Sukses

7 Camilan Sehat Teman Begadang yang Rendah Kalori

Dengan camilan sehat ini kamu tidak perlu mencemaskan naiknya berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Camilan sehat teman begadang memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga kamu tidak perlu mencemaskan naiknya berat badan. Jika makanan yang kamu konsumsi pada malam hari tidak rendah kalori, bisa saja hal tersebut dapat menyebabkan tubuh kamu lebih gemuk. 

Hal ini terjadi karena pada malam hari metabolisme tubuh melambat, dan jika kamu makan makanan berat akan menambah kalori dalam tubuh. Sedangkan rasa lapar yang kamu alami di malam hari ini sudah tidak tertahankan. Jika kamu menahan lapar dan memutuskan untuk lanjut tidur, hal ini bisa membuat tidur menjadi tidak nyenyak.

Camilan sehat yang rendah kalori bisa menjadi solusi makanan untuk malam hari. Dengan mengonsumsi camilan sehat ini, kamu tidak perlu takut lagi dengan naiknya berat badan ataupun tidur tidak nyenyak gara-gara rasa lapar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/8/2020) tentang camilan sehat teman begadang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pisang dan Oatmeal

Pisang

Camilan sehat teman begadang yang aman dikonsumsi malam hari pertama adalah pisang. Jika kamu ingin makan berat tapi takut gemuk maka pisang bisa menjadi solusinya. Satu buah pisang bisa membuatmu merasa langsung kenyang seketika dan membuat tidurmu lebih berkualitas.

Selain bisa menjadi camilan sehat di malam hari, pisang juga bisa menjadi penyelamat saat saat melewatkan makan malam, sebab pisang mengenyangkan dan mengandung magnesium dan potassium. Kandungan inilah yang dapat membantu kamu untuk tidur nyenyak. Potassium sendiri juga memiliki fungsi untuk kesehatan kardiovaskular dan kognitif.

Oatmeal

Selain itu, oatmeal juga bisa menjadi salah satu camilan sehat teman begadang yang aman dikonsumsi malam hari. Oatmeal menjadi pilihan yang banyak dikonsumsi pelaku diet saat lapar. Hal ini disebabkan karena, oatmeal dapat memproduksi hormon serotonin, dan hormon ini dipercaya mampu menstimulasi produksi melatonin. Dikutip dari Livestrong, oatmeal mengandung protein dan karbohidrat kompleks.

Cukup dengan menambahkan beberapa potongan buah segar dan sedikit madu, dijamin lapar malam hari akan terselesaikan dan bisa tidur nyenyak. Selain itu, jika kamu ingin menambah asupan protein lebih banyak, kamu bisa menambahkan yogurt tanpa lemak.

3 dari 4 halaman

Yoghurt Rendah Lemak dan Edamame

Yoghurt Rendah Lemak dan Buah-buahan

Camilan sehat teman begadang selanjutnya adalah yoghurt rendah lemak dan buah-buahan. Jika menginginkan sedikit makanan penutup sebelum tidur, kamu bisa menyantap semangkuk yogurt rendah lemak sebagai gantinya. Agar lebih nikmat, cukup tambahkan potongan buah dingin yang segar.

Salah satu buah yang paling aman dikonsumsi pada malam hari adalah buah ceri. Hal ini karena melatonin yang ditemukan pada ceri dapat membantu mengendalikan jam internal pada tubuh kamu. Jam internal adalah ritme pola harian, seperti waktu bangun dan waktu tidur, yang dibentuk dan terkonsep pada otak. Penelitian menyebutkan bahwa ada perubahan pada durasi dan kualitas tidur pada penderita insomnia kronis dengan meminum jus ceri asam.

Edamame

Edamame juga bisa dijadikan camilan sehat teman begadang yang aman. Kacang ini merupakan kudapan yang aman dikonsumsi pada malam hari tanpa harus khawatir berat badan kamu melonjak. Edamame yang sudah matang bahkan tidak perlu dimasak. Edamame kaya akan protein dan mengandung triptofan yang membantu otak membuat melatonin.

4 dari 4 halaman

Keju, Popcorn, dan Semangkuk Sereal

Keju

Camilan sehat teman begadang yang aman dikonsumsi malam hari selanjutnya adalah keju. Makanan kaya kalsium dan memiliki banyak lemak baik ini lebih enak dikonsumsi dengan makanan yang juga memiliki banyak serat.

Memakan satu bungkus keju dipercaya akan membuatmu cepat kenyang dan mengantuk sehingga mengurangi hasratmu untuk menyantap makanan lainnya. Tenang, satu bungkus keju hanya mengandung 80 kalori.

Namun, bukan berarti kamu bisa makan keju secara berlebihan. Kamu harus memperhatikan label nutrisinya, sebaiknya tidak lebih dari 150 kalori.

Popcorn Tanpa Rasa

Popcorn tanpa rasa juga bisa dijadikan camilan sehat teman begadang. Pastikan popcorn yang kamu konsumsi di malam hari tidak ditambahkan garam atau perasa lainnya agar tetap aman dan sehat.

Makanan yang terbuat dari jagung ini baik untuk dikonsumsi karena popcorn termasuk makanan yang rendah kalori dan lemak, serta tinggi serat. Bahkan, popcorn juga mengandung antioksidan dan termasuk ke dalam makanan gandum utuh. Kamu bisa mengonsumsinya sekitar satu mangkuk dengan sedikit taburan minyak zaitun sebagai makanan alternatif untuk diet.

Semangkuk Sereal

Camilan sehat teman begadang yang aman dikonsumsi malam hari selanjutnya adalah semangkuk sereal dan susu. Banyak orang yang menyangka sereal hanya cocok untuk sarapan. Namun, ternyata sereal juga cocok dijadijan santapan malam, terutama sereal gandum atau jagung yang sehat.

Memilih sereal merupakan pilihan tepat sebagai camilan malam karena memiliki serat yang baik untuk kesehatan. Menikmati sereal bisa ditambah dengan susu dingin atau hangat yang menjadikan komposisi sempurna yang penuh dengan protein. Tetapi, hindari memakan sereal dengan tambahan gula.

Selain itu, selai kacang yang alami, dan ubi juga bisa menjadi camilan sehat yang aman dikonsumsi pada malam hari. Kamu bisa memilih makanan tersebut tergantung kondisi kesehatan dan yang mana yang paling kamu sukai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.