Sukses

10 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan, Kontrol Berat Badan

Manfaat buah kiwi bagi kesehatan bisa kontrol berat badan hingga sehatkan jantung.

Liputan6.com, Jakarta Buah kiwi ini memiliki bentuk seperti telur, berwarna cokelat keabuan, dan berbulu halus. Sementara teksturnya lembut, manis, dan segar. Tak heran jika harganya mahal dan menjadi kudapan idaman banyak orang.

Selain rasa, sebenarnya ada segudang manfaat buah kiwi bagi kesehatan. Terutama bagi yang sedang menjalankan program diet untuk mengontrol berat badan. Tak hanya wanita, pria pun bisa mengandalkan manfaat buah kiwi bagi kesehatan ini. 

Manfaat buah kiwi bagi kesehatan bisa diandalkan karena kandungan vitamin, serat, asam folat, asam amino, dan antioksidannya. Tak hanya kontrol berat badan, berbagai masalah kesehatan pun bisa dicegah dan diatasi dengan mengonsumsi buah kiwi. Mulai dari asma, insomnia, jantung, diabetes, hingga masalah mata.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat buah kiwi bagi kesehatan dari berbagai sumber, Kamis (3/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Asma dan Pencernaan

Cegah Asma

Manfaat buah kiwi bagi kesehatan yang pertama bisa bantu atasi masalah asma. Buah mini dengan kulit sedikit berbulu ini menyimpan kandungan vitamin C dan antikoksidan yang tinggi.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2000 mengungkapkan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi buah segar secara teratur termasuk kiwi dapat merasakan dampak positif pada fungsi paru.

Sehatkan Pencernaan 

Buah kiwi mengandung enzim proteolitik yang disebut aktinidin, dikenal karena sifat pelarutan proteinnya. Kiwi juga mengandung serat yang membantu pencernaan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak kiwi bisa meningkatkan pencernaan dan menjaga masalah pencernaan. Tak heran jika banyak yang mengandalkan manfaat buah kiwi bagi kesehatan untuk pencernaan.

Sebuah penelitian menunjukkan, ekstrak buah kiwi mampu meningkatkan pencernaan serta menjaga dari masalah pencernaan. Menariknya, dengan mengonsumsi buah kiwi mampu membantu kalian yang tengah menjalankan program diet secara efektif.

3 dari 7 halaman

Kontrol Berat Badan

Mengonsumsi buah kiwi akan membuat program diet yang dijalani jadi lebih efektif. Diet dengan buah kiwi dipercaya ampuh menurunkan tubuh tetap ideal dan mencegah obesitas.

Hal ini karena buah kiwi kaya akan kandungan serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Tak heran jika banyak program diet yang banyak mengandalkan manfaat buah kiwi bagi kesehatan.

Untuk menurunkan berat badan kamu bisa mengonsumsi buah kiwi langsung dengan kulitnya, yang terpenting kamu sudah mencucinya terlebih dahulu hingga bersih. Selain dikonsumsi langsung kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus, salad buah, atau infused water.

4 dari 7 halaman

Insomnia dan Seimbangkan Alkalin

Atasi Insomnia

Kalau kamu sering mengalami kesulitan tidur sebaiknya mulai sekarang perbanyak konsumsi buah kiwi setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Jus buah kiwi bisa menjadi salah satu alternatif obat tidur alami yang tentunya lebih aman tanpa efek samping.

Manfaat buah kiwi bagi kesehatan inipun diperkuat dengan penelitian Taipe Medical University. Menurut Taipe Medical University, kandungan senyawa antioksidan dan serotonin dalam buah kiwi bermanfaat untuk menenangkan pikiran yang stres hingga membuat seseorang lebih mudah untuk terlelap.

Seimbangkan Alkalin

Bisa dibilang kiwi merupakan salah satu buah yang paling alkalin ketimbang jenis buah lainnya. Itu berarti buah kiwi memiliki pasokan mineral yang kaya untuk menggantikan kelebihan makanan yang bersifat asam.

Beberapa manfaat dari tubuh seimbang asam atau alkali yang tepat adalah kulit akan tampak lebih muda, tidur akan cenderung lebih nyenyak, energi fisik yang melimpah dan dapat mengurangi risiko osteoporosis.

5 dari 7 halaman

Jantung dan Sistem Imun

Sehatkan Jantung

Kandungan antioksidan dalam buah kiwi yang cukup tinggi membuat buah kiwi dianjurkan untuk penderita jantung. Hal ini disebabkan karena manfaat buah kiwi bagi kesehatan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Buah kiwi dapat menjaga elektrolit menjadi seimbang dengan menangkal efek natrium karena kiwi mengandung potassium yang cukup tinggi.

Bisa dikatakan bahwa buah kiwi terkenal sebagai salah satu buah yang berfungsi sebagai pengencer darah alami yang paling efektif, karena buah kiwi dapat mengurangi penggumpalan darah.

Kuatkan Sistem Imun

Mengonsumsi buah kiwi secara rutin juga dipercaya dapat meningkatkan daya imun tubuh. Manfaat buah kiwi bagi kesehatan ini berasal dari satu cangkir kiwi. Satu cangkirnya sudah memenuhi 273 persen kebutuhan vitamin C harian.

Asupan vitamin C sangat penting untuk membangun sistem pertahanan tubuh agar tidak mudah sakit. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Fisiologi dan Farmakologi Kanada menunjukkan bahwa buah kiwi memperkuat kekebalan dan mengurangi kemungkinan penyakit pilek atau flu.

6 dari 7 halaman

Atasi Diabetes

Penyakit diabetes merupakan kondisi di mana hilangnya kemampuan tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah. Untuk itu penderita diabetes harus mengatur pola makan karena jika tidak kadar gula dalam tubuh akan mengalami kenaikan drastis. Kadar gula yang tidak stabil dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Dalam dunia medis, terdapat beberapa jenis diabetes. Namun kasus yang paling sering terjadi di masyarakat adalah diabetes tipe 2, yang mana jenis diabetes ini sebenarnya bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu pola hidup sehat adalah dengan banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Salah satu buah yang dianjurkan bagi penderita diabetes adalah buah kiwi. Manfaat buah kiwi bagi kesehatan ini berasal dari indeks glikemiknya yang rendah. Hingga membuatnya aman dikonsumsi dan tidak akan menaikkan gula darah kamu dengan cepat.

7 dari 7 halaman

Sehatkan Kulit dan Mata

Manfaat buah kiwi bagi kesehatan ini cocok untuk jaga kulit dan mata. Kiwi adalah sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan yang larut dalam air yang melindungi kulit dari kerusakan berbahaya yang disebabkan oleh sinar matahari, polusi, dan asap.

Buah kiwi pun bisa menunda penuaan dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan. Terdapat pula sumber phytochemical yang baik, yang membantu mencegah degenerasi makula. Vitamin A dan phytochemical hadir dalam buah kiwi melindungi mata dari katarak dan gangguan penglihatan, sehingga bisa merawat mata.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini