Sukses

6 Cara agar Tidak Boros saat Nongkrong, Kantong Aman sampai Akhir Bulan

Liputan6.com, Jakarta Cara agar tidak boros saat nongkrong tampaknya semakin perlu dipahami, terutama untukmu yang sudah mulai bekerja dan saatnya berpikir untuk menyiapkan perencanaan keuangan bagi masa depan. Kamu bisa bayangkan, berapa banyak uang yang dikeluarkan sekali nongkrong. Padahal uang nongkrong tersebut bisa saja sebagian kamu sisihkan untuk ditabung sebagai persiapan untuk membeli rumah, misalnya.

Di beberapa daerah mungkin uang yang keluar untuk nongkrong bisa ditekan. Namun, bagaimana jika kamu tinggal di kota-kota besar yang dipenuhi dengan mall dan berbagai sarana hiburan? Ya, sehabis gajian mungkin napsu belanja dan hangout bersama teman-teman kantor sudah tidak terbendung. Baru setelah nongkrong kamu menyadari jika uangmu sudah habis.

Sebenarnya nongkrong tidak dilarang, namun bagaimana cara agar tidak boros saat nongkrong menjadi sesuatu yang tidak bisa pandang sebelah mata. Dengan menjalankan cara agar tidak boros saat nongkrong dengan tepat, maka secara finansial kamu akan lebih aman jika di depan nanti ada keperluan mendesak yang memerlukan biaya cukup besar.

Atau, daripada uang nongkrong yang biasanya kamu gunakan, sekitar 50% dari uang tersebut bisa kamu simpan untuk persiapan investasi, seperti investasi saham atau emas. Bahkan jika dilakukan terus menerus, kegiatan investasi tersebut juga bisa memberi pemasukan tambahan yang cukup besar di masa depan.

Nah, tampaknya tidak perlu panjang lebar lagi, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber bagaimana cara agar tidak boros saat nongkrong yang bisa kamu coba praktikkan, Jumat (28/8/2020).

2 dari 7 halaman

1. Cari tempat nongkrong yang terjangkau

Cara agar tidak boros saat nongkrong yang pertama sebenarnya justru dimulai dari lokasi yang akan kamu datangi untuk nongkrong. Biasanya saat akan nongkrong, mungkin teman-temanmu masih belum tahu akan menuju ke lokasi yang mana. Nah, kamu bisa menggunakan momen tersebut untuk mengajukan opsi ke lokasi yang menurutmu harga makanan dan minumannya cukup murah.

Dengan kata lain, mengajak nongkrong duluan bisa menjadi trik supaya dirimu tidak masuk ke dalam perangkap yang menyebabkan anggaran nongkrong kelewat batas karena harga makanan dan minuman di lokasi yang terlampau mahal.

3 dari 7 halaman

2. Buat anggaran untuk nongkrong

Lalu, cara agar tidak boros saat nongkrong yang selanjutnya dengan membuat anggaran untuk nongkrong. Anggaran ini penting untuk kamu miliki agar kamu tidak kelewat batas dalam menggunakan uangmu saat nongkrong.

Sebenarnya cara agar tidak boros saat nongkrong ini cukup sulit dilakukan, terutama jika perut sudah mulai lapar dan di lokasi nongkrong tersebut menjual makanan. Tapi untuk menghindari rasa ingin beli makanan di lokasi nongkrong coba perhatikan langkah berikutnya.

4 dari 7 halaman

3. Makan dahulu sebelum nongkrong

Nah, jika kamu memang khawatir tidak bisa menahan rasa lapar, maka ada baiknya kamu mencoba cara agar tidak boros saat nongkrong ini. Jadi saat di lokasi nongkrong kamu cukup membeli minuman saja yang memiliki harga murah.

Tapi jika kamu merasa cara agar tidak boros saat nongkrong ini kurang efektif, maka cara agar tidak boros saat nongkrong yang akan dibahas pada poin selanjutnya.

5 dari 7 halaman

4. Bawa uang pas

Mungkin cara agar tidak boros saat nongkrong ini cukup ekstrim, namun bisa dibilang sangat efektif. Ketika kamu membawa uang pas, maka kamu akan tertahan sebab tidak bisa membeli makanan atau minuman yang ada di lokasi nongkrong.

Tapi kamu jangan lupa untuk menyiapkan uang jaga-jaga di dalam mobil atau motormu, ya. Sebab jangan sampai kamu keluar rumah dengan dompet benar-benar kosong. Cukup uang yang dibawa ke dalam tempat nongkrong saja yang terbatas.

6 dari 7 halaman

5. Cari promo yang berlaku

Jika kamu sudah tidak tahan untuk membeli makanan atau minuman, maka cara agar tidak boros saat nongkrong ini bisa menjadi cara yang cukup efektif dilakukan. Biasanya lokasi yang menjadi destinasi tongkrongan menawarkan berbagai macam promo. Promo tersebut seperti beli makan gratis minuman.

Jika ada promo seperti itu maka lebih baik kamu pilih, sebab secara total keseluruhan akan lebih hemat dibandingkan kamu beli minuman dan makanan secara terpisah. Atau jika ada promo beli satu gratis satu, kamu bisa menawarkan ke temanmu untuk ikut patungan. Sebab secara total bisa sangat kecil pengeluaranmu.

Selain promo dari toko, saat ini banyak sistem pembayaran dengan uang elektronik. Beberapa penyedia layanan uang elektronik sering memberi promo menarik untuk pembayaran di restaurant atau cafe menggunakan aplikasi mereka. Nah, kamu bisa memanfaatkan adanya cashback atau promo menarik lainnya untuk membeli makanan dan minuman.

7 dari 7 halaman

6. Sharing makanan bersama teman

Selanjutnya cara agar tidak boros saat nongkrong yang terakhir, dengan sharing makanan bersama teman-temanmu. Dengan semakin banyak jumlah orang yang nongkrong, maka kamu bisa semakin hemat. Misalkan kamu ingin membeli makanan dalam porsi besar, maka ajak temanmu untuk patungan. Apabila total harga beberapa jenis makanan Rp 150.000 dan total orang yang nongkrong berjumlah sekitar 5 orang, maka kamu bisa bagi rata pembayaran bersama teman-temanmu. Bahkan cara agar tidak boros saat nongkrong ini bisa dikatakan yang paling efektif untuk dilakukan.