Sukses

8 Cara Kompres PDF Praktis dan Cepat, Bisa Offline dan Online

Liputan6.com, Jakarta Cara kompres PDF terkadang dibutuhkan untuk beberapa keperluan. PDF atau (Portable Document Format) merupakan format dokumen digital yang umum digunakan. Dibanding dengan Word, PDF lebih mudah dibuka dan dibaca dalam format digital.

Terkadang ukuran PDF bisa sangat besar. Format PDF yang besar ini bisa memakan tempat atau menyulitkanmu saat ingin mengirimnya. Cara kompres PDF jadi solusi paling tepat.

Ada banyak cara kompres PDF yang bisa dilakukan. Kamu bisa melakukan cara kompres PDF secara offline maupun online. Cara kompres PDF ini terbilang mudah dan cepat. Kamu tak perlu kerepotan lagi mengedit atau mengutak atik dokumen untuk cara kompres PDF.

Berikut 8 cara kompres PDF offline dan online, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (30/8/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 9 halaman

Cara kompres PDF offline dengan Microsoft Word

Cara kompres PDF yang pertama cukuplah mudah. Kamu tak perlu menginstal atau mengakses situs apapun. Cukup manfaatkan Microsoft Word yang kamu miliki di komputer. Cara ini berlaku bagi Microsoft Word 2010 ke atas.

Berikut cara kompres PDF dengan Microsoft Word:

1. Buka PDF di Word menggunakan opsi Open dengan di menu file. Kamu juga bisa men-drag file PDF ke lembar kerja Word untuk membukanya.

2. Selanjutnya, klik File> Save As

3. Pada menu dropdown jenis file, pilih PDF.

4. Setelah itu cari opsi Optimize for.

5. Pilih opsi Minimum size (publishin onlie)

6. Klik save dan file PDF sudah terkompres.

3 dari 9 halaman

Cara kompres PDF offline dengan Adobe Acrobat

Selain Microsoft Word, kamu juga bisa memanfaatkan software Adobe Acrobat. Jika kamu memiliki Adobe Acrobat terinstal di komputer, kamu bisa memanfaatkan fitur "PDF Optimizer" untuk cara kompres PDF. Berikut caranya:

1. Buka PDF di Adobe Acrobat

2. Klik Tools > Optimize PDF.

3. Beberapa opsi akan muncul di layar.

4. Jika kamu mengklik Reduce Size, Acrobat akan menerapkan pengaturan default ke filemu untuk mencoba mengurangi ukurannya.

5. Kamu juga bisa mengatur ukuran dokumenmu untuk mempertahankan kualitasnya. Cukup klik opsi Advanced Optimization.

6. Setelah mengatur ukuran yang diinginkan, klik save as, beri nama dokumen, dan klik save.

7. PDF sudah selesai dikompres.

4 dari 9 halaman

Cara kompres PDF offline dengan PDF Compressor (Windows)

Cara kompres PDF offline selanjutnya adalah memanfaatkan software tambahan yang diinstal di Windows. Untuk kemudahan penggunaan dan kemampuan untuk mengompres sejumlah besar PDF sekaligus, PDF Compressor adalah pilihan tepat. Software ini tidak hanya dapat menggabungkan ribuan PDF sekaligus, tetapi juga dapat mengecilkan PDF.

Terlebih lagi, kompresi ini bersifat lossless, yang berarti kualitas tetap terjaga, meskipun ukuran file lebih kecil. Caranya cukup unduh PDF Compressor di pdfcompressor.org. Instal dan buka software.

Lalu buka file PDF yang ingin dikompres dengan cara klik add files atau men-drag file PDF langsung ke software. Software akan mengompres file PDF.

5 dari 9 halaman

Cara kompres PDF online dengan PDF Compressor

Jika kamu tak bisa menggunakan cara kompres PDF secara offline, kamu bisa memanfaatkan cara online. Cara kompres PDF online ini sangat praktis dan cepat. Salah satu situs yang bisa mengompres PDF adalah PDF Compressor. Situs ini bahkan sudah menggunakan Bahasa Indonesia.

Kamu cukup membuka pdfcompressor.com/id/ lalu pilih ‘Unggah File’, atau arahkan langsung file lokasi yang disediakan. Tunggu hingga proses kompresi berjalan. Jika telah muncul hasilnya, kamu bisa mengunduh dan menyimpannya.

6 dari 9 halaman

Cara kompres PDF online dengan SmallPDF

SmallPDF adalah situs web PDF terbaik lainnya di mana kamu bisa mengompres PDF secara online. Situs ini memungkinkanmu mengurangi ukuran PDF tanpa kehilangan kualitasnya. Selain mengompresi, SmallPDF juga dapat mengonversi file PDF ke berbagai format lain seperti PPT, JPG, EXCEL, Word, dan banyak lagi.

Situs ini juga memiliki kelebihan yaitu sudah menggunakan Bahasa Indonesia serta adanya fitur unggah dari Google Drive dan Dropbox. Caranya sangat mudah, cukup buka smallpdf.com/id/mengompres-pdf.

Lalu, pilih ‘Letakan PDF Anda Disini’. Selanjutnya tunggu proses unggah selesai. Apabila sudah selesai, maka akan muncul halaman baru yang isinya berupa hasil kompresi serta tombol unduh.

7 dari 9 halaman

Cara kompres PDF online dengan IlovePDF

IlovePDF dapat digunakan untuk menggabungkan, membagi, mengompres, dan mengonversi file PDF. Untuk mengompres file PDF, buka www.ilovepdf.com/compress_pdf. Kamu hanya perlu mengupload file PDF dan klik tombol 'Compress'. Aplikasi web akan mengurangi ukuran file tanpa mempengaruhi kualitas PDF.

Di dalam situs iLovePDF sendiri, kamu akan diberikan tiga opsi agar hasil dan ukuran sesuai dengan keinginan, yaitu kompresi ekstrem berkualitas rendah, kompresi yang disarankan dengan kualitas bagus, serta kompresi rendah untuk kualitas tinggi.

8 dari 9 halaman

Cara kompres PDF online dengan PDF2GO

PDF2GO adalah alat kompresi PDF online terbaik lainnya yang dapat kamu gunakan untuk mengompres PDF. Dengan PDF2GO, kamu dapat dengan cepat mengurangi ukuran file PDF. Alat web menawarkan dua bentuk kompresi yang berbeda Basic dan Strong.

Pilihan Basic memberimu ukuran file sedang dan kualitas tinggi, sedangkan Strong memberikan ukuran file yang lebih kecil dan kualitas sedang. Selain kompresi, PDF2GO dapat digunakan untuk membagi, menggabungkan, dan mengonversi file PDF.

Caranya cukup buka pdf2go.com/compress-pdf. Masukkan file lalu tunggu situs mengompres. Setelah selesai unduh dan simpan PDF.

9 dari 9 halaman

Cara kompres PDF online dengan FreePDFConvert

Cara kompres PDF online selanjutnya adalah menggunakan FreePDFConvert. Situs ini memiliki tampilan sederhana dan ringan. File PDF bisa langsung diunggah atau melalui cloud storage google drive dan dropbox.

Kamu bisa langsung menuju ke halaman freepdfconvert.com/id/kompres-pdf. Lalu klik pilihan tombol ‘Pilih File PDF’. Selanjutnya tunggu hingga proses unggah dan kompresi selesai sebelum mengunduh file yang diinginkan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS