Sukses

6 Pulau Terunik dan Teraneh di Dunia, Ada yang Dilarang Dikunjungi Warga

Selain unik, beberapa pulau ini memiliki sejarah yang tak biasa.

Liputan6.com, Jakarta Pulau adalah sebidang tanah yang lebih kecil dari benua dan lebih besar dari karang, yang dikelilingi air. Kumpulan beberapa pulau dinamakan pulau-pulau atau kepulauan. Beberapa negara tentunya ada yang disebut dengan sebutan negara kepulauan karena memiliki banyak pulau, salah satunya adalah Indonesia. 

Pulau merupakan salah satu tempat yang menyimpan ragam keindahan. Suasana yang sepi dan tenang kerap menjadi pilihan seseorang untuk melepas penat. Beberapa negara tentunya memiliki sebuah pulau yang kerap disebut sebagai ‘Pulau Tersembunyi’.

Pulau tersembunyi ini tentunya identik dengan keindahan dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Tak hanya identik dengan keindahan, ternyata pulau di beberapa negara ini sangat aneh dan dilarang untuk dikunjungi oleh masyarakat.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang beberapa pulau teraneh atau pulau yang berbeda dari biasanya, Senin (31/8/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Ilha de Queimada Grande, Brasil

Pulau pertama yang berbeda dari biasanya ini terletak di negara Brasil. Pulau Ilha de Queimada Grande benar-benar terlarang bagi pengunjung karena alasan sederhana. Pulau ini mungkin merupakan hotspot terbesar di dunia untuk ular berbisa emas.

Ular berbisa emas ini merupakan salah satu ular paling mematikan di dunia, dan pulau ini memiliki ribuan ular di dalamnya. Alasan sederhana inilah yang membuat Pulau Ilha de Queimada Grande dilarang untuk dikunjungi.

Brasil sendiri merupakan negara paling timur di Benua Amerika Selatan dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik. Brasil memiliki keunikan salah satunya adalah budayanya. Budaya di Brasil yang terkenal adalah tari samba dan bossa nova.

3 dari 7 halaman

2. Pulau Surtsey, Islandia

Islandia merupakan salah satu negara yang menyimpan ragam keindahan menkajubkan, salah satunya adalah pulau. Terdapat sebuah pulau di Islandia yang bernama Pulau Surtsey. Pulau Surtsey adalah pulau kecil di Pantai Islandia.

Pulau ini merupakan pulau yang baru terbentuk sejak letusan gunung berap pada sekitara tahun 60-an. Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa orang-orang belum diizinkan untuk mengunjungi Pulau Surtsey ini.

Saat ini, Pulau Surtsey digunakan sebagai stasiun penelitian alam, untuk memberi kita lebih banyak wawasan tentang tahun-tahun awal pembentukan pulau.

 

 

 

4 dari 7 halaman

3. Isola La Gaiola, Italia

Pulau Isola La Gaiola merupakan salah satu pulau unik yang terletak di Negara Italia tepatnya beradi di lepas pantai Napoli. Pulau Isola La Gaiola ini diduga dikutuk, hal tersebut dikarenakan Pulau Isola La Gaiola  dimiliki oleh beberapa orang kaya yang semuanya mengalami kemalangan parah - atau bahkan kematian sebelum waktunya. Hal tersebut tentunya sulit dipercaya, atau bisa jadi hal tersebut hanya sebuah mitos.

Italia sendiri merupakan salah satu negara yang menyimpan ragam keindahan yang kerap membuat pengunjung takjub dengan keidahannya. Italia adalah rumah bagi sejumlah besar Situs Warisan DuniaUNESCO (saat ini 47 buah), dan kaya akan perbendaharaan seni, budaya, dan sastra dari banyak periode yang berbeda.

5 dari 7 halaman

4. Pulau Terapung Uros, Danau Titicaca, Peru

Danau Titicaca adalah salah satu tempat terindah yang di dalamnya terdapat suatu yang unik dan istimewa. Tetapi, Pulau Terapung yang terletak di Danau Titicaca ini adalah sesuatu yang berbeda. Pulau tersebut buatan manusia dan berfungsi sebagai desa kecil.

Sejarah tentang pulau tersebut cukup unik, yakni dibangun untul menghindari musuh pada zaman dahulu. Walaupun Pulau Terapung ini adalah pulau yang berbeda lantaran dibuat oleh manusia, namun pemandangan yang disajikan mampu untuk memanjakan mata.

6 dari 7 halaman

5. Pulau Brother, New York

Pulau Brother merupakan salah satu tempat yang terlarang untuk umum. Pulau Brother awalnya digunakan sebagai fasilitas karantina, tempat Tifus Mary yang terkenal ditahan. Seseorang yang ingin mengunjungi Pulau Brother ini harus memiliki izin.

New York sendiri merupakan kota terpadat di Amerika Serikat, dan pusat wilayah metropolitan New York yang merupakan salah satu wilayah metropolitan terpadat di dunia. Dibalik padatnya Kota New York, rupanya kota ini menyimpan sebuah pulau yang terlarang untuk dikunjungi masyarakat.

7 dari 7 halaman

6. Pulau Sable, Nova Scotia

Nova Scotia merupakan negara maritim di Kanada Atlantik. Ibu kota Nova Scotia adalah Halifax. Nova Scotia adalah negeri kedua terkecil di Kanada dengan keluasan 55,284 kilometer persegi. Terdapat sebuah pulau di Nova Scotia yang bernama Pulau Sable. Pulau ini sebagian besar dikenal dengan populasi kuda liar yang sangat besar.

Tidak mudah untuk mengunjungi Pulau Sable ini. Selain transportasinya yang tidak mudah, sangat sulit untuk mendapatkan makanan ketika berkunjung ke salah satu pulau di Nova Scotia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini