Sukses

20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Daun sirih merupakan jenis tanaman yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tentu dikarenakan manfaat daun sirih yang memang sangat beragam. Manfaat Daun Sirih tersebut tidak lepas dari berbagai kandungan seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten, tanning, saponin, eugenol, serta berbagai jenis minyak esensial yang dikandungnya.

Daun sirih juga cukup populer karena sifat antiseptik, antiinflamasi, dan pendingin kulit. Manfaat daun sirih tersebut terbukti mujarab untuk mengatasi berbagai masalah penyakit terutama pada bagian kulit. Selain manfaat daun sirih bagi kulit, ketika daun ini dikonsumsi, maka daun sirih bisa memberi manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya sebagai obat diabetes dan asam urat.

Mungkin tidak perlu panjang lebar, untuk membahas manfaat daun sirih tersebut lebih dalam, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat daun sirih tersebut, Rabu (2/9/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirih yang Pertama

1. Antiseptik

Manfaat daun sirih yang pertama sebagai antiseptik. Manfaat tersebut berasal dari kandungan polifenol, terutama chavicol yang memberikan perlindungan ganda dari berbagai jenis kuman. Bahkan karena kandungan tersebut, daun sirih juga digunakan secara luas untuk mengobati radang sendi dan orkitis.

2. Analgesik

Daun sirih berguna sebagai analgesik yang akan mengurangi rasa sakit karena luka, memar, ruam, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih ini, cukup tumbuk halus beberapa lembar daun sirih dan aduk terus hingga menjadi pasta. Lalu oleskan ke bagian tubuh yang sakit.

3. Kurangi bau badan

Manfaat daun sirih selanjutnya juga cukup populer di masyarakat Iindonesia. Daun sirih mampu mengurangi bau badan karena kandungan estradiol dan klavikula. Kandungan tersebut yang berguna dalam mengurangi bau badan yang berlebih. Sebab, estradiol dan klavikula mampu mengatur produksi hormon yang ada di kelenjar keringat. Untuk memaksimalkan manfaat daun sirih ini, cukup minum air rebusan daun sirih tersebut dengan rutin.

4. Meringankan sembelit

Daun sirih mampu membersihkan radikal bebas dari tubuh, lalu akan mengembalikan tingkat PH normal dalam tubuh. Hal ini akan berguna untuk membantu mengatasi sakit perut dan sembelit. Untuk memanfaatkan daun sirih dalam meringankan sembelit, yaitu dengan hancurkan daun sirih dan masukkan ke dalam ai, lalu biarkan semalaman dan minum airnya di pagi hari ketika perut masih dalam keadaan kosong.

5. Menjaga sistem pencernaan

Daun sirih memiliki sifat-sifat yang bisa membantu untuk melindungi usus. Daun sirih akan bekerja dengan cara meningkatkan metabolisme yang memicu sirkulasi lalu merangsang usus untuk menyerap vitamin dan nutrisi penting.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirih yang Selanjutnya

6. Menghentikan mimisan

Manfaat daun sirih ini sejak dahulu sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia. Adanya kandungan fenil popies dan terpene pada daun sirih yang menjadi kunci utama. Cara menggunakan daun sirih untuk menghentikan mimisan cukup menggulung daun sirih sesuai ukuran hidung, lalu masukkan ke lubang hidung yang mimisan. Tapi jangan lupa untuk mencuci daun sirih terlebih dahulu, ya.

7. Menjaga kesehatan pernapasan

Daun sirih mampu membantu dalam pengobatan penyakit pernapasan seperti sakit dada, paru-paru, hingga asma. Bagaimana cara menggunakannya? Cukup oleskan sedikit minyak mustard ke daun. Lalu panaskan dan letakkan di dada hingga pernapasan mulai terasa nyaman. Selain dengan pengobatan luar, daun sirih juga bisa direbus lalu diberi tambahan kapulaga, cengkeh, dan kayu manis. Dengan mengonsumsi ramuan ini dua hingga tiga kali sehari secara rutin, maka dapat menjaga kesehatan pernapasan.

8. Menjaga kesehatan organ kewanitaan

Manfaat daun sirih ini karena mampu melawan bakteri jahat seperti Candida yang bisa menyebabkan keputihan atau leukorrhea. Caranya dengan mencuci bersih lalu rebus 5-10 lembar daun sirih ke 250 ml air. Setelah itu gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mencuci area kewanitaan.

9. Menyembuhkan jerawat

Adanya sifat antiseptik dan anti bakteri pada daun sirih, mampu menyembuhkan jerawat baik yang ada di wajah, punggung, maupun area dada. Caranya dengan membersihkan beberapa lembar daun sirih. Kemudian tumbuk hingga halus dan rebus. Lalu ambil airnya menggunakan handuk dan tempelkan ke kulit yang berjerawat.

10. Mengobati batuk

Manfaat dari daun sirih selanjutnya bisa untuk mengobati batuk. Caranya dengan mencuci bersih 5 lembar daun sirih dan rebus dengan 300 ml air. Setelah mendidih, ambil airnya dan minum selagi hangat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirih yang Tidak Kalah Penting

11. Mencegah karsinogen penyebab kanker mulut

Kebiasaan mengunyah daun sirih dipercaya mampu mencegah kanker mulut. Hal tersebut karena daun sirih akan menjaga kadar asam askorbat dalam air liur. Caranya, cuci bersih 10-13 daun sirih lalu rebus selama beberapa menit. Setelah itu minum air rebusannya tiap harin secara rutin.

12. Mengobati bronkitis

Penyakit bronchitis ternyata bisa diobati dengan daun sirih. Cara mengolahnya dengan cuci bersih 5-7 lembar daun sirih, kemudian rebus dengan air 300 ml. Selanjutnya minum air rebusannya secara rutin tiga kali sehari.

13. Mengobati gusi berdarah

Daun sirih sangat efektif untuk menghentikan pendarahan pada gusi. Hal ini tidak lain karena kandungan saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor pada daun sirih yang akan meredakan peradangan pada gusi berdarah. Caranya dengn cuci bersih 10 lembar daun sirih dan rebus. Kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. Apabila gusi masih berdarah, lakukan tiga kali sehari.

14. Obat asam urat

Daun sirih berguna untuk meredakan nyeri otot. Dengan mengonsumsi rebusan daun sirih secara rutin bisa membantu mengurangi asam urat secara alami. Cukup dengan merebus 8 lembar daun sirih dengan 500 ml air. Lalu minum segelas air rebusan tersebut tiga kali sehari.

15. Mencegah penyakit jantung koroner

Untuk mencegah penyakit jantung coroner, cuci bersih tiga lembar daun sirih, lalu campurkan dengan 7 butir cabai jawa, 3 butir bawang merah, dan sejumput jintan. selanjutnya seduh dengan air mendidih hingga seluruh bahan megendap. sampai endapan turun dan minum airnya tiap hari secara rutin.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daun Sirih yang Terakhir

16. Mengobati kanker sumsum tulang belakang

Ternyata daun sirih mampu melawan kanker, terutama kanker sumsum tulang belakang. Bahkan berdasarkan penelitian dari Indian Institute of Chemical Biology (IICB), Institute of Haematology and Transfusion Medicine, Kolkata, dan Piramal Life Sciences, Mumbai, memanfaatkan daun sirih mampu meningkatkan harapan hidup bagi penderita kanker sumsum tulang.

17. Melawan tumor

Senyawa yang ada di dalam daun sirih juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika kekebalan tubuh meningkat, maka sel-sel darah putih pada tubuh akan menghancurkan sel tumor di dalam tubuh.

18. Mengobati diabetes

Manfaat daun sirih ini cukup dipercaya banyak kalangan. Daun sirih dianggap mujarab untuk mengatasi penyakit diabetes. Caranya, rebus beberapa lembar daun sirih, lalu konsumsi air rebusan secara teratur tiap hari.

19. Menjaga kesehatan mata

Sifat anti bakteri dan antiinflamasi dalam daun sirih bisa membantu dalam menjaga kesehatan mata. Terutama menjaga kesehatan mata dari penyakit gatal. Caranya sangat praktis, yaitu dengan cuci bersih dan rebus 20 lembar daun sirih, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci mata.

20. Mengobati sakit kepala

Lalu manfaat daun sirih yang terakhir, mampu mengobati sakit kepala. Sebab daun sirih memiliki sifat pendinginan yang berguna untuk memberikan pengobatan instan sakit kepala.