Sukses

10 Cara Membuat Masker Cokelat untuk Berbagai Kondisi Kulit

Liputan6.com, Jakarta Cokelat selalu menjadi makanan favorit banyak orang. Cokelat tak hanya lezat dinikmati. Cokelat punya manfaat luar biasa bagi kesehatan kulit. Kini banyak produk perawatan kulit yang memasukkan cokelat ke dalamnya.

Cokelat murni mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan. Antioksidan ini juga dapat memperbaiki kerutan, ketebalan kulit, hidrasi, aliran darah, dan tekstur kulit.

Kamu bisa mendapatkan manfaat cokelat untuk kulit dari masker buatan sendiri. Masker cokelat bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit. Masker ini juga membantu mengatasi berbagai masalah kulit.

Cokelat yang bisa digunakan untuk masker wajah adalah cokelat bubuk atau cokelat batang. Pastikan untuk memilih cokelat hitam dengan setidaknya memiliki kandungan 70% kakao untuk memaksimalkan manfaatnya.

Berikut cara membuat masker cokelat untuk berbagai kondisi kulit yang dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Rabu (2/9/2020).

2 dari 6 halaman

Cara membuat masker cokelat

Masker cokelat untuk kulit berminyak

Campuran cokelat dan madu bisa menjaga kulit tetap lembut dan kenyal. Masker ini juga bisa mengurangi minyak berlebih di kulit. Madu memiliki sifat antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat tanpa membuat kulit kering.

Campurkan 1 sendok makan coklat bubuk, 1 sendok makan madu organik, dan sejumput kayu manis. Aduk hingga rata dan membentuk pasta kental. Jika pasta terlalu kental, tambahkan lebih banyak madu. Oleskan ke wajah dan leher. Biarkan selama 20-30 menit dan kemudian bilas dengan air. Lakukan dua kali dalam seminggu.

Masker cokelat untuk lembapkan kulit

Cokelat dengan perpaduan buah-buahan bisa membantu melembapkan kulit. Masker ini bisa menghidrasi kulit dan membuatnya lebih sehat. Masker cokelat ini sangat bermanfaat selama musim panas karena memiliki efek yang sangat menenangkan pada kulit.

Haluskan 1 buah pisang, 1 gelas stroberi, dan 1 gelas semangka. Tambahkan 50 gram cokelat hitam yang telah dilelehkan. Oleskan masker wajah dan biarkan selama setidaknya 20 menit. Bilas dengan air hangat, lakukan dua kali seminggu.

3 dari 6 halaman

Cara membuat masker cokelat

Masker cokelat untuk kulit kusam

Masker ini tidak hanya menutrisi kulit tetapi juga mengeksfoliasinya dengan lembut. Campuran minyak kelapa membuat kulit tetap terhidrasi, produk susu melembabkan, dan bubuk kakao menenangkan kulit karena memiliki sifat anti-inflamasi.

Campurkan 4 sendok makan bubuk coklat, 4 sendok makan bubuk kopi, dan 8 sendok makan susu atau yogurt, dan 2 sendok makan santan. Oleskan masker pada wajah dan leher. Biarkan selama 20-30 menit. Bilas sampai bersih dan lakukan sekali dalam seminggu.

Masker cokelat untuk peel off

Campuran kakao dan gula bisa mengangkat semua sel kulit mati dari wajah. Masker ini juga bisa membuka pori-pori yang tersumbat. Tambahan madu bisa membunuh bakteri dan melembapkan kulit.

Campur ⅓ cangkir bubuk kakao, ¼ cangkir madu organik, dan 2 sendok makan brown sugar. Oleskan ke seluruh wajah dan leher dan biarkan mengering. Kupas dengan lembut atau pijat dengan air untuk membilasnya. Lakukan sekali dalam seminggu.

4 dari 6 halaman

Cara membuat masker cokelat

Masker cokelat dan pisang untuk kulit glowing

Bubuk kakao mengandung antioksidan, dan bersama dengan pisang, ia melempabkan kulit dan menjaga elastisitasnya. Campuran madu dan yogurt bisa membantu membunuh bakteri dan mencerahkan kulit.

Campur 1 sendok makan bubuk kakao, 1 sendok makan madu, ½ cangkir pisang yang telah dihaluskan, dan 1 sendok makan yogurt. Buat pasta kental dan oleskan di wajah dan leher. Biarkan hingga kering dan bilas dengan air hangat.

Masker cokelat untuk meremajakan kulit

Bubuk kakao mengandung antioksidan yang meremajakan kulit. Campuran madu dan susu bisa menjaga kebersihan dan kelembapan kulit.

Campurkan 1 sendok makan bubuk kakao, 1 sendok makan susu murni, dan 1 sendok makan madu. Campurkan semua bahan sampai bahan membentuk konsistensi pasta kental. Pijat lembut wajah dan biarkan selama 20-30 menit dan kemudian bersihkan. Lakukan sekali atau dua kali seminggu.

5 dari 6 halaman

Cara membuat masker cokelat

Masker cokelat dan oatmeal untuk kulit kering

Oatmeal mengelupas semua sel kulit mati dari permukaan kulit sementara bahan lainnya menjaga kulit tetap lembut, kenyal, dan lembap. Kulit akan terlihat cerah dan terasa rileks.

Campurkan ½ cangkir bubuk kakao, 3 sendok makan oatmeal, 1 sendok teh susu, dan 1 sendok teh madu. Gunakan ujung jari untuk mengaplikasikan masker ke seluruh wajah dan leher dengan lembut. Biarkan selama sekitar 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan sekali dalam seminggu.

Masker cokelat untuk menutrisi kulit

Bubuk kakao adalah sumber mineral dan antioksidan. Dengan perpaduan vitamin E, masker ini mencegah kerusakan kulit dan memperbaikinya.

Campurkan ½ cangkir bubuk kakao, 1 sendok makan madu, 2 sendok makan yogurt, dan 2 kapsul vitamin E. Oleskan ke wajah dan leher secara merata. Biarkan hingga kering lalu bilas dengan air. Lakukan dua kali seminggu.

6 dari 6 halaman

Cara membuat masker cokelat

Masker cokelat dan alpukat untuk cegah keriput

Flavonoid dalam bubuk kakao melawan radikal bebas berbahaya. Sementara vitamin dan asam lemak yang terkandung dalam alpukat menjaga kulit kehilangan kelembapan dan membuatnya lebih lembut.

Campurkan 1 sendok teh bubuk kakao, ¼ alpukat matang yang telah dihaluskan, 2 sendok teh santan, dan 2 sendok teh minyak zaitun atau wijen. Oleskan ke seluruh wajah dan leher, biarkan mengering, lalu bersihkan dengan air. Lakukan sekali seminggu.

Masker cokelat dan green tea untuk samarkan noda hitam

Teh hijau dan bubuk kakao mengandung antioksidan. Ini adalah masker wajah anti-penuaan yang sangat baik yang mengurangi tanda-tanda penuaan dan memberi kulit yang tampak lebih muda. Madu dan yogurt juga membantu mengurangi flek hitam.

Rebus 2 kantong teh hijau dan ambil cairannya. Biarkan hingga dingin. Tambahkan ½ cangkir bubuk kakao, 1 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan yogurt, dan 1 sendok makan madu. Oleskan masker ke wajah dan leher dan biarkan hingga kering. Bilas sampai bersih dan lakukan sekali atau dua kali seminggu.