit

Pisang merah mengandung antioksidan dan senyawa antiinflamasi, seperti vitamin C dan karoten yang membantu memperlambat penuaan. Vitamin C merangsang produksi kolagen, yang merupakan komponen integral dari arsitektur kulit dan rambut. Manfaat pisang untuk kesehatan kulit bisa didapat dengan mengonsumsinya secara langsung atau menjadikannya masker.

Tingkatkan Stamina

Memiliki stamina yang tinggi akan meningkatkan produktivitas. Peningkatan stamina ini bisa didapat dari manfaat pisang untuk kesehatan. Terutama dari pisang ambon.

Sebuah penelitian menunjukkan pisang dapat dijadikan bahan utama minuman olahraga untuk menggantikan elektrolit yang hilang. Manfaat ini berasal dari kandungan kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B6 alami pisang.

7 dari 7 halaman

Jantung dan Tulang

Jantung

Kesehatan jantung bisa didapatkan dari manfaat pisang untuk kesehatan. Hal ini karena di dalam pisang terkandung potasium, yaitu elektrolit mineral yang membuat listrik mengalir ke seluruh tubuh dan diperlukan dalam menjaga detak jantung. Kandungan potasium dan sodium yang tinggi dari pisang juga dapat membantu melindungi sistem kardiovaskular terhadap tekanan darah tinggi.

Tulang

Dilansir dari Journal of Physiology and Biochemistry, buah pisang dapat tingkatkan kesehatan tulang. Manfaat pisang untuk kesehatan ini berasal dari fructooligosaccharides di dalamnya.

Fructooligosaccharides merupakan karbohidrat non digestif penggerak priobiotik. Zat ini ramah terhadap pencernaan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

Kalsium yang dapat terserap dengan baik oleh tubuh akan membantu meningkatkan kesehatan tulang. Termasuk dapat menghindarkan dari berbagai masalah kesehatan tulang manusia.