Sukses

5 Manfaat Bangun Pagi untuk Kecantikan dan Cara Menerapkannya yang Ampuh

Liputan6.com, Jakarta Manfaat bangun pagi untuk kecantikan perlu kamu sadari. Tidak hanya melatih hidup lebih disiplin, bangun pagi memang memiliki berbagai dampak positif, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Hal ini telah dibuktikan dengan berbagai penelitian.

Bahkan. sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang bangun pagi akan lebih bahagia karena memiliki mood yang baik dan merasa lebih sehat jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki kebiasaan begadang hingga larut malam.

Manfaat bangun pagi untuk kecantikan juga dapat memengaruhi kulit. Bangun pagi dapat membuatmu lebih segar karena menghirup udara yang masih belum terkontaminasi polusi. Kamu bisa menerapkan bangun pagi secara rutin untuk mendapatkan berbagai manfaatnya untuk kesehatan fisik dan mental, serta kecantikan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/9/2020) beberapa manfaat bangun pagi untuk kecantikan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Bangun Pagi untuk Kecantikan

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat bangun pagi untuk kecantikan yang pertama adalah dapat meningkatkan kesehatan kulit. Hal ini tentunya mirip dengan kebiasaan olahraga dan sarapan yang dilakukan secara rutin. Dengan menerapkannya secara rutin, maka kulit akan senantiasa sehat dengan peningkatan hidrasi, oksigenasi dan peningkatan aliran darah.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat bangun pagi untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat mencegah penuaan dini. Namun, hal ini tentunya hanya bisa kamu dapatkan jika tidur cukup, sehingga kamu tak akan kesulitan bangun pagi.

Selama Anda tidur, banyak proses yang dilalui tubuh, satu di antaranya adalah detoks racun dengan membuang sel-sel kulit mati untuk digantikan dengan sel kulit yang lain. Salah satunya adalah sel kulit wajah. Kamu akan terlihat lebih memesona pada pagi hari, hal itu dikarenakan sel-sel kulit mati tergantikan dengan sel kulit yang baru.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bangun Pagi untuk Kecantikan

Mencegah Kegemukan

Mencegah kegemukan juga merupakan salah satu manfaat bangun pagi untuk kecantikan. Hal ini karena seseorang yang mengalami kegemukan biasanya sering ngemil di malam hari. Otomatis, tubuh akan bertambah melar dan berat badan tentunya juga bertambah.

Cara terbaik untuk menahan keinginan makan di malam hari adalah dengan mengistirahatkan tubuh selepas melakukan aktivitas dari pagi hingga sore, sehingga kamu bisa tidur lebih awal. istirahat cukup akan membantu kamu untuk bangun lebih pagi.

Kalau bisa bangun lebih pagi, kamu akan memiliki banyak waktu untuk berolahraga serta mempersiapkan sarapan sehat dan bergizi daripada ngemil dan jajan di malam hari.

Lebih Bahagia

Bangun pagi juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang bangun pagi akan lebih bahagia karena memiliki mood yang baik dan merasa lebih sehat jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki kebiasaan begadang hingga larut malam.

Manfaat bangun pagi untuk kecantikan juga bisa didapatkan dari sini. Orang yang bahagian tentunya akan terlihat lebih cantik daripada orang yang selalu terlihat murung dan tidak bersemangat.

Memancarkan Aura Positif

Manfaat bangun pagi untuk kecantikan selanjutnya adalah wajah memancarkan aura positif. Pasalnya setiap bangun pagi seseorang akan terbiasa menghirup udara segar. Apabila kebiasaan ini terus-menerus dilakukan, maka akan membentuk wajah berseri-seri dan pancarkan aura positif.

Di sisi lain, orang yang memiliki kebiasaan bangun siang, wajah cenderung terlihat lemah lesu, dan tidak bersemangat, yang pada akhirnya akan memiliki aura yang negatif. Oleh sebab itu, dengan menciptakan kebiasaan bangun pagi, wajah akan terhindar dari aura negatif.

Itulah beberapa manfaat bangun pagi untuk kecantikan yang bisa kamu dapatkan. Untuk bangun pagi, tentunya kamu harus melakukan beberapa cara yang ampuh agar tidak malas.

4 dari 4 halaman

Tips Bangun Pagi yang Ampuh

Matikan lampu dan benda elektronik

Tips bangun pagi yang pertama adalah mematikan lampu dan benda elektronik lainnya. Hal ini karena paparan cahaya terang dari lampu, ponsel, komputer, laptop dan TV sebelum tidur dapat mengurangi dan memperlambat produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu kita merasa mengantuk.

Selain itu, kamu juga harus menghindari begadang akagr bisa bangun pagi dan kesehatan tetap terjaga.

Taruh alarm di tempat yang tidak mudah dijangkau

Tips bangun pagi selanjutnya adalah menaruh alarm agak jauh, agar tidak mudah dijangkau. Hal ini karena hal pertama yang sering dilakukan yaitu mematikannya, apalagi jika alarm ditaruh di bawah bantal atau di meja samping tempat tidur. Hal ini mengakibatkan kamu akan tidur lagi setelah mematikan alarm, karena tidak ada usaha untuk mematikannya.

Langsung bangun

Setelah alarm dimatikan, segera duduk di tempat tidur dan gerak-gerakkan kaki. Setelah itu, ambil napas dalam-dalam sebanyak 3–4 kali agar kamu lebih siap bangun dari tempat tidur dan melakukan aktivitas.

Minum kafein

Kopi, teh hitam, atau teh hijau mengandung kafein yang mampu meningkatkan kadar hormon serotonin dan dopamin, yaitu hormon yang dapat menaikkan mood dan energi. Dengan mengonsumsi minuman ini, kamu tidak hanya jadi bisa bangun pagi, tapi juga bisa bersemangat dan lebih fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Meditasi Sebelum Tidur dan Berolahraga Secara Rutin

Bila kesulitan untuk bangun pagi karena tidak bisa tidur cepat atau mengalami masalah tidur di malam hari, coba lakukanlah meditasi. Cara ini bisa meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Meditasi dapat dimanfaatkan untuk membantu kamu lebih rileks dan tenang sebelum tidur, sehingga kamu bisa lebih cepat tidur.

Selain itu berolahraga secara rutin juga penting agar kamu bisa tidur lebih cepat. Selain itu, olahraga juga membuat tidur lebih berkualitas. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan bagun pagi.