Sukses

6 Fakta Kata Anjay Bermakna Kasar, Lutfi Agizal Sebut Perjuangkan Anak Bangsa

Lutfi Agizal semakin serius untuk menghentikan penggunaan istilah anjay.

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir nama Lutfi Agizal sedang diperbincangkan publik terkait kasus penggunaan kata anjay. Ya, kata anjay sedang ramai diperbincangkan karena dianggap Lutfi sebagai kata yang tak pantas diucapkan karena bermakna kasar.

Lutfi bahkan menganggap kata anjay bisa berdampak buruk bagi anak-anak. Berkat pandangannya terhadap kata anjay bermakna kasar ini membuat Komisi Nasional Perlindungan Anak mengeluarkan pers rilis untuk menghentikan penggunaan istilah kata anjay.

 

Upaya Lutfi Agizal untuk menghentikan kata anjay ini kemudian ramai disorot oleh publik figur dan netizen Tanah Air. Ramainya kasus anjay bermakna kasar ini pun membuat publik menjadi bertanya-tanya terkait awal mula kasus ini hingga perkembangan kasus anjay yang terbaru.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, fakta-fakta kasus anjay bermakna kasar yang diperjuangan Lutfi Agizal, Senin (31/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Awal mula singgung penggunaan kata anjay

Nama Lutfi Agizal mulai menjadi sorotan setelah ia mengunggah video YouTube pada 19 Agustus 2020 di channel Lutfi Agizal. Lulusan Universitas Pancasila jurusan Psikologi ini menyoroti penggunaan kata anjay dalam video tersebut. Ia bahkan juga mengundang seorang pakar bernama Dr. Tommy Yuniawan M.Hum, Doktor Ilmu Pendidikan Bahasa di Universitas Negeri Semarang.

Bersama dengan Dr. Tommy, Lutfi membahas tentang penggunaan kata anjay. Pada video berjudul "Ngomong Anjay Bisa Merusak Moral Bangsa!!!" ini membahas secara detail tentang kalimat anjay yang dianggap berasal dari induk kata 'anjing' yang dipelesetkan. Lutfi juga berujar pada video tersebut tak menyudutkan siapapun.

"Ini saya buat tanpa menyudutkan salah satu nama atau siapa pun, saya menyebutkan ini karena kalimat ini muncul di publik," kata Lutfi Agizal pada video tersebut.

3 dari 7 halaman

2. Publik menduga Lutfi menyindir Rizky Billar

Meski Lutfi menegaskan tidak menyudutkan siapapun, namun ada satu nama yang mencuat perihal konten yang dibuat Lutfi yakni Rizky Billar. Ya, Rizky Billar yang namanya sedang naik daun diduga disindir karena ia memang kerap mengungkapkan kata tersebut di layar kaca televisi sebagai ungkapan takjub dan kaget secara spontan.

Kata anjay yang diucapkan Rizky Billar ini tercetus dari spontanitas saat ia diminta seorang sahabat menyanyikan lagu dangdut dalam sebuah acara televisi. Pada acara tersebut, Rizky Billar menjawab tantangan dengan melantunkan lagu berjudul “Memandangmu” yang dipopulerkan Aldi Bragi dan Ikke Nurjanah. “Terus gue nyanyi tuh, memandangmu… anjay, kok enak ya, gue bisa nyanyi,” ucap Rizky Billar pada saat itu.

“Gue keceplosan saja, spontanitas gue, di Stories sama Bang Afdal. Ramai tuh. Akhirnya gue setiap nyanyi dangdut, ujungnya kata anjay. Jadi trademark,” tambah bintang sinetron Anak Jalanan dan Cinta Karena Cinta menyambung kalimat sebelumnya. 

Viralnya kata anjay yang dikeluarkan secara spontanitas ini tiba-tiba menjadi semakin viral seiring konten YouTube Lutfi Agizal membahas kata anjay. Bahkan di Instagram, Lutfi malah dengan tegas menyebut netizen dengan sebutan 'kaum anjay' yang membuatnya semakin disorot.

"Wahai kaum ANJAY. Skakmat kau !!!. Bagaikan setan yang kepanasan melihat sebuah edukasi dari bahaya kata ANJAY." tulis Lutfi Agizal di Instagram, Rabu (19/8/2020).

 

4 dari 7 halaman

3. Rizky Billar beri klarifikasi

Rizky Billar ikut memberikan klarifikasi tentang ramainya kata anjay. Artis yang dekat dengan Lesty Kejora ini mengaku tak setuju jika kata anjay dimaknai sebagai kata yang kasar. Ia menganggap kata anjay akan berbeda makna ketika intonasi yang dipakai juga berbeda.

“Konteks kata anjing sendiri saat diucapkan dengan intonasi berbeda, rasa dan maknanya beda,” ulas Rizky Billar seraya menambahkan, “Kata anjing dengan pelafalan berbeda, itu artinya beda.” perjelas Rizky Billar.

 

5 dari 7 halaman

4. Komisi Nasional Perlindungan Anak unggah pers rilis

Kontroversi penggunaan kata anjay bermakna kasar ini terus diperjuangkan oleh Lutfi Agizal. Bahkan kemarin lusa, Sabtu (29/8/2020), Lutfi mengunggah rilisan pers dari Komisi Nasional Perlindungan Anak untuk menghentikan penggunaan kata anjay.

Tak hanya unggahannya yang curi perhatian, caption yang dibuat Lutfi tak kalah menjadi sorotan. Lutfi menyebut dirinya sedang mempejuangkan masa depan anak bangsa. Lutfi pun juga mengajak publik agar sama-sama peduli dengan generasi di masa depan.

"Alhamdulillah semoga semakin banyak yang peduli untuk generasi kita selanjutnya. Ini kisahku memperjungkan demi anak bangsa kita. Yukk kita sama-sama peduli akan generation kita selanjutnya. Lebih baik mencegah bukan ? Toh ini juga demi bangsa kita. #Savenextgeneration!" tulis Lutfi Agizal di Instagram.

6 dari 7 halaman

5. Viral dikomentari para artis Tanah Air

Unggahan Lutfi Agizal yang memperjuangkan masa depan anak bangsa dengan berusaha menghentikan kata anjay nyatanya cukup menyita perhatian banyak orang. Para selebritas Tanah Air pun ikut berkomentar terkait viralnya kata anjay yang kini sedang diproses untuk dihentikan penggunaannya.

"Iri bilang ANJAAAY," tulis Rizky Billar.

"Maksud loe apa bilang kaum anjay?? Hidup lo kaku banget kaya kanebo. Kalau anjay dosa gitu. Terus kalau bilang **** lo mau bilang gue kaum apa? Untung cuma satu manusia kaya elo. Jangan-jangan elo udah lama nggak ********* makanya mumet," ujar Nikita Mirzani

"Lu kalo nongkrong gak pernah dikasih ngomong yak, jadi begini?" tulis Uus.

7 dari 7 halaman

6. Release statement

Unggahan terbaru Lutfi Agizal di Instagram langsung mencuri perhatian publik. Bahkan di postingan yang ditutup kolom komentarnya ini menimbulkan banyak pertanyaanya. Ya, pada hari ini (31/8/2020) pukul 17.00 WIB akan ada release statement dari Lutfi Agizal

Release statement yang masih belum diberitahukan apakah tentang kasus anjay bermakna kasar atau tidak ini memunculkan teka-teki di publik. Publik begitu penasaran dengan apa yang terjadi nanti. Bisa saja, Lutfi Agizal akan memberikan pernyataan tentang perkembangan terkini kasus anjay bermakna kasar ke publik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini